Connect with us

Hi, what are you looking for?

Daftar Harga

Daftar Tarif Tol Jagorawi Bocimi Terbaru 2020 [+Rest Area]

Saat ini, jalan tol Jagorawi terdiri atas beberapa ruas jalan tol. Diantaranya, Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, dan Bogor Ring Road. Sedangkan Jalan Bogor-Ciawi-Sukabumi atau sering disebut dengan jalan tol Bocimi dibagi menjadi 4 Seksi.

Jagorawi merupakan kepanjangan dari Jakarta, Bogor, dan Ciawi. Tol ini merupakan jalan tol paling pertama yang dioperasikan oleh Jasa Marga. Jalan tol ini memiliki panjang kurang lebih 59 km. Sementara untuk Bocimi merupakan jalan tol yang menghubungkan Bogor, Ciawi, dan Sukabumi. Nah, bagi Anda yang ingin melintasi jalur jalan tol tersebut, simak daftar tarif tol Jagorawi Bocimi terbaru 2020 di bawah ini. 

Mengenai Tol Jagorawi Bocimi

Perlu diketahui bahwa pengoperasian tol Jagorawi merupakan sebuah tonggak bersejarah terkait tol di Indonesia. Ialah PT Jasa Marga (Persero) sebagai perusahaan pertama pada bidang tol di Indonesia. Pada kondisi terkini, jalan tol Jagorawi terdiri atas beberapa ruas jalan tol. Diantaranya, Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, dan Bogor Ring Road.

Jalan Bogor-Ciawi-Sukabumi atau sering disebut dengan jalan tol Bocimi dibagi menjadi 4 Seksi. Seksi-Seksi tersebut diantaranya Seksi I (Ciawi Cigombong), Seksi II (Cigombong Cibadak), Seksi III (Cibadak Sukabumi Barat), dan Seksi IV (Sukabumi Barat Sukabumi Timur). Nah, untuk yang Seksi IV diperkirakan akan selesai pembangunannya pada tahun 2021 mendatang.

Jalan tol Seksi I Ciawi Cigombong memiliki jarak sepanjang 15,35 km. Jalan tol Seksi II (Cigombong Cibadak) sepanjang 12 km. Sementara Seksi III (Cibadak Sukabumi Barat) memiliki jarak sepanjang 14 km.

Tarif Tol Jagorawi Bocimi

Daftar Tarif Tol Jagorawi

AsalTujuanGol IGol IIGol IIIGol IVGol V
Jakarta-Bogor-CiawiJakarta-Bogor-Ciawi7.00011.50011.50016.00016.000
Daftar harga tol Jagorawi

Daftar Tarif Tol Bocimi

AsalTujuanGol IGol IIGol IIIGol IVGol V
Simpang Susun CiawiCiawi15.0002.5002.5003.0003.000
CiawiSimpang Susun Cigombong12.00018.00018.00024.00024.000
Daftar Tarif Tol Bocimi

Dijelaskan lebih lanjut mengenai tarif tol Jagorawi Bocimi berdasarkan kategori golongan kendaraan yang digunakan oleh pengguna jalan tol, perbedaan kategorinya adalah sebagai berikut:

  • Golongan I terdiri atas sedan, mobil pribadi, pick up/truk kecil, jip, dan bus
  • Golongan II terdiri atas truk dengan 2 gandar
  • Golongan III terdiri atas truk dengan 3 gandar
  • Golongan IV terdiri atas truk dengan 4 gandar
  • Golongan V terdiri atas truk dengan 5 gandar

Penjelasan 

Misalkan Anda dari Wilayah Jagorawi akan menuju Bocimi melalui jalan tol ruas jalan tol Jagorawi Bocimi tarifnya sesuai dengan kendaraan yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan mobil pribadi, berarti termasuk golongan kendaraan golongan I. Jadi, perkiraan tarif setelah melalui jalan tol tersebut sekitar 44.000 rupiah saja.

Metode pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu tol elektronik atau biasa disebut dengan e-toll. Saat Anda memasuki gerbang pintu masuk tol, Anda akan diminta menunjukkan kartu e-toll tersebut kepada petugas jaga. Petugas akan menggesekkan kartu pada mesin pembayaran. Saldo Anda akan berkurang sesuai tarif yang ditentukan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Lalu untuk mengisi saldo untuk kartu e-toll caranya cukup mudah. Anda bisa melakukan top up melalui ATM dan bank penerbit uang elektronik, seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, dan juga BCA. Selain itu, Anda juga bisa mengisi ulang saldo Anda melalui toko ritel terdekat atau marketplace online.

Jalan tol ini juga dilengkapi fasilitas umum. Fasilitas umum yang tersedia tersebut antara lain tempat pengisian bahan bakar atau SPBU dan rest area. Rest area terdiri atas tempat beristirahat, tempat makan, toilet, masjid, dan minimarket.

Rest Area 

Berikut informasi lokasi rest area di sepanjang tol Jagorawi Bocimi:

Rest Area Tol Jakarta-Bogor

Sepanjang jalan tol Jagorawi ini terdapat rest area pada KM 10.5 (Rest Area Cibubur) dan KM 34 untuk tol dari arah Jakarta ke Bogor. Pada area ini terdapat tenant Starbucks Coffee, SPBU, Mushola/Masjid, toilet umum, dan beberapa minimarket lainnya. Ada juga tempat untuk istirahat yang nyaman.

Hampir sama dengan rest area lainnya. Di rest area ini juga dilengkapi dengan tempat beribadah, tempat istirahat, tempat makan, dan juga toilet. Tidak hanya itu, uniknya di rest area ini Anda dapat juga menikmati pemandangan Gunung Salak. Lumayan bisa untuk cuci mata sejenak.

Dengan demikian, perjalanan Anda akan terasa lebih cepat dan nyaman. Tidak perlu berkutat dengan waktu yang panjang dalam perjalanan. Selain itu, Anda tidak perlu bingung mencari tempat peristirahatan ketika mengalami kelelahan. 

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Daftar Harga

Seperti telah diketahui bahwa tol Surabaya-Probolinggo merupakan jalan lintas Trans Jawa yang berbayar. Berikut ini disajikan daftar tarif tol Surabaya Probolinggo terbaru 2020.

Daftar Harga

Perjalanan darat dari kota Surabaya menuju Jogja kini semakin mudah dengan adanya keberadaan jalan tol. Rute perjalanan dari Surabaya ke Jogja melalui jalan tol...

Daftar Harga

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 54/KPTS/M/2019, ditetapkan tarif tol untuk lintas Semarang-Pekalongan yang berlaku mulai tahun 2020.

Daftar Harga

Pada dasarnya, huruf ‘R’ adalah lambang ukuran foto berdasar standar internasional ISO. Masyarakat umumnya, hanya mengenal beberapa jenis ukuran foto, seperti 2R, 4R, 10R,...