Tutorial

Cara Daftar Clubhouse dan Aturan Main yang Harus Kamu Ikuti


Akhir-akhir, Clubhouse ramai menjadi pembicaraan khususnya di media sosial Twitter. Jadi apa sebenarnya Clubhouse itu? Clubhouse diluncurkan oleh pengusaha Silicon Valley, Paul Davidson dan Rohan Seth di bulan Mei 2020, Clubhouse saat itu hanya memiliki sekitar 1500 pengguna, dan bernilai kurang lebih $100juta. Tetapi popularitas Clubhouse meroket sejak Elon Musk menyelenggarakan obrolan audio di Clubhouse dengan CEO Robinhood, Vlad Tenev.

Keunikan Sistem Invitation Clubhouse

Clubhouse sama dengan media sosial lainnya, bedanya Clubhouse hanya memanfaatkan suara atau audio untuk berkomunikasi. Jadi, orang-orang yang bergabung di Clubhouse dapat berbincang-bincang tentang topik apa pun. Hanya saja, tidak semua orang dapat bergabung di Clubhouse. Clubhouse saat ini hanya tersedia pada perangkat iOS saja dan hanya user yang mendapat invitation saja dapat bergabung di aplikasi ini.

Setidaknya, ada empat regulasi yang membuat sistem join Clubhouse berbeda dengan platform sosial lainnya, keempat aturan tersebut adalah:

  1. Nomor handphone yang Anda gunakan untuk mendaftar di clubhouse sudah mendapatkan undangan dari teman yang sudah memiliki akun Clubhouse terlebih dulu.
  2. Anda dilarang untuk membuat atau bergabung dengan grup yang berisi percakapan ilegal seperti mengandung isu SARA dan sebagainya.
  3. Jika Anda bergabung dengan grup yang melanggar ketentuan Clubhouse dan grup tersebut akhirnya diblokir, akun Clubhouse Anda dan user yang memberikan invitation pada Anda akan ikut terblokir!
  4. Jika Anda baru bergabung dengan Clubhouse, maka Anda memiliki dua tiket untuk mengundang orang lain bergabung didalam platform ini. Seiring dengan keaktifan akun CH-mu, kuota untuk memberikan invitation juga akan bertambah.
Cara Join Clubhouse App
Cara Mudah Join Platfrom Audio Chat Clubhouse

Cara Kerja Clubhouse

Saat bergabung di Clubhouse, pengguna dapat memilih topik yang menarik, seperti teknologi, buku, bisnis, atau kesehatan. Semakin banyak informasi yang pengguna berikan kepada aplikasi tentang topik yang telah dipilih, maka semakin banyak ruang percakapan dan individu yang direkomendasikan aplikasi untuk diikuti.

Ruang percakapan (roomchat) pada Clubhouse seperti panggilan layaknya telekonferensi atau webniar, seperti Zoom namun hanya suara saja.Mirip dengan beberapa orang yang berbicara di telepon, dan sebagian besar orang dalam roomchat hanya bisa mendengarkan kecuali diberi opsi dari pembuat room atau meng-klik opsi Raise Hand. Dan, seperti panggilan telepon pada umumnya, setelah percakapan di roomchat selesai, ruangan ditutup dan tidak ada rekaman suara.

Cara Bergabung di Clubhouse

Sampai tulisan ini dirilis, Clubhouse baru mendukung untuk platform iOS saja, sedangkan untuk Android, kabarnya masih dalam tahap persiapan. Jadi, pastikan kamu memiliki Apple device untuk install aplikasi ini ya. Berikut langkah sederhana cara bergabung di aplikasi Clubhouse:

  1. Download Clubhouse

    Pertama-tama, unduh aplikasi Clubhouse di Appstore atau langsung menuju halaman berikut: apps.apple.com/us/app/clubhouse-drop-in-audio-chat/.

    Clubhouse On Apps Store

  2. Buat username dan tunggu di waitinglist

    Buka aplikasi Clubhouse, jika belum mendapat invitation kamu bisa menunggu di waitinglist dan membuat username-mu terlebih dahulu. Klik Get username.
    Clubhouse 1

  3. Masukkan nomor ponsel

    Langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor ponsel milikmu. Saat selesai memasukkan nomor ponsel, Clubhouse akan memindai nomor kontak untuk melihat apakah ada kontak tersebut yang sudah bergabung di Clubhouse atau tidak.

    Clubhouse 2

  4. Masukkan kode akses

    Kamu akan mendapatkan kode akses yang dikirim via sms, langkah selanjutnya masukkan kode tersebut.

    Clubhouse 3

  5. Isi detail akun Clubhouse

    Masukkan nama kamu pada kolom yang tersedia.

    Clubhouse 4

  6. Masukkan username Clubhouse

    Kemudian pilih username yang kamu inginkan.

    Clubhouse 5

  7. Dapatkan invitation untuk mulai menggunakan Clubhouse

    Apabila nomor ponsel yang kamu daftarkan di Clubhouse sudah mendapatkan invitation dari teman atau kolega, maka kamu bisa langsung Sign in dengan username yang sudah direservasi.

    Clubhouse 6

Kadang, tidak mudah bagi sebagian orang utuk mendapatkan akun Clubhouse. Hal ini dikarenakan jika akun Clubhouse kamo terblokir karena penyalahgunaan layanan atau bergabung dengan grup yang melangggar ketentuan, akun yang mengundang kamu untuk bergabung di Clubhouse akan ikut terblokir. Berikut contoh sms undangan untuk join aplikasi Clubhouse:

Contoh Sms Undangan Clubhouse
Contoh SMS Undangan Clubhouse

Ketika seseorang bergabung di Clubhouse, secara otomatis mereka akan diberikan jatah undangan yang dapat mereka kirimkan kepada seseorang dengan menggunakan nomor teleponnya. Ini berarti, anggota bisa mengirim undangan ke orang yang memiliki hubungan dekat dengan mereka, seperti teman komunitas yang sama atau bergerak di bidang industri dan pekerjaan yang sama.

Fitur dan Keunggulan Platform Clubhouse

Salah satu fitur yang membuat Clubhouse menonjol selain terlihat eksklusif dari platform lain adalah kenyataan bahwa pengguna dapat meminimalkan aplikasi untuk masuk ke aplikasi lain tanpa kehilangan tempat di ruang obrolan/roomchat. Jadi pengguna dapat memeriksa email, mengikuti pembicara ke platform lain, atau memeriksa DM Instagram tanpa melewatkan satu kata pun dari percakapan.

Disadur dari situs resmi Clubhouse, selain yang disebutkan di atas, fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi Clubhouse yakni sebagai berikut:

  • Menawarkan kemampuan untuk terhubung dan terlibat dengan para profesional di luar industri atau niche.
  • Algoritma media sosial khas yang membantu orang membuat suatu trend di platform lain yang diganti dengan ruangan yang lebih spontan yang diisi dengan obrolan real time tentang berbagai topik dan issue.
  • Berfokus pada percakapan bernilai tinggi daripada konten yang diciptakan dan diproduksi sebelumnya.
  • Pengguna Clubhouse sudah sangat setia dan protektif, sehingga mereka sangat berhati-hati dalam menentukan siapa yang diundang untuk bergabung dengan aplikasi (eksklusif).

Kemunculan Clubhouse juga memberi dampak besar khususnya pada industri podcast. Aplikasi Clubhouse masih dalam versi beta, tetapi setelah aplikasinya publik, bukan tidak mungkin para pengguna dapat menggunakan Clubhouse untuk membangun komunitas yang terkait dengan podcast dan juga bukan tidak mungkin Clubhouse malah akan menggeser industri podcast. Tren akan selalu berganti.

Bagaimana tertarik bergabung dengan Clubhouse? Sepertinya lebih baik mencari orang dalam yang mau memberi invitation terlebih dahulu atau kalau kalian tidak sabar, kalian dapat mencari orang yang menjual invitation Clubhouse di marketplace daring.

Tutorial
Panduan Cara Mudah Menggunakan Wireshark dan Fitur-Fiturnya
Tutorial
Panduan Cara Mudah Menggunakan Zotero
Tutorial
Cara Menggunakan Samsung Pay dengan Akun DANA [Complete Guide]
There are currently no comments.