Review

5 Aplikasi Software Clone HDD ke SSD Rekomendasi


Hard disk drive atau HDD selama ini sering digunakan untuk menyimpan berbagai macam data. Mulai dari dokumen kantor, foto keluarga, musik / audio, video, dan sebagainya. Namun bagaimana jika sewaktu-waktu terjadi error dan data Anda hilang? Pasti akan sangat merugikan karena semua data penting telah hilang.

Software Clone HDD ke SSD Terbaik

Mengantisipasi itu penting, sama dengan antisipasi terkait data yang disimpan dalam hard disk drive. Anda bisa melakukan clone (menduplikat) semua data agar Anda memiliki cadangan data. Setidaknya, jika harddisk utama eror atau rusak, Anda masih bisa membuka data Anda melalui data cadangan.

Berikut ini adalah daftar software clone HDD ke SSD yang bisa Anda gunakan untuk menduplikat seluruh data Anda agar aman.

Direktur Disk Acronis

Software yang pertama yakni Direktur Disk Acronis. Saat menggunakan software ini, Anda tidak hanya dapat menduplikat data saja. Anda juga bisa melakukan tindakan lain seperti, membuat, memformat, melabeli partisi, memisahkan, mengubah ukuran, menggabungkan volume dan lain-lain.

EaseUS Todo Backup

Kedua, ada EaseUS Todo Backup yang bisa Anda gunakan secara gratis. Software ini bisa melakukan cloning dari berbagai macam data. Tidak hanya foto, musik dan video saja, Anda bahkan bisa menduplikat sistem dan partisi. Tipe cloning juga bisa Anda tentukan sendiri dalam pengaturannya.

Macrium Reflect

Software cloning gratis selanjutnya adalah Macrium Reflect. Software ini bisa Anda manfaatkan untuk menduplikat atau cloning sistem (data) dari hard disk. Bahkan Anda bisa menentukan sendiri proses duplikasinya. Software ini tersedia versi gratis dan juga berbayar.

Paragon Drive Copy Professional

Software Paragon Drive Copy Professional tidak hanya mampu menduplikat saja. Tapi juga bisa melakukan aksi lanjutan seperti, mengubah ukuran partisi, membuat clone virtual PC ke drive USB, serta recovery media builder. Software ini sangat profesional dan lengkap.

Namun untuk bisa mendapatkan software ini Anda harus merogoh kocek sebanyak 49.95 dollar. Di Indonesia, harga tersebut sekitar 749 ribuan. Nominal ini tentu terbilang mahal untuk sebuah software cloning.

AOMEI Backupper

Terakhir ada AOMEI Backupper. Software ini menyediakan fitur gratis yang sangat fungsional. Peran utamanya yakni melakukan cloning data dari HDD menuju SSD yang ukurannya lebih kecil. Bahkan, software ini juga bisa melakukan duplikat untuk file kunci.

File kunci yang bisa digandakan, misalnya boot.ini, NTLDR, BCD, winload.exe dan MBR. Software ini juga menyediakan fitur berbayar yang cakupannya lebih lengkap dan detail.

Bagi Anda yang hanya ingin menduplikat data pribadi, sebaiknya pilih software gratis yang tersedia. Namun sebaliknya, jika kebutuhan cloning data Anda lebih luas, penting, dan butuh dilakukan secara berkala, sebaiknya pilih software berbayar dengan fitur yang lebih lengkap dan profesional.

Tutorial
Cara Upload Laravel 8 ke Hosting dan Koneksikan ke Database [+File Demo]
Review
Perbandingan Air Minum Cleo VS Aqua [Daftar Harga]
Review
5 Perumahan Elit Baru di Bandung yang Cocok untuk Eksekutif Muda
There are currently no comments.