Malware Removal

Cara Menghapus Malware Myway di Browser dan Laptop


Apakah browser dan laptop Anda pernah terserang malware Myaway atau Search.myway.com? Jika iya, di artikel ini ada solusi mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Malware ini memang tidak boleh diremehkan karena bisa mengambil kendali browser dan laptop Anda.

Jika ini terjadi, bukan tidak mungkin semua data yang ada di laptop dan browser dibobol, yang mana akan sangat merugikan. Karena itu, malware Myway ini harus benar-benar dihilangkan agar Anda bisa berselancar di internet dengan aman, begitu juga dengan laptop yang digunakan.

Malware Search.myway.com

Myaway atau Search.myway.com adalah malware yang berusaha untuk mengambil alih dan kendali browser atau mesin pencari yang Anda gunakan. Tidak hanya satu browser saja, karena begitu malware ini berhasil menyusup ke laptop, semua browser akan terjangkit.

Jika malware ini berhasil membajak browser Anda, maka pengaturan homepage browser tersebut akan berubah, yang akan mengalihkan segala bentuk pencarian ke search.myway.com. Jadi begitu Anda mencoba mencari sesuatu di mesin pencari, hasil pencarian akan dialihkan ke virus.

Adware Dari Myway Yang Mengganggu
Adware Dari Myway Yang Mengganggu

Selain membajak browser dan mengalihkan pencarian ke virus, malware ini juga bisa mengendalikan PC. Biasanya, PC yang telah terjangkiti dengan virus ini akan sering muncul pop up (iklan) serta memaksa Anda memasang program yang mencurigakan.

Atas dasar inilah kami menyarankan untuk segera melakukan tindakan jika hal-hal di atas terjadi pada browser dan PC Anda. Setelah dibersihkan dengan tuntas, PC dan homepage browser akan kembali seperti semula, yaitu ke pengaturan default.

Bagaimana Cara Malware Myway Masuk ke Browser dan Laptop?

Jadi bagaimana sih cara malware Myway masuk ke browser dan laptop? Ternyata malware ini bisa masuk ke browser dan laptop melalui backdoor. Maksudnya, virus ini tidak serta merta masuk dengan sendirinya, melainkan melewati perantara,

Biasanya, malware ini menjadi bagian dari program gratis yang banyak bertebaran di internet. Nah, setelah Anda memasang program gratis yang ternyata mengandung malware Myway tersebut, maka infeksi akan mulai menyebar ke homepage browser dan toolbar Search.myway.com akan terpasang di laptop.

Cara Menghapus Myway Windows

Jika Anda pengguna laptop dengan sistem operasi Windows, maka cara menghapus malware Myway adalah sebagai berikut :

  • Jika Anda masih menggunakan Windows XP, maka klik Start terlebih dahulu lalu pilih menu Control Panel lalu pilih Add/Remove Programs.
  • Jika Anda menggunakan Windows Vista/7, maka klik Start lalu pilih Control Panel lalu pilih Programs and Features.
  • Jika Anda sudah menggunakan Windows 8, 8.1 dan 10, maka klik kanan pada pojok kiri bawah layar (Ikon Windows), lalu pilih Control Panel dan pilih Uninstall Program.
  • Selanjutnya hapus pemasangan malware Myway dan program-program yang mencurigakan lainnya
  • Selanjutnya klik OK untuk menyimpan perubahan tersebut.
  • Nah, jika sudah sekarang Anda cari shortcut browser, misalnya saja Google Chrome.
  • Setelah ketemu, klik kanan pada shortcut Google Chrome lalu pilih Properties.
  • Setelah menu Properties terbuka, klik tab Shortcut dan hapus URL mencurigakan di kolom Target lalu klik OK.
  • Lakukan hal yang sama terhadap shortcut browser lainnya, seperti Mozilla Firefox hingga Internet Explorer.

Cara Menghapus Malware Myway di Mac

Jika Anda pengguna Mac OS, maka cara menghapus malware Myway adalah seperti di bawah ini:

  • Pertama Anda bisa klik Go yang berada di pojok kanan atas layar lalu pilih Applications.
  • Setelah folder Applications termuat dengan sempurna, cari Search.myway.com dan program-program lain yang menurut Anda mencurigakan.
  • Selanjutnya klik kanan pada Search.myway.com dan program mencurigakan lain lalu klik opsi Move to Trash.
  • Selesai.

Cara Menghapus Malware Myway di Browser

Cara ini bisa dilakukan untuk browser Google Chrome atau Mozilla Firefox karena pada dasarnya memang sama, yaitu menghilangkan plugin Search.myway.com dan restore browser. Berikut caranya (menggunakan Google Chrome):

Masuk Ke Akstensi Browser
Masuk Ke Akstensi Browser
  • Buka Google Chrome, klik More Options (ikon titik tiga) lalu pilih Tools dan terakhir pilih opsi Extension.
  • Setelah jendela ekstensi terbuka, hapus plugin Search.myway.com (dan plugin mencurigakan lainnya) dengan klik ikon tempat sampah.
  • Sekarang restore homepage kembali menjadi default browser, caranya buka Settings Google Chrome, klik pada opsi Open a specific page or set of pages lalu klik Set pages.
  • Sekarang hapus semua URL mencurigakan yang ada di halaman Startup pages.
  • Selanjutnya kembali ke Settings lalu klik Manage Search Engines dan hapus situs pencari yang mencurigakan. 
  • Jika sudah, kembali lagi ke Settings lalu pilih Reset browser settings.
  • Terakhir klik Reset untuk menghapus malware Myway 100% dari Google Chrome.
Myway Extension Removal Guide
Myway Extension Removal Guide

Menghapus malware Myway ternyata sangat mudah bukan? Anda hanya harus menghapusnya terlebih dahulu dari laptop, kemudian menghapusnya dari browser dan terakhir mereset browser ke pengaturan default. Jika Anda lakukan dengan benar, malware Myway akan hilang 100% dan permanen.

There are currently no comments.