Sudahkah Anda tahu bahwa terdapat beberapa kompetensi yang harus dimiliki sumber daya manusia pada abad 21? Hal tersebut berdasarkan “21 Century Partnership Learning Framework” yang diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation).

Agar mampu menjadi bagian dari kehidupan di abad 21, kompetensi tersebut wajib dikuasai. Berikut merupakan ulasan lengkapnya.

Communication

(Komunikasi)

Komunikasi atau dalam Bahasa Inggris disebut ”Communication” merupakan kegiatan mentransfer informasi baik secara tertulis maupun lisan. Meskipun menjadi kemampuan dasar, tidak semua semua orang mahir melakukan komunikasi.

Mungkin Anda menyadari bahwa terkadang ada orang yang mampu menyampaikan informasi secara tulisan, tetapi tidak dengan secara lisan dan sebaliknya.

Manusia selalu berinteraksi dengan sesamanya, karena merupakan makhluk sosial. Dalam peradaban manusia, komunikasi merupakan salah satu hal yang penting, karena memiliki tujuan utama untuk mengirimkan pesan melalui media yang dipilih, agar informasi tersebut sampai dan dapat dimengerti.

Pesan sponsor: Kuliah langsung Kerja di LP3I

Teknik dalam Berkomunikasi

Bagaimana komunikasi yang efektif? Yaitu ketika informasi yang disampaikan dapat sampai dan dimengerti, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Agar komunikasi yang efektif terjadi, maka dibutuhkan teknik-teknik dalam berkomunikasi.

Apa itu teknik komunikasi? Yaitu suatu cara yang digunakan ketika menyampaikan informasi melalui media tertentu yang dilakukan komunikator kepada komunikan. Berikut beberapa teknik dalam berkomunikasi yang penting untuk Anda ketahui.

  1. Pembicaraan dengan ide yang utuh dan tidak bermakna ganda.
  2. Ucapan yang jelas, tegas, dan tidak berbelit-belit.
  3. Memahami pikiran lawan bicara, dan memosisikan siapa yang diajak berbicara.
  4. Menghadapkan badan dan wajah kepada lawan bicara.
  5. Menyampaikan informasi dengan terbuka dan tulus.
  6. Menggunakan bahasa penerima informasi dalam menyampaikan informasi.
  7. Menyesuaikan dengan kadar kemampuan akal penerima informasi.
  8. Sebelum menyampaikan informasi dengan detail, terlebih dahulu menyampaikannya secara global.
  9. Memberikan contoh yang nyata.
  10. Menyampaikan informasi dengan bahasa yang lembut.
  11. Penyampaian informasi menimbulkan kesan dan membuat kesadaran yang mencerahkan.
  12. Meyakinkan kalau informasi yang Anda telah sampaikan diterima, misalnya dengan bertanya atau memintanya mengulanginya.

Collaborative

(Kolaborasi)

Kolaborasi atau “Collaboration” merupakan kemampuan untuk bersinergi, bekerja secara produktif dengan pihak lain, beradaptasi dalam berbagai tanggung jawab dan peran, menghormati perspektif yang berbeda, dan menempatkan empati pada tempatnya. Selain itu, kolaborasi memiliki karakteristik sebagai berikut :

  1. Mampu melaksanakan tanggung jawab, dan memiliki fleksibilitas personal baik di tempat kerja, maupun di kehidupan sosial masyarakat
  2. Mencapai dan menetapkan tujuan serta standar yang tinggi, tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga orang lain.
  3. Memaklumi kerancuan.

Critical Thinking and Problem Solving

(Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah)

Yaitu suatu kemampuan untuk memahami sebuah masalah yang kompleks, yang memunculkan perspektif karena mampu mengoneksikan satu informasi dengan informasi lainnya, dan menemukan solusi yang tepat untuk suatu permasalahan.

Selain itu, berpikir kritis atau “critical thinking” dapat dimaknai sebagai kemampuan menalar, memahami dan membuat opsi yang sulit, menganalisis, mengungkapkan, dan menyelesaikan permasalahan.

Creativity and Innovation

(Kreativitas dan inovasi)

Hal ini merupakan suatu kemampuan untuk menyampaikan dan mengembangkan gagasan-gagasan baru kepada pihak lain, bersikap responsif dan menerima dengan terbuka terhadap perspektif yang baru dan berbeda. Selain itu, kreativitas dan inovasi memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Mampu mewujudkan penggabungan ide baru.
  2. Bergantung kepada pemikiran akal budi seseorang dalam menciptakan gagasan baru.
  3. Menghasilkan penemuan-penemuan baru atau inovasi yang biasanya bernilai secara ekonomis.

Dari abad ke abad tentu akan mengalami perubahan yang drastis, maka dari itu manusia wajib mengikuti perkembangan zaman. Empat keterampilan dasar tersebut merupakan bekal menuju sumber daya manusia yang berkualitas di abad 21. Sudahkah Anda memilikinya?

  • Andi

    AndiAndi

    Reply

    Artikel ini sangat membantu.