Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tutorial

Panduan Cara Mudah Menggunakan Zotero

Dengan Zotero Anda bisa menyimpan berbagai sumber data referensi yang digunakan sebagai perpustakaan digital pribadi. Kemudian Anda dapat membuat daftar pustaka secara otomatis. Bagi Anda yang masih belum paham cara menggunakan Zotero simak ulasan berikut.

Dalam membuat suatu karya tulis ilmiah, daftar pustaka adalah bagian yang tidak boleh dilupakan. Namun terkadang dalam pembuatannya tak jarang beberapa orang mengalami kesulitan, mungkin Anda salah satunya? Sebenarnya ada cara yang cukup sederhana juga cepat dalam pembuatan referensi dan daftar pustaka yaitu menggunakan Zotero.

Dengan Zotero Anda bisa menyimpan berbagai sumber data referensi yang digunakan dan menjadikan data tersebut sebagai perpustakaan digital pribadi. Kemudian dengan data tersebut Anda dapat membuat daftar pustaka secara otomatis. Bagi Anda yang masih belum paham cara menggunakan Zotero bisa simak ulasan berikut.

Versi Zotero dan Cara Pendaftarannya

1. Add-on

Karakteristik dari Zotero versi add-on adalah penggunanya disarankan untuk memakai browser Mozilla Firefox. Dan cara mendaftar Zotero menggunakan Mozilla Firefox yaitu:

  • Pastikan perangkat yang Anda gunakan telah tersambung ke jaringan internet.
  • Kemudian buka browser Mozilla Firefox dan kunjungi situs http://www.zotero.org.
  • Klik tombol Download yang berada di bagian kanan atas.
  • Tunggu hingga proses download selesai.
  • Setelah itu arahkan ke bagian install Zotero for Firefox.
  • Selanjutnya klik tombol Allow, kemudian carilah tombol Install.
  • Setelah menemukan tombol Install, klik tombol tersebut dan tunggu sampai selesai.

2. Standalone

Berbeda dengan add-on, Standalone merupakan aplikasi yang berdiri sendiri di Microsoft Windows. Untuk bisa mengakses Standalone, Anda perlu menggunakan konektor seperti Google Chrome, Firefox, atau Safari. Cara mengaktifkan standalone tak jauh berbeda dengan cara mengaktifkan add-on, yaitu:

  • Kunjungi situs www.zotero.org menggunakan browser pilihan Anda.
  • Selanjutnya klik tombol Download dan Anda akan diarahkan ke halaman baru.
  • Cari lalu klik tombol yang bertuliskan Zotero 4.0 for Windows.
  • Setelah itu ikuti saja perintah yang diberikan dan tunggu hingga proses download selesai.
  • Langkah selanjutnya adalah menghubungkan Zotero Standalone dengan browser yang Anda gunakan. Apabila Anda menggunakan Google Chrome maka instalasikan menggunakan Chrome, begitupun jika Anda menggunakan browser lainnya.
  • Jika proses instalasi berjalan lancar maka akan terlihat jendela baru Zotero connector di bagian kanan atas. Untuk mengaktifkannya Anda bisa menekan tombol Added to chrome.
Tampilan dan cara pakai aplikasi zotero / zotero.org

Cara Memasukkan Data ke Zotero

1. Cara Manual

Cara pertama untuk menambahkan data ke Zotero sangatlah mudah yaitu dengan menekan tombol New Item yang disimbolkan dengan tanda + (plus) di atas central panel. Setelah menekan tombol tersebut akan ditampilkan banyak pilihan sumber referensi.

Langsung saja klik pilihan sumber referensi sesuai yang Anda gunakan. Setelah itu Anda akan diarahkan ke sebuah form. Isilah form tersebut dengan data-data yang Anda peroleh dari sumber yang digunakan.

2. Menambahkan dari Internet secara Langsung

Cara kedua bisa dilakukan jika Anda menggunakan sumber dari internet. Setelah menemukan artikel yang tepat, Anda bisa menambahkannya langsung ke Zotero. Caranya hampir sama seperti cara sebelumnya yaitu menggunakan tombol New Item untuk menambahkan data baru.

3. Menambahkan dari PDF

Anda juga bisa menambahkan data dari PDF ke Zotero. Caranya tak kalah mudah dari dua cara sebelumnya. Pertama silakan buka windows explorer dan masuk ke Zotero.

Selanjutnya cari lokasi tersimpannya PDF yang akan digunakan. Setelah itu drag and drop file PDF ke panel aplikasi Zotero. Dan yang terakhir pilih retrieve metadata for PDF lalu data akan tersimpan otomatis.

Cara Mengelola Referensi

Data-data yang sudah ditambahkan ke Zotero bisa Anda kelola lagi, misalnya mengelompokkan data ke dalam sebuah folder. Jadi data-data tersebut akan tersusun dengan rapi dan memudahkan Anda saat akan menggunakannya kembali. Langkah-langkahnya tidak sulit yaitu:

Advertisement. Scroll to continue reading.
  • Tekan tombol New Collection yang terletak pada bagian kiri atas.
  • Kemudian akan ditampilkan papan ketik yang merupakan folder baru dan bisa diberi nama sesuai keinginan.
  • Setelah diberi nama simpan folder tersebut.
  • Lalu pindahkan sumber data sesuai kategori yang Anda buat dengan cara drag and drop.
  • Untuk mencari sebuah data, Anda bisa menggunakan fitur Pencarian yang berada di kanan atas atau menggunakan Advanced Search.

Adanya aplikasi Zotero memang sangat membantu dan memudahkan pembuatan sebuah karya tulis ilmiah. Sebab Zotero dinilai efektif untuk membantu pekerjaan editor dalam mengoreksi atau mencocokkan naskah, kajian, jurnal, maupun tulisan lain yang digunakan sebagai referensi sebuah karya tulis. Apakah sudah ditulis sesuai sumber atau sebaliknya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Daftar Harga

Seperti telah diketahui bahwa tol Surabaya-Probolinggo merupakan jalan lintas Trans Jawa yang berbayar. Berikut ini disajikan daftar tarif tol Surabaya Probolinggo terbaru 2020.

Daftar Harga

Perjalanan darat dari kota Surabaya menuju Jogja kini semakin mudah dengan adanya keberadaan jalan tol. Rute perjalanan dari Surabaya ke Jogja melalui jalan tol...

Daftar Harga

Pada dasarnya, huruf ‘R’ adalah lambang ukuran foto berdasar standar internasional ISO. Masyarakat umumnya, hanya mengenal beberapa jenis ukuran foto, seperti 2R, 4R, 10R,...

Daftar Harga

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 54/KPTS/M/2019, ditetapkan tarif tol untuk lintas Semarang-Pekalongan yang berlaku mulai tahun 2020.