Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tutorial

Panduan Cara Mudah Menggunakan MIT App Inventor

MIT App Inventor merupakan sebuah platform website yang dapat membantu Anda dalam membuat aplikasi sederhana tanpa perlu memahami bahasa pemrograman.

Majunya perkembangan zaman di bidang teknologi, membuat banyak manusia terbantu dengan berbagai kemudahan. Salah satunya yaitu pembuatan software atau perangkat lunak pada perangkat HP. Jika dulu Anda perlu memahami bahasa pemrograman untuk membuat sebuah aplikasi, maka sekarang cukup dengan menggunakan aplikasi MIT App Inventor.

MIT App Inventor merupakan sebuah platform website yang dapat membantu Anda dalam membuat aplikasi tanpa perlu memahami bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, Java, dan lain sebagainya. Platform ini menawarkan pengguna dengan beragam objek visual dan komponen yang bisa digunakan dalam pembuatan aplikasi. Selain itu, tampilan grafis yang dihadirkan juga terlihat sangat sederhana.

Mengenal MIT App Inventor

MIT App Inventor merupakan sebuah platform berbasis pengembangan yang sudah terintegrasi dengan aplikasi Web. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat perangkat lunak atau aplikasi dengan dua sistem operasi, yakni Android dan iOS. Selain, itu platform ini memiliki akses yang bebas untuk digunakan dengan lisensi ganda berupa Apache License 2.0 dan CC Attribution ShareAlike 3.0 Unported.

Adanya kedua lisensi ini berfungsi sebagai kode untuk sumber yang digunakan dalam pembuatan aplikasi. Selain itu, tampilan yang dihadirkan untuk pengguna memiliki grafis GUI dengan bahasa pemrograman Scratch dan StarLogo TNG. Tentunya ini membantu Anda untuk melakukan drag dan drop objek visual secara mudah dan cepat.

Pada bagian objek visual, terdapat berbagai macam jenis layout dan komponen yang bisa digunakan oleh Anda. Semua ini bisa digunakan secara gratis tanpa perlu melakukan pembayaran. Tidak hanya, Anda juga dapat menambahkan suara, objek bergerak, menampilkan sebuah video, ataupun yang lainnya.

Terdapat juga fitur sensor yang bisa digunakan pada beberapa blok. Mulai dari sensor Accelerometer, Barcode Scanner, Clock, Gyroscope, Location, Near Field, Orientation, Pedometer, dan Proximity. Adanya sensor ini memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini.

  • Melakukan pendeteksian pada getaran dan kecepatan dalam satuan meter untuk setiap detik.
  • Menerjemahkan gambar dari barcode.
  • Menunjukkan waktu sesuai dengan pengaturan lokasi.
  • Menampilkan lokasi berdasarkan GPS.
  • Memberitahu bawah HP dalam keadaan tilted atau miring.

Cara Mudah Menggunakan MIT App Inventor

tampilan muka MIT App Inventor

Memiliki fungsi utama sebagai tempat untuk membuat aplikasi tanpa perlu bahasa pemrograman, menjadikan MIT App Inventor sebagai platform yang populer di kalangan perancang aplikasi. Selain itu, tampilan dari aplikasi ini juga tergolong sangat sederhana dan mudah untuk dipahami oleh golongan pemula. Hal ini juga yang menjadi daya tarik dari MIT App Inventor.

Berikut ini cara-cara dalam menggunakan MIT App Inventor untuk membuat aplikasi sederhana.

  • Pertama Anda dapat mengakses homepage MIT App Inventor online dengan cara mengunjungi appinventor.mit.edu
  • Selanjutnya, pilih menu Get started dengan gambar ikon bendera di bagian tengah.
  • Setelah itu, lakukan login menggunakan akun Google dan klik setuju mengenai terms of service.
  • Pada halaman selanjutnya, Anda dapat membuat aplikasi baru dengan cara klik tombol Project lalu pilih opsi Start New Project. Di halaman ini, Anda dapat memasukkan berbagai komponen dan objek visual sesuai dengan keinginan. Komponen dan objek visual ini berada pada kolom Palette.
  • Anda juga dapat memasukkan file suara dengan cara klik bagian yang ingin ditambahkan suara, lalu tahan hingga muncul menu Button.
  • Setelah dirasa bahwa tampilan utama dari aplikasi sudah selesai Anda buat, maka selanjutnya adalah menyusun sisi backend aplikasi. Cara ini dapat dilakukan dengan masuk ke halaman Blocks, kemudian akan tampil jendela baru berupa Designer.
  • Jika semua proses sudah selesai Anda lakukan, maka langkah berikutnya adalah menguji keberhasilan dari aplikasi tersebut. Anda bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi MIT AI2 Companion yang ada di Google Playstore melalui HP yang dimiliki.
  • Selanjutnya, masuk ke menu Connect yang ada di web MIT App Inventor.
  • Kemudian pilih opsi All Companion untuk menampilkan barcode dengan kode unik.
  • Langkah terakhir, masukan kode yang ditampilkan melalui aplikasi MIT AI2 Companion dan lakukan pengetesan pada aplikasi tersebut.

Hadirnya MIT App Inventor sebagai platform pengembangan berbasis website dapat membantu Anda untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak yang menarik dan informatif. Selain itu, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Daftar Harga

Seperti telah diketahui bahwa tol Surabaya-Probolinggo merupakan jalan lintas Trans Jawa yang berbayar. Berikut ini disajikan daftar tarif tol Surabaya Probolinggo terbaru 2020.

Daftar Harga

Perjalanan darat dari kota Surabaya menuju Jogja kini semakin mudah dengan adanya keberadaan jalan tol. Rute perjalanan dari Surabaya ke Jogja melalui jalan tol...

Daftar Harga

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 54/KPTS/M/2019, ditetapkan tarif tol untuk lintas Semarang-Pekalongan yang berlaku mulai tahun 2020.

Daftar Harga

Pada dasarnya, huruf ‘R’ adalah lambang ukuran foto berdasar standar internasional ISO. Masyarakat umumnya, hanya mengenal beberapa jenis ukuran foto, seperti 2R, 4R, 10R,...