Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan transaksi jual beli secara online, yaitu sebuah trasaksi antara penjual dan pembeli dimana mereka tidak harus bertemu secara langsung dan bertatap muka, melainkan dilakukan di internet.

Tidak hanya disukai pembeli, transaksi online kini juga semakin diminati oleh para pedagang, selain hemat biaya, transaksi yang terjadi juga tidak kalah tinggi.

Bermacam-macam cara dan strategi jitu pun dilakukan oleh para pedagang online untuk membuat barang dagangannya laris.

Beberapa cara yang sering dilakukan adalah membuat gambar-gambar produk menjadi menarik, bisa diakses dari seluruh perangkat, sampai dengan membuat promo atau iklan yang juga untuk menarik perhatian konsumen.

Namun dari beberapa cara diatas, cara yang paling sering dilakukan adalah merombak tampilan website.

Anda mungkin akan menemui beberapa kendala ketika ingin mengatur toko online. Beberapa kendalanya yang kami maksud seperti bingung memilih warna yang tepat, informasi yang harus dimasukkan, dan tata letak menu yang mudah dioprasikan pengguna.

Dibawah ini akan kami berikan beberapa tips mengatur toko online yang memiliki konversi tinggi.

Tips Memaksimalkan Tampilan Toko Online

Semua cara untuk meningkatkan kualitas toko online Anda memang tidak mudah dilakukan, namun hal itu harus tetap dilakukan. Beberapa cara agar toko online Anda memiliki tampilan menarik dan sesuai kebutuhan konsumen adalah sebagai berikut :

1. Foto Produk yang Baik

Apabila Anda memiliki toko online, pasti akan sering memasukkan gambar-gambar produk yang akan dijual. Pedagang yang baik biasanya akan memperhatikan kualitas foto.

Bahkan ada quote: foto yang menarik bisa menimbulkan transaksi, namun untuk mendapatkan repeat order, Anda membutuhkan kualitas produk yang baik.

Itu artinya, foto memiliki peranan yang sangat penting.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas foto adalah memaksimalkan pencahayaan, memperlihatkan berbagai sisi produk, dan memperhatikan latar belakang produk.

2. Bekerjasama dengan Model

Apabila Anda menjual beberapa barang seperti pakaian dan sepatu, maka Anda memerlukan model untuk memeragakan barang yang dijual. Untuk beberapa produk, cara seperti ini memang cukup efektif.

Penggunaan model juga dapat menambahkan keyakinan pada pembeli untuk membeli produk tersebut. Tidak jarang pembeli tertarik dengan produk yang sudah dipakai orang ternama, dan model tentu masuk dalam kategori ini.

Baca Juga: Analisis Lingkungan Bisnis dan Contohnya (Business Environment)

3. Logo Perusahaan

Anda yang sudah memiliki toko online biasanya memiliki logo perusahaan agar produk dapat dikenal konsumen. Logo perusahaan yang Anda miliki seharusnya selalu dipasang pada foto produk agar tampilan produk anda lebih baik.

Selain itu, produk yang terdapat watermak logo perusahaan akan mampu meningkatkan branding perusahaan anda, dan tentu produk anda tidak akan mudah digunakan oleh orang lain.

4. Informasi yang Lengkap

Informasi yang lengkap bisa Anda cantumkan pada toko online maupun pada setiap postingan produk. Apa saja yang harus dimasukan dalam hal ini?

Tentu saja terkait detil produk anda mulai dari spesifikasi, kondisi barang, bahan, kualitas, harga, dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini tentu akan memudahkan konsumen untuk mengetahui informasi mengenai produk yang ingin mereka beli.

5. CS yang Interaktif

Selain memperhatikan kualitas produk, Anda juga harus memperhatikan kualitas komunikasi anda sebagai penjual dengan pelanggan yang berminat dengan produk anda.

Penjual yang baik harus membuat konsumen merasa nyaman membeli di toko online Anda, sehingga konsumen akan kembali membeli di toko online Anda. Selalu jawab pertanyaan pelanggan dengan sabar, meskipun beberapa kali pertanyaan pelanggan memang menyebalkan.

Lihat: Menjawab Pengertian Kewirausahaan dan Bisnis menurut Para Ahli

Manfaat Mengatur Template Toko Online

Pengaturan template toko online dinilai sangat penting untuk menarik konsumen, sehingga Anda perlu cermat ketika memilih template yang ingin Anda gunakan.

Beberapa manfaat jika Anda memiliki template toko online yang bagus adalah sebagai berikut :

1. Membuat Anda percaya diri

Pengaturan template toko online yang bagus akan membuat Anda merasa memiliki toko yang bagus sehingga layak bersaing dengan toko online yang lainnya.

2. Konsumen Semakin Yakin

Apabila Anda memiliki tampilan toko online yang bagus dan produk yang Anda tampilkan memiliki kualitas baik maka konsumen tidak akan berpikir panjang untuk membeli produk Anda.

3. Membuat Konsumen Nyaman

Tampilan template yang baik akan membuat konsumen merasa nyaman berbelanja di toko online yang Anda miliki. Jika hal itu terjadi terus-menerus maka Anda bisa memiliki pelanggan yang banyak.

Rekomendasi Template Toko Online yang Bagus

Seperti yang sudah kami katakan, salah satu cara dan strategi yang jitu untuk menarik konsumen adalah dengan memperbaiki tampilan toko online anda.

Terkait template untuk wordpress, kami memiliki dua rekomendasi template yang bagus yaitu websitedemos.net/shoe-store-04/ dan juga websitedemos.net/organic-shop-02/.

Kenapa dengan dua template ini? Ada beberapa alasan yang membuat kami merekomendasikan ini untuk anda, beberapa alasan tersebut adalah:

1. Mobile Friendly

Sudah bukan menjadi rahasia kalau transaksi di online shop, pengguna mobile menduduki peringkat yang cukup tinggi. Berangkat dari fakta itu, syarat sebuah online shop yang maksimal adalah websitenya bisa diakases dalam semua perangkat, tidak hanya versi desktop, namun juga versi smartphone.

Pun demikian dengan 2 template tadi, selain memiliki tampilan desktop yang keren, tampilan mobilenya juga tidak kalah keren.

Terkait: Cara Menggunakan WordPress untuk Desain Website Bisnis

2. Gambar Produk Maksimal

Template Organic store menampilkan gambar sayur dan buah yang nampak segar dengan kombinasi warna dan cahaya baik. Begitupun pada toko online shoe store yang menampilkan sepatu dengan warna-warna yang tajam dan pencahayaan yang baik membuat sepatu terlihat bagus saat dipakai.

Template ini tentu akan membuat produk anda semakin maksimal dalam meningkatkan konversi.

3. Informasi yang Lengkap

Silahkan klik salah satu produk yang ada pada website tadi, disana anda bisa menemukan informasi produk dengan sangat lengkap, dan juga rekomendasi produk yang paling banyak diminati.

Beberapa informasi yang ada di toko online organic store yaitu harga, deskripsi produk, best seller, trending products, dan customer reviews. Semua informasi tersebut membantu konsumen untuk menilai kelayakan berbelanja di organic store.

4. Kategori Produk yang Maksimal

Pembuatan kategori kategori produk pada toko online juga harus jelas seperti pada toko online shoe store dan organic store yang memisahkan berbagai jenis sepatu dan memisahkan buah-buahan dan sayur-sayuran.

Dengan begini pembeli tidak akan kesulitan mencari produk yang ingin dibeli di shoe store atau organic store.

5. Ikon Keranjang mudah ditemukan

Ikon keranjang berfungsi sebagai tempat konsumen melakukan pembelian produk. Pada toko online shoe store dan organic store, templatenya sengaja menampilkan ikon keranjang di atas dan di awal tampilan toko online.

Dengan begitu, konsumen tidak alam kesulitan mencari letak ikon keranjang saat membeli produk.

Template toko online memang sangat penting bagi pedagang online, maka pastikan Anda tidak salah pilih template untuk toko online. Bahkan Anda sebaiknya meluangkan waktu untuk memikirkan template toko online yang hendak digunakan.

Jika anda masih kesulitan untuk memilih yang mana, rekomendasi kami adalah toko online shoe store dan organic store yang bisa anda lihat demonya pada link diatas.

Author

Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya.