Tutorial

YouTube Restricted Mode, Cara Aman Batasi Akses Video untuk Anak


Menjadi orang tua di era pandemi saat ini bukanlah hal mudah. Kita harus dapat menjadi pengawas sekaligus pendamping aktivitas anak yang mau tidak mau banyak dihabiskan di rumah selama pandemi Covi-19 masih mengintai.

YouTube sebagai salah satu media favorit anak untuk membunuh kebosanan selama tren di rumah aja tentu memberikan efek samping yang baru. Selain frekuensi menatap layar jadi meningkat signifikan, jenis-jenis konten video YouTube yang diakses anak boleh jadi sangat beragam.

Aman Mengawasi Video Youtube Untuk Anak
Aman Mengawasi Video Youtube Untuk Anak

Oleh karenanya, penting kita sebagai orang tua untuk turut memperhatikan serta membatasi konten yang dapat diakses oleh anak atau peserta didik yang ada dalam tanggung jawab kita. Lewat tulisan ini, kami akan memberikan panduan singkat bagaimana cara mengaktifkan fitur YouTube Restricted Mode pada satu akun Gmail agar video yang dapat diakses anak dapat dibatasi sesuai dengan usianya.

Cara Aktivasi YouTube Restricted Mode

Untuk mengaktifkan fitur pembatasan konten video pada platform YouTube tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Hal ini dikarenakan fitur tersebut sebenarnya sudah disediakan lansung oleh penyedia platform video sharing ini. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Siapkan akun gmail

    Pertama-tama, Anda harus menyiapkan akun gmail yang akan digunakan untuk login di aplikasi atau situs YouTube. Dengan cara ini, jika anak mengakses YouTube tanpa login, maka YouTube restricted mode tidak akan aktif.

    Login Gmail

  2. Login via situs Youtube

    Langkah kedua ialah masuk ke aplikasi atau situs YouTube menggunakan akun gmail yang telah disiapkan. Setelah login, klik gambar profile di pojok kanan atas dan scroll menu dropdown hingga ada opsi Mode Terbatas atau Restricted Mode di bagian paling bawah.

    Aktivasi Youtube Restricted Mode

  3. Aktifkan mode terbatas

    Selanjutnya, klik opsi Mode terbatas dan aktifkan toggle menu yang muncul hingga berwarna biru seperti gambar dibawah ini.

    Toggle Yotube Restricted

  4. Kunci mode terbatas di browser

    Untuk mencegah fitur ini dinon-aktifkan dengan mudah, Anda perlu mengunci opsi restricted mode pada browser. Caranya adalah dengan mengklik tautan Kunci Mode Terbatas di Browser ini.

    Kunci Mode Terbatas

  5. Pastikan YouTube restricted mode telah terkunci

    Jika semua tahapan diatas selesai dilakukan, maka YouTube restricted mode Anda sudah aktif dan tidak bisa diubah kecuali akun Gmail tersebut harus login kembali.

Cara Setting di Aplikasi YouTube

Untuk pengaturan di aplikasi YouTube pada ponsel Android/iOS, cara mengaktifkannya juga tidak terlalu rumit. Anda cukup klik foto profile di pojok atas aplikasi, pilih Settings, klik menu General, lalu aktifkan toggle Restricted mode di bagian bawah menu seperti gambar berikut ini:

Restricted Mode On Youtube Apps
Restricted Mode on Youtube Apps

Jika sudah mengikuti ketiga tahapan diatas, akun YouTube yang ada pada aplikasi Android Anda kemungkinan besar akan aman dari konten tak senonoh dan yang semacamnya.

Tutorial
Cara Mudah Menggunakan Link2SD untuk Memindahkan Aplikasi Android
Tutorial
Cara Menggunakan Samsung Pay dengan Akun DANA [Complete Guide]
Tutorial
SnapTik TikTok, Cara Mudah Download Video dari TikTok [+Fitur Lengkap]
There are currently no comments.