Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tutorial

Panduan Cara Mudah Menggunakan Wireshark dan Fitur-Fiturnya

Wireshark merupakan aplikasi yang memiliki kemampuan untuk melakukan analisis pada protokol jaringan. Tidak hanya itu, aplikasi dari besutan The Wireshark Team ini juga menawarkan Anda dengan fitur Packet Sniffer.

Ada berbagai cara yang bisa Anda terapkan dalam melakukan proses analisis jaringan. Hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi atau tools yang sudah berbasis Network Analyzer. Adanya aplikasi ini membuat pengguna bisa mengatasi masalah yang mungkin sering dihadapi pada protokol jaringan internet. Salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan adalah Wireshark.

Wireshark merupakan sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk melakukan analisis pada protokol jaringan. Tidak hanya itu, aplikasi dari besutan The Wireshark Team ini juga menawarkan Anda dengan fitur Packet Sniffer. Hal ini tentunya membuat Anda dapat melakukan pengamatan pada sebuah data yang ada di jaringan.

Mengenal Wireshark

Wireshark merupakan aplikasi open source yang dapat menangkap sebuah data dari jaringan dan menampilkannya. Memiliki fungsi sebagai Network Protocol Analyzer, menjadikan aplikasi ini bisa digunakan sebagai solusi untuk mengatasi masalah pada jaringan. Hal ini dikarenakan Anda dapat mengamati dan melakukan sortir pada semua data yang ditampilkan melalui aplikasi Wireshark.

Mulai dari data mengenai informasi singkat jaringan yang digunakan, serta menampilkan rincian lengkap mengenai jumlah data secara real time. Adanya kemampuan ini, membuat pengguna bisa memanfaatkannya sebagai tool untuk melakukan debugging implementasi protokol jaringan yang digunakan pada laptop atau komputer.

Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk display filter language secara banyak dalam satu aliran. Pada saat aliran data berada dalam jaringan, maka packet sniffer yang ada di aplikasi Wireshark bisa menangkap Protocol Data Unit atau disingkat PDU. Selain itu, aplikasi Wireshark bisa menampilkan hasil enkapsulasi dan field dari dalam PDU.

Panduan Menggunakan Wireshark

tampilan aplikasi wireshark
tampilan aplikasi wireshark

Jika sudah mengetahui manfaat aplikasi Wireshark, maka sebaiknya Anda dapat memahami bagaimana cara menggunakannya. Pastikan terlebih dahulu bahwa komputer atau laptop yang Anda gunakan sudah terhubung pada jaringan yang ingin di sniff. Di bawah ini langkah – langkah dalam panduan menggunakan aplikasi Wireshark.

  • Langkah pertama, Anda dapat mengunduh aplikasi Wireshark melalui laman resmi wireshark.org dan melakukan instalasi pada komputer yang digunakan.
  • Setelah berhasil diinstall, maka Anda dapat membuka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama, Anda bisa klik menu Capture pada pojok kanan atas di samping menu Go.
  • Selanjutnya akan tampil kotak dialog berupa Wireshark: Capture Interfaces. Pada dialog ini Anda bisa melihat pada kolom “Packets” yang menunjukkan angka spesifik. Adanya angka ini menandakan bahwa terdapat paket data yang sedang berjalan pada jaringan yang digunakan.
  • Setelah itu, Anda bisa melakukan konfigurasi dengan cara klik tombol options pada kotak dialog tersebut.
  • Kemudian akan tampil jendela baru mengenai Wireshark: Capture Options. Di jendela ini pastikan bahwa kolom “Capture packets in promiscuous mode” sudah tercentang.
  • Anda juga dapat memilih lokasi penyimpanan dengan cara klik tombol Capture File dan tempatkan pada folder baru.
  • Jika sudah, maka Anda bisa klik tombol Start untuk melakukan sniffing sesuai dengan pengaturan konfigurasi yang dilakukan.
  • Pada halaman selanjutnya, aplikasi Wireshark akan akan melakukan pengambilan paket data dan menampilkannya secara real time. Semakin lama proses sniffing dilakukan, maka data yang didapatkan juga semakin banyak.
  • Jika menurut Anda data yang ditampilkan sudah cukup, maka proses sniffing ini bisa dihentikan dengan cara klik ikon adapter jaringan di bagian toolbar.
  • Setelah itu, Anda bisa menyimpan hasil data yang diperoleh dengan cara memilih menu Save. Format file yang digunakan dari aplikasi ini adalah “.pacp”.

Fitur-Fitur Aplikasi Wireshark

Selain memiliki fitur melakukan analisis pada jaringan yang disambungkan, aplikasi Wireshark juga memiliki fitur-fitur utama lainnya. Adanya fitur ini bermanfaat untuk Anda dalam melakukan berbagai keperluan, seperti mengatasi masalah troubleshoot pada jaringan dan lain sebagainya. Berikut ini fitur-fitur yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi Wireshark.

  • Bisa digunakan pada banyak platform, seperti Linux, Windows, Mac, serta Unix.
  • Dapat melakukan capture paket data jaringan dengan real time.
  • Menampilkan information protocol jaringan secara detail.
  • Bisa melakukan filtering pada paket data jaringan.
  • Data yang di sniff dari sebuah jaringan dapat disimpan dan dibuka kembali untuk melakukan analisis.

Hadirnya aplikasi Wireshark sebagai Network Protocol Analyzer, membuat pengguna bisa menggunakannya untuk menganalisis data dari jaringan yang di sniff. Hal ini tentunya sangat membantu bagi pengguna yang sedang mengalami masalah pada jaringan yang digunakan. Selain itu, Aplikasi ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai tempat untuk belajar protokol jaringan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Daftar Harga

Seperti telah diketahui bahwa tol Surabaya-Probolinggo merupakan jalan lintas Trans Jawa yang berbayar. Berikut ini disajikan daftar tarif tol Surabaya Probolinggo terbaru 2020.

Daftar Harga

Perjalanan darat dari kota Surabaya menuju Jogja kini semakin mudah dengan adanya keberadaan jalan tol. Rute perjalanan dari Surabaya ke Jogja melalui jalan tol...

Daftar Harga

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 54/KPTS/M/2019, ditetapkan tarif tol untuk lintas Semarang-Pekalongan yang berlaku mulai tahun 2020.

Daftar Harga

Pada dasarnya, huruf ‘R’ adalah lambang ukuran foto berdasar standar internasional ISO. Masyarakat umumnya, hanya mengenal beberapa jenis ukuran foto, seperti 2R, 4R, 10R,...