Untuk Anda yang ingin memiliki sebuah website maka satu hal yang perlu diperhatikan adalah masalah domain. Bisa dibilang domain merupakan sebuah alamat yang akan mengidentifikasi website Anda. Domain sendiri merupakan cara untuk memudahkan orang mengingat alamatnya di internet.

Secara mendasar, sebenarnya semua alamat di internet ditulis menggunakan alamat IP. Yaitu sekumpulan angka tertentu dengan aturan khusus yang akan melebeli setiap website. Cara ini dianggap akan menyulitkan setiap orang ketika harus mengingatnya. Disinilah domain berperan. Domain membuat alamat IP yang rumit untuk diingat menjadi lebih mudah.

Karena fungsinya yang penting ini, tentu semua orang berebut untuk mendapatkan domain terbaiknya. Itulah mengapat domain – domain utama seperti .com atau .co.id menjadi sulit didapat. Domain – domain seperti itu mungkin sudah digunakan oleh orang lain. Meski demikian, Anda masih bisa menggunakan domain alternatif.

Keuntungan Menggunakan Domain Alternatif

Domain alternatif ini memiliki fungsi dan keuntungan yang sama dengan domain umum. Selain itu, penggunaan nama domain alternatif juga memiliki beberapa keuntungan seperti.

Harga yang lebih Murah

Harga dari domain alternatif akan jauh lebih murah dibanding domain umum. Alternatif nama domain ini bahkan bisa didapatkan mulai dari harga belasan ribu.

Kualitasnya Sama Dengan Domain General

Meskipun harganya lebih murah namun kualitas yang dimiliki sama saja. Baik domain alternatif maupun general memiliki potensi yang sama ketikan dicari menggunakan mesin pencari. Hal ini akan menepis anggapan jika penggunaan domain alternatif akan berpengaruh buruk ke kualitas SEO website.

Digunakan Perusahaan Besar

Jika ada yang meragukan kalau domain alternatif hanya digunakan oleh web abal – abal. Maka anggapan itu salah. Banyak perusahaan besar yang menggunakan domain alternatif. Domain alternatif dianggap lebih bisa mengidentifikasi jenis web yang mereka buat.

Domain Names Internet And Web Telecommunication Concept
Nama domain unik untuk didaftarkan

Contoh Domain Alternatif

Berikut adalah contoh domain alternatif yang bisa Anda gunakan.

.Online

Salah satu domain alternatif yang banyak digunakan adalah .online. Domain ini biasa digunakan untuk web pribadi ataupun perusahaan. Untuk Anda yang ingin memulai bisnis maka domain alternatif ini bisa menjadi salah satu pilihan.

.Store

Sesuai namanya, maka domain alternatif ini akan cocok digunakan untuk website toko online. Bahkan beberapa perusahaan besar menggunakan domain ini untuk website yang menjual merch resmi miliki mereka. Domain ini dinilai lebih menjual dibanding menggunakan domain general.

.Tech

Jika Anda berniat untuk membuka website yang bertema teknologi, maka domain ini merupakan salah satu yang tepat. Penggunaan domain ini benar – benar merepresentasikan isi dari website Anda tersebut. Nama domain ini juga merupakan salah satu domain alternatif yang banyak digunakan.

.Fun

Untuk Anda yang berniat membuat website dengan isi utama berupa dunia hiburan maka domain ini cocok digunakan. Sebagai salah satu alternatif nama domain maka tidak salah jika banyak website yang berisi informasi dunia selebritis, fashion, ataupun lifestyle menggunakan domain ini.

.Site

Domain dot Site ini juga merupakan salah satu alternatif nama domain yang bisa digunakan. Bahkan domain ini termasuk ke dalam free domain. Dimana Anda bisa menggunakannya dengan gratis. Domain ini secara khusus disediakan oleh Google untuk mendukung para pelaku UKM.

Jadi jika Anda merupakan pelaku usaha kecil dan ingin memiliki website, maka domain ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk digunakan.

Itulah beberapa contoh penggunaan dan manfaat dari alternatif nama domain. Alternatif nama domain ini juga bisa digunakan untuk membuat nama website menjadi unik dan mudah diingat.

There are currently no comments.