Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tutorial

Cara Mudah Menggunakan Link2SD untuk Memindahkan Aplikasi Android

Dengan aplikasi Link2SD, Anda dapat memindahkan aplikasi dari memori internal ke SD Card, sehingga ruang memori internal perangkat Anda akan bertambah dan bisa digunakan untuk menginstal aplikasi lain.

Tahukah Anda apa itu Link2D? Link2SD adalah sebuah aplikasi untuk menambah memori internal pada Android, laptop, ataupun komputer. Menggunakan aplikasi ini, Anda dapat memindahkan aplikasi dari memori internal ke SD Card. Sehingga ruang memori internal perangkat Anda akan bertambah dan bisa digunakan untuk menginstal aplikasi lain.

Akan tetapi sebelum menggunakan Link2SD, terlebih dahulu Anda harus membagi partisi SD Card. Selain itu agar performa aplikasi yang akan dipindah tidak menurun, sebaiknya gunakan micro SD Card dengan class 10 atau lebih.

Cara Membagi Partisi SD Card

Membagi partisi SD Card bisa Anda lakukan menggunakan PC atau Android. Tetapi akan lebih mudah jika Anda melakukannya menggunakan PC. Bukan Link2SD melainkan Minitool Partition Wizard yang akan kita gunakan untuk membagi partisi SD Card. Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut lalu menginstalnya langsung pada komputer, kemudian langkah selanjutnya yaitu:

1. Hubungkan SD Card ke Perangkat

Anda bisa langsung menghubungkan micro SD Card ke perangkat setelah aplikasi Minitool berhasil terinstal. Pastikan semua data yang ada didalamnya telah Anda backup karena saat proses pembagian partisi bisa saja file tersebut akan terhapus. Anda bisa menggunakan adaptor atau card reader untuk menghubungkan micro SD Card ke komputer.

2. Mulai Proses Pembagian

Jalankan program Minitool dan pilih opsi Minitool Partition Wizard. Selanjutnya pilih SD Card yang ingin di partisi dan tekan Move/Resize. Tentukan ukuran partisi yang ingin Anda buat lalu klik OK jika sudah selesai.

Setelah itu akan ditampilkan partisi lama dan partisi baru dengan nama masing-masing FAT32 dan unallocated. Lakukan langkah yang sama jika ingin menambah partisi lagi.

3. Format Partisi

Setelah partisi baru berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah memformat partisi yang berlabel unallocated. Kemudian pilih menu Create dan akan ditampilkan beberapa opsi seperti drive letter, partition label, cluster size dan lain-lain. Karena akan membuat partisi untuk Link2SD maka pilih Primary pada bagian Create As lalu pilih Ext2, Ext3, atau Ext4 pada opsi File System lalu OK.

4. Selesai

Anda bisa menekan tombol Apply yang ada di bagian kiri atas untuk menyelesaikan proses ini. Kemudian tunggu beberapa saat karena proses ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk menyelesaikannya.

Advertisement. Scroll to continue reading.
tutorial download link2sd
tutorial download link2sd

Cara Memindahkan Aplikasi Menggunakan Link2SD

Setelah partisi dengan format Ext berhasil dibuat, maka Anda bisa memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal perangkat Anda menggunakan Link2SD. Apabila belum memiliki aplikasi Link2SD Anda harus mengunduh terlebih dahulu kemudian lakukan instalasi pada perangkat yang digunakan. Untuk langkah selanjutnya bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Jalankan aplikasi Link2SD.
  • Pilih partisi Ext saat Anda diminta untuk memilih jenis partisi yang akan digunakan. Jenis tersebut harus sesuai dengan partisi yang Anda buat sebelumnya.
  • Selanjutnya restart perangkat Anda.
  • Jalankan kembali aplikasi Link2SD.
  • Klik aplikasi yang hendak Anda pindah lalu tekan Create Link.
  • Setelahnya akan ditampilkan empat pilihan untuk membuat link. Silakan centang pilihan pertama hingga ketiga dan tekan OK.
  • Tunggu selama beberapa saat sampai proses selesai dijalankan.
  • Setelah selesai Anda akan mendapatkan notifikasi berupa “Application files linked and moved to SD Card”.
  • Ulangi langkah di atas untuk memindahkan aplikasi yang lain.

Cara Menggunakan Link2SD Untuk Memindahkan Beberapa Aplikasi Sekaligus

Apabila hanya memindahkan satu atau dua aplikasi, Anda bisa menggunakan cara yang sudah dijelaskan di atas. Tetapi jika terdapat banyak aplikasi yang ingin dipindahkan tentu akan membutuhkan waktu yang lama. Lebih baik Anda gunakan cara di bawah ini untuk mempersingkat waktu.

  • Pertama bukalah jendela daftar aplikasi.
  • Tekan tombol Menu dan pilih opsi Multi Select.
  • Kemudian pilihlah aplikasi-aplikasi yang ingin Anda pindah.
  • Setelah itu klik Create Link dan centang opsi pertama hingga ketiga dari empat opsi yang ditampilkan.
  • Klik tombol OK dan tunggu hingga proses selesai.

Selain menggunakan cara manual, memindahkan aplikasi yang baru saja diinstal ke SD Card juga bisa dilakukan secara langsung. Caranya sangat mudah, pertama buka menu Setting yang ada pada Link2SD. Kemudian centang pilihan Auto link pada kolom yang sudah disediakan. Setelah selesai Anda tidak perlu repot lagi untuk memindahkan aplikasi yang baru diinstal satu per satu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Daftar Harga

Seperti telah diketahui bahwa tol Surabaya-Probolinggo merupakan jalan lintas Trans Jawa yang berbayar. Berikut ini disajikan daftar tarif tol Surabaya Probolinggo terbaru 2020.

Daftar Harga

Perjalanan darat dari kota Surabaya menuju Jogja kini semakin mudah dengan adanya keberadaan jalan tol. Rute perjalanan dari Surabaya ke Jogja melalui jalan tol...

Daftar Harga

Pada dasarnya, huruf ‘R’ adalah lambang ukuran foto berdasar standar internasional ISO. Masyarakat umumnya, hanya mengenal beberapa jenis ukuran foto, seperti 2R, 4R, 10R,...

Daftar Harga

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 54/KPTS/M/2019, ditetapkan tarif tol untuk lintas Semarang-Pekalongan yang berlaku mulai tahun 2020.