Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tutorial

Panduan Cara Mudah Menggunakan Pivot Table di Microsoft Excel

Pivot Table merupakan sebuah fitur dari aplikasi Microsoft Excel yang menyajikan tabel interaktif dalam waktu singkat. Tabel ini berisi ringkasan data yang berjumlah banyak dan memiliki bentuk orientasi yang berbeda-beda.

Tersedia berbagai fitur yang bisa Anda gunakan melalui aplikasi Microsoft Excel. Fitur-fitur ini tentunya berguna untuk memudahkan pengguna dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang menyangkut angka. Hal ini juga berlaku dengan adanya fitur Pivot Table yang berguna untuk merangkum, menganalisis, serta mengelompokkan suatu data agar lebih mudah dibaca dan dipahami.

Penggunaan fitur Pivot Table sangat efektif bagi Anda yang memiliki pekerjaan di departemen penjualan. Hal ini dikarenakan tugas utamanya adalah melakukan analisa penjualan dari suatu produk dengan berbagai sudut pandang. Seperti sudut pandang produk, wilayah, tingkat minat konsumen, dan lain sebagainya. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi Anda dalam menyederhanakan data tersebut.

Fitur Ms Excel
Fitur Ms Excel

Apa itu Pivot Table?

Pivot Table merupakan sebuah fitur dari aplikasi Microsoft Excel yang menyajikan tabel interaktif dalam waktu singkat. Tabel ini berisi ringkasan data yang berjumlah banyak dan memiliki bentuk orientasi yang berbeda-beda. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan kalkulasi dari setiap item yang dibutuhkan sesuai dengan cara perhitungan yang ingin diterapkan.

Tentunya ini memudahkan Anda dalam membaca sebuah data yang terdiri dari banyak kolom atau field di lembaran Microsoft Excel. Tidak hanya itu, cara ini juga bisa Anda gunakan dalam mengelompokkan atau meringkas data yang memiliki jumlah hingga ribuan dalam waktu yang singkat dan mudah.

Anda juga dapat menggunakan fitur lainnya yang ada di dalam Pivot Table agar lebih mudah dalam melakukan analisis data. Selain itu, terdapat juga fitur yang bisa membantu Anda dalam mengurutkan baris tabel dan kolom tabel sesuai keinginan dengan cara drag atau tarik. Di bawah ini fitur yang bisa Anda dapatkan dari dalam Pivot Table.

1. Filters Area

Fitur pertama yang bisa Anda dapatkan dari Pivot Table adalah Filters Area yang memiliki fungsi untuk menampilkan data-data tertentu sesuai keinginan pengguna. Jika ingin menggunakan filter ini lebih dari satu item, maka Anda dapat memilih centang pada Select Multiple Items.

2. Columns Area

Columns Area memiliki fungsi untuk menambahkan atau mengurangi kolom yang ada di Pivot Table. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mengurutkan kolom sesuai dengan urutan alfabet ataupun angka.

3. Rows Area

Tidak jauh berbeda dari fitur sebelumnya, pada fitur Rows Area memungkinkan Anda untuk menambahkan atau mengurangi baris yang ada di Pivot Table. Selain itu, Anda juga dapat mengurutkannya sesuai dengan keinginan.

4. Values Area

Pada fitur terakhir, Anda dapat melakukan eksekusi terhadap suatu kategori berdasarkan data yang Anda miliki. Misalnya Count atau data teks dan Sum atau Total dari data numerik.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Cara Menggunakan Pivot Table

Pada proses pembuatan tabel ini, maka Anda perlu menyorot satu sel yang ada pada range atau tabel yang ingin dilakukan peringkasan data. Hal ini dikarenakan aplikasi Microrsoft Excel memiliki kemampuan untuk menganalisis data secara otomatis terhadap suatu sel yang disorot. Di bawah langkah-langkah yang bisa Anda gunakan dalam proses penggunaan fitur Pivot Table.

fitur Pivot Table di Ms Excel
  • Pertama, buka terlebih dahulu file data berformat Microsoft Excel yang ingin Anda lakukan pengelompokan data ataupun ringkasan.
  • Selanjutnya, klik salah satu sel dari tabel yang ada di data tersebut.
  • Setelah itu, pilih menu “Insert” dan beralih ke opsi Pivot Table di bagian kiri ribbon.
  • Kemudian akan tampil jendela baru dari Pivot Table. Anda dapat pilih Select Table Range untuk pembuatan range otomatis dari aplikasi Microsoft Excel. Selain itu, pembuatan ini juga bisa dilakukan secara manual dengan cara drag langsung alamat range pada kolom tersebut.
  • Jika pengaturan Pivot Table telah selesai Anda lakukan, maka dapat memilih tombol OK yang ada di bagian bawah.
  • Anda juga bisa memberi centang pada bagian Pivot Table Fields untuk melakukan analisis dengan cara mencari item sesuai dengan data yang dimiliki. Data secara otomatis akan melakukan proses urutan berdasarkan pemberian centang yang Anda lakukan.

Terdapat banyak manfaat yang bisa Anda gunakan dalam fitur Pivot Table. Selain memiliki fungsi untuk mengelompokkan atau meringkas data, fitur ini juga bisa digunakan sebagai bentuk analisis yang mudah dipahami. Selain itu, fitur ini juga dapat melakukan urutan sesuai dengan keinginan para pengguna.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Daftar Harga

Seperti telah diketahui bahwa tol Surabaya-Probolinggo merupakan jalan lintas Trans Jawa yang berbayar. Berikut ini disajikan daftar tarif tol Surabaya Probolinggo terbaru 2020.

Daftar Harga

Perjalanan darat dari kota Surabaya menuju Jogja kini semakin mudah dengan adanya keberadaan jalan tol. Rute perjalanan dari Surabaya ke Jogja melalui jalan tol...

Daftar Harga

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 54/KPTS/M/2019, ditetapkan tarif tol untuk lintas Semarang-Pekalongan yang berlaku mulai tahun 2020.

Daftar Harga

Pada dasarnya, huruf ‘R’ adalah lambang ukuran foto berdasar standar internasional ISO. Masyarakat umumnya, hanya mengenal beberapa jenis ukuran foto, seperti 2R, 4R, 10R,...