Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tutorial

Ini Cara Mudah Menggunakan Apendo Versi 5

Apendo merupakan kepanjangan dari Aplikasi Pengaman Dokumen untuk Peserta Lelang. Dengan Apendo, peserta lelang dapat melakukan enkripsi berbagai file penawaran yang akan dikirimkan ke server LPSE.

Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP) telah melakukan kerja sama yang menghasilkan sebuah aplikasi untuk Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Aplikasi tersebut adalah Apendo yang merupakan kepanjangan dari Aplikasi Pengaman Dokumen untuk Peserta Lelang.

Akan tetapi aplikasi tersebut hanya bisa digunakan oleh peserta lelang yang sudah terdaftar di LPSE. Dengan Apendo, peserta lelang dapat melakukan enkripsi berbagai file penawaran yang akan dikirimkan ke server LPSE. Saat ini Apendo versi 5 merupakan versi yang terbaru, berikut penjelasan penggunaannya.

Cara Mengunduh Apendo Penyedia

  1. Unduh Apendo versi 5 di akun LPSE Penyedia atau gunakan tombol di bawah ini.
  2. Carilah file Apendo pada beranda, silakan unduh Apendo versi 5.1.2.
  3. Setelah selesai mengunduh, Apendo tidak bisa langsung diinstal. Sebab filenya berbentuk zip sehingga Anda harus melakukan extract file terlebih dahulu.
  4. Setelah di extract buka folder Apendo 5.1.2 dan pilih folder bin.
  5. Kemudian cari file apendo.exe dan klik 2 kali.
  6. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

Cara Mengirim File Penawaran Menggunakan Apendo Versi 5

tampilan login APENDO LPSE Peserta
tampilan login APENDO LPSE Peserta
  1. Buka akun LPSE milik Anda, lalu klik nama paket file penawaran yang akan dikirim.
  2. Selanjutnya kirim data kualifikasi yang berada di LPSE untuk memperoleh token penawaran yang akan digunakan untuk login.
  3. Setelah mendapatkan token penawaran, Anda bisa melakukan login di aplikasi Apendo versi 5.
  4. Untuk login silakan pilih file apendo.exe dan klik 2 kali.
  5. Setelah itu akan ditampilkan jendela baru untuk mengisi User ID dan Password.
  6. Anda bisa menambahkan user baru dengan cara klik opsi Tambah user yang ada di halaman menu utama.
  7. Kemudian isi User ID LPSE, buat password baru dan konfirmasi ulang password (menulis ulang password yang diisikan sebelumnya).
  8. Klik tombol Tambah lalu akan ditampilkan lagi halaman utama untuk login.
  9. Silakan lakukan login dengan mengisikan User ID dan Password.
  10. Kemudian masukkan token penawaran yang Anda peroleh sebelumnya dan tekan tombol Kirim token.
  11. Setelah itu akan ditampilkan halaman baru dengan beberapa kolom yang terdiri dari kolom Surat Penawaran, kolom Administrasi dan Teknis, kolom Penawaran Harga, serta kolom Enkripsi dan Pengiriman.
  12. Pada kolom yang pertama yaitu Surat Penawaran, Anda bisa membacanya terlebih dahulu. Setelah selesai klik tombol Simpan atau Setuju.
  13. Kemudian untuk kolom kedua yaitu Administrasi dan Teknis, silakan upload file yang diminta dengan cara menekan tombol Tambah yang ada di samping kanan. Perhatikan dengan saksama ketentuan yang ada. Jika sudah selesai klik Simpan.
  14. Selanjutnya kolom ketiga yaitu Penawaran Harga, isilah sesuai format yang ada biasanya berupa Rab penawaran. Untuk meng-upload dokumen sama seperti langkah sebelumnya yaitu menggunakan tombol Tambah lalu Simpan.
  15. Terakhir pada kolom Enkripsi dan Pengiriman, Anda bisa menekan tombol Enkripsi agar file penawaran yang telah Anda upload terenkripsi seluruhnya.
  16. Setelah muncul tulisan berwarna merah, Anda bisa menekan tombol Kirim. Tunggu hingga proses pengiriman selesai dan terdapat konfirmasi bahwa file berhasil terkirim.

Mengecek Ulang Pengiriman Penawaran

tips sukses membuat penawaran APENDO

1. Jangan Tutup Apendo Setelah Selesai Mengirim Dokumen

Setelah selesai melakukan pengiriman sebaiknya jangan tutup aplikasi terlebih dahulu agar saat akan login kembali Anda tidak perlu membuat password baru. Tetapi Anda boleh log out dari akun LPSE Anda dan login kembali untuk mengecek status pengiriman. Setelah login langsung saja klik paket lelang yang Anda ikuti.

2. Cek Inbox pada Akun LPSE

Cara kedua untuk mengecek status pengiriman penawaran adalah mengecek pesan masuk atau inbox. Setelah melakukan login, tekan menu Inbox yang berada di kanan atas (tepat di bawah nama penyedia) lalu carilah file Notifikasi Pengiriman Penawaran.

3. Buat Salinan Folder yang dikirim

Sama seperti aplikasi lainnya, Apendo juga memiliki kelemahan yaitu tidak dapat menyimpan file yang Anda kirim. Maka dari itu setelah selesai melakukan proses enkripsi, salin atau copy folder sebelum dikirimkan. Hal ini perlu Anda lakukan untuk berjaga-jaga misal pengiriman file gagal maka Anda bisa mengirimnya kembali tanpa mengulang langkah dari awal lagi.

Agar pengiriman file penawaran lancar dan sukses, pastikan koneksi internet yang Anda gunakan stabil. Selain itu jangan menamai dokumen persyaratan dengan karakter aneh seperti *, @, #, ~, dan lain-lain. Dan yang paling penting adalah jangan mengirimkan file penawaran mendekati batas akhir penawaran.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Daftar Harga

Seperti telah diketahui bahwa tol Surabaya-Probolinggo merupakan jalan lintas Trans Jawa yang berbayar. Berikut ini disajikan daftar tarif tol Surabaya Probolinggo terbaru 2020.

Daftar Harga

Perjalanan darat dari kota Surabaya menuju Jogja kini semakin mudah dengan adanya keberadaan jalan tol. Rute perjalanan dari Surabaya ke Jogja melalui jalan tol...

Daftar Harga

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 54/KPTS/M/2019, ditetapkan tarif tol untuk lintas Semarang-Pekalongan yang berlaku mulai tahun 2020.

Daftar Harga

Pada dasarnya, huruf ‘R’ adalah lambang ukuran foto berdasar standar internasional ISO. Masyarakat umumnya, hanya mengenal beberapa jenis ukuran foto, seperti 2R, 4R, 10R,...