Tutorial

Downloadgram dan Instasave, Cara Mudah Download Video IG


Instagram sebagai media sosial di kalangan anak muda saat ini tentu saja bukan lagi hanya berisi konten hiburan namun juga materi edukasi. Mulai dari edukasi buat para ibu muda, panduan keuangan, hingga materi-materi sekolah. Hal ini tentu berdampak pada seringnya pengguna mengakses Instagram guna melihat konten tersebut baik dalam bentuk video, infografis, maupun live/IGTV.

Untungnya, saat ini sudah tersedia tools populer yang dapat mebantu kamu untuk dapat menyimpan video Instagram sehingga dapat diakses secara offline. Pada tulisan ini, kami akan mengulas dua web apps terbaik yang dapat membantu kamu mengunduh video dari IG yaitu Downloadgram dan Instasave. Kedua aplikasi ini kami pilih karena kelebihan berikut:

  • Tidak perlu install aplikasi apapun
  • Dapat dijalankan di mayoritas browser
  • Diunduh langsung dari server IG (cdninstagram.com/fbcdn.net)

Cara Pakai Downloadgram dan Instasave

Sebenarnya, cara memakai kedua aplikasi ini sangat mudah dan hampir mirip penggunannya. Berikut tahapan-tahapan dasarnya:

  1. Buka Downloadgram / Instasave

    Buka situs Downloadgram.com atau Instasaveonline.com tergantung platform mana yang ingin Anda gunakan.

    Downloadgram

  2. Dapatkan url video Instagram

    Tahap selanjutnya yang cukup tricky adalah menemukan url video yang tepat untuk Anda salin. Jika kemu mengakses dari broser, kamu bisa copy tautan dari tanggal video tersebut. Format url Instagram yang valid adalah sebagai berikut: www.instagram.com/p/[Video-ID]/

    Copy Url Video Ig

  3. Tempelkan url tersebut di kolom Downloadgram/Instasave

    Tahap selanjutnya setelah url tersebut di-copy adalah dengan menempel atau mem-paste tautan pada kolom di halaman Dwonloadgram dan Instasave yang sudah kamu buka pada tahap nomor 1 dan tekan tombol “Download.

    Donwload Video Ig

  4. Klik Download a File di Instasave

    Jika kamu menggunakan instasave, ada satu tahap lagi yang perlu dilakukan yaitu dengan mencari link “Download a file” karena proses unduh akan berjalan setelah Anda mengklik link tersebut.

    Download A File Di Instasave

  5. Tips menghindari iklan di Downloadgram

    Jika pada klik pertama video yang Anda inginkan belum terunduh, Anda dapat kembali ke halaman tadi untuk mengklik kembali tombol Download tersebut. Hal ini dikarenakan, yang pertama diklik adalah tautan iklan dan bukan untuk menjalankan proses download video.

Perbedaan Downloadgram dan Instasave

Sebenarnya, dari cara kerja dan fungsi, kedua aplikasi ini tidak berbeda jauh. Namun, jika kalian penasaran dengan perbedaan keduanya, berikut beberapa perbedaan yang kami temukan:

  • Downloadgram mengunduh konten dari server Instagram (cdninstagram.com) sedangkan Instasave mengunduh dari server Facebook (fbcdn.net)
  • Cara mengunduh video di Downloadgram adalah dengan mengklik tombol “Download” dua kali karena link yang pertama adalah tautan iklan. Sedangkan mengunduh video dari Instasave membutuhkan kita untuk melakukan scroll ke bawah hingga muncul link “Download a file” untuk menajalnkan proses download.

Bagaimana, mudah saja bukan mengunduh video dari platform Instagram? Sekarang, kamu sudah bisa mengakses konten-konten dalam bentuk video secara offline di perangkat atau ponsel kesayanganmu. Jika kamu tertarik dengan tutorial ini, kamu juga bisa mengetahui lebih lanjut cara download video dari Facebook atau download video TikTok dengan Snaptik.app.

Sekian panduan singkat dari kami, yang perlu diingat, harap manfaatkan fitur ini dengan bijak ya. Pastikan kamu hanya mengunduh video dan materi yang bermanfaat saja untuk diakses, selamat mencoba!

Tutorial
SnapTik TikTok, Cara Mudah Download Video dari TikTok [+Fitur Lengkap]
Tutorial
Daftar Lengkap Kode USSD Rahasia untuk HP Xiaomi beserta Fungsinya
Tutorial
Cara Mudah Menggunakan Link2SD untuk Memindahkan Aplikasi Android