Connect with us

Hi, what are you looking for?

Daftar Harga

Daftar Tarif Tol dalam Kota DKI Jakarta Terbaru 2020

Adanya kehadiran Tol DKI Jakarta membuat pengemudi bisa merasakan mobilitas perjalanan yang efisien. Hal ini didukung dengan banyaknya tujuan jalan Tol yang tersedia di dalam DKI Jakarta. Mulai dari arah jalan Tol Cawang – Tomang – Pluit hingga Cawang – Tanjung Priok – Ancol Timur – Jembatan Tiga. Semua jalan Tol ini dapat membantu Anda dalam mempersingkat waktu perjalanan.

Banyaknya pengemudi yang menggunakan jalan Tol dalam kota DKI Jakarta, membuat Anda juga dapat memilih jalan tol ini sebagai jalur alternatif. Tarif kendaraan yang dibanderol juga bervariasi tergantung dengan golongan atau jenis kendaraan yang digunakan dalam melewati jalur Tol tersebut. Selain itu, informasi ini juga sangat bermanfaat bagi Anda yang berencana menggunakan jalur Tol DKI Jakarta.

Tarif Tol Jalan Cawang – Tomang – Pluit dan Cawang – Tanjung Priok – Ancol Timur –Jembatan Tiga atau Pluit

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh PT Jasa Marga (Persero) selaku pengelola jalur Tol di DKI Jakarta menyebutkan bahwa terjadi kenaikan untuk golongan kendaraan I dan II sejak 31 Januari 2020. Kenaikan harga tarif Tol dalam kota DKI Jakarta ini berkisaran Rp. 500 hingga Rp. 3.500. Namun, terdapat juga penurunan tarif untuk golongan III, IV, dan V.

Adanya penurunan untuk harga tarif Tol dalam kota DKI Jakarta termasuk sangat signifikan dari biaya sebelumnya, yakni mencapai 10,53% khusus golongan IV (empat) dan 26,09% untuk Golongan V (lima). Penurunan tarif ini bertujuan agar kendaraan logistik dapat mengurangi beban biaya yang diperlukan dalam transportasi.

Berikut ini daftar lengkap tarif Tol dalam kota DKI Jakarta terbaru 2020 berdasarkan jenis atau golongan kendaraan yang digunakan oleh pengemudi.

  • Golongan I:  Jenis kendaraan Sedan, Truk Kecil atau Pick Up, dan Bus dibanderol dengan harga sebesar Rp10.000,-
  • Golongan II: Jenis kendaraan Truk model dua gandar dibanderol dengan harga sebesar Rp15.000,-
  • Golongan III: Jenis kendaraan Truk model tiga gandar dibanderol dengan harga sebesar Rp15.000,-
  • Golongan IV: Jenis kendaraan Truk model empat gandar dibanderol dengan harga sebesar Rp17.000,-
  • Golongan V: Jenis kendaraan Truk model lima gandar dibanderol dengan harga sebesar Rp17.000,-
tol lingkar dalam kota dki jakarta
tol lingkar dalam kota dki jakarta

Penurunan harga tarif kendaraan ini diklaim sebagai keuntungan yang nantinya bisa dirasakan oleh masyarakat dari berbagai sektor. Ruas tol ini juga sudah terhubung dengan berbagai wilayah yang tentunya semakin memudahkan Anda dalam mencapai akses tempat tersebut. Seperti ruas jalan Tol Jakarta – Cikampek, Tol Jagorawi, Tol Dr. Ir. Soedijatmo, Tol Tangerang, dan Tol untuk akses Tanjung Priok.

Jakarta Inner Ring Road atau Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta terbagi menjadi tiga bagian yang dioperasikan oleh PT Citra Marga Nusapala Persada Terbuka dan PT Jasa Marga (Perseroan) Terbuka. Jalur Tol ini dibangun dengan menggunakan metode konstruksi Sosrobahu yang merupakan teknik asli dari perancang Indonesia. Hal ini menjadikan jalan Tol JIRR sebagai jalan layang terpanjang di Jakarta.

Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta ini memiliki panjang mencapai 45.3 Km atau 28,1 mil. Dibangun pertama kali pada tahun 1988 menjadikan jalan tol JIRR sebagai jalan layang pertama yang dimiliki Indonesia. Jalan Tol ini juga sudah dipenuhi dengan 59 CCTV dan 24 unit VMS atau Variable Message Sign yang dipantau secara langsung selama 24 Jam.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berikut ini rincian akses atau rute jalur yang bisa Anda gunakan dalam melintasi Tol dalam kota DKI Jakarta.

  • Jika Anda ingin masuk dari arah timur atau Gerbang Tol Cawang, maka dapat mengakses jalan MT Haryono dan Otto Iskandardinata.
  • Sementara untuk arah masuk Tebet, Anda dapat keluar menuju Pancoran dengan KM 4,3.
  • Kemudian untuk masuk dari Kuningan, maka dapat mengakses Gerbang Tol Kuningan 1 atau Kuningan 2 dengan arah jalan Jend. Gatot Subroto, jalan H.R. Rasuna Said, dan jalan Kapten Tendean.
  • Sementara untuk Ruas jalan Tanjung Priok – Pluit, terdapat 6 gerbang tol yang dapat dipilih. Semua gerbang ini memiliki KM mulai dari 13 hingga 25 untuk arah jalan keluar.

Adanya daftar tarif Tol dalam kota DKI Jakarta terbaru 2020, membuat Anda bisa memperkirakan biaya yang diperlukan dalam melintasinya. Pastikan jenis kendaraan yang digunakan sesuai dengan ketentuan golongan yang berlaku agar dapat menyesuaikan harga untuk membayar kendaraan di gerbang Tol. Jangan lupa untuk selalu mengecek saldo elektrik sebagai alat pembayaran dalam melintasi jalur Tol.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Daftar Harga

Seperti telah diketahui bahwa tol Surabaya-Probolinggo merupakan jalan lintas Trans Jawa yang berbayar. Berikut ini disajikan daftar tarif tol Surabaya Probolinggo terbaru 2020.

Daftar Harga

Perjalanan darat dari kota Surabaya menuju Jogja kini semakin mudah dengan adanya keberadaan jalan tol. Rute perjalanan dari Surabaya ke Jogja melalui jalan tol...

Daftar Harga

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 54/KPTS/M/2019, ditetapkan tarif tol untuk lintas Semarang-Pekalongan yang berlaku mulai tahun 2020.

Daftar Harga

Pada dasarnya, huruf ‘R’ adalah lambang ukuran foto berdasar standar internasional ISO. Masyarakat umumnya, hanya mengenal beberapa jenis ukuran foto, seperti 2R, 4R, 10R,...