Menjalankan bisnis kini jauh lebih mudah karena telah didukung dengan banyak teknologi mutakhir. Jika dahulu kita masih mengandalkan kalkulator untuk menghitung total pembelanjaan dan jumlah kembaliannya. Maka kini ada aplikasi kasir online yang bisa membantu melakukan hal tersebut secara efisien dan akurat.

Namanya adalah point of sale, ada yang sudah tahu?

Pengertian Point of Sale

Memiliki sebuah mesin point of sale akan sangat membantu proses kinerja di garda depan toko maupun restoran. Point of sale merupakan titik akhir dari perjalanan belanja seorang pelanggan di mana dia akan bertemu dan berhadapan langsung dengan meja kasir.

Pada POS, petugas kasir yang bertanggung jawab akan menghitung seluruh belanjaan dan menawarkan pilihan pembayaran bagi pelanggan. Setelah pembayaran diselesaikan, pelanggan akan memperoleh bukti transaksi belanja (struk).

Aplikasi kasir online merupakan sebuah aplikasi populer yang memungkinkan pelaku bisnis untuk memperoleh fungsional kasir pada umumnya sekaligus mendapatkan fitur lainnya. Bisa dibilang jika aplikasi kasir online bertindak sebagai akuntan sekaligus juru tulis yang sangat hebat.

Menariknya, aplikasi kasir ini tidak hanya bisa dioperasikan di pusat perbelanjaan saja, tapi turut digunakan di restoran maupun bisnis skala menengah ke bawah lainnya. Sehingga, semua pelaku bisnis bisa merasakan kemajuan teknologi yang sedang bergejolak di Indonesia.

Daftar Aplikasi POS Terbaik di Indonesia

Membuat konsumen lama menunggu ketika proses pembayaran bukanlah tindakan yang tepat dan menyenangkan. Bahkan bagi beberapa pelanggan dinilai sebagai perilaku kurang profesional. Agar tidak mendapatkan complain dari pelanggan karena lamanya proses pembayaran, pastikan pilih aplikasi POS yang tepat.

1. Mokapos

Tepat di urutan pertama ada Mokapos. Aplikasi sistem kasir ini cocok sekali bagi mereka yang menjalankan usaha kecil hingga kelas menengah. Menariknya lagi aplikasi ini bisa dijalankan secara mobile.

Sebagaimana aplikasi POS pada umumnya, pengguna Moka akan memperoleh banyak fitur yang bermanfaat untuk menjalankan bisnis dan inventory. Tidak hanya membantu menghitung harga, Moka juga turut membantu mengklasifikasikan produk, melihat berapa sisa stok, bahkan membuat laporan bisnis kapan saja saat kita membutuhkannya.

Melalui Moka, konsumen dapat membayar barang yang dibelinya dengan alat pembayaran credit maupun debit card dari berbagai bank populer di Indonesia, jadi tidak harus selalu menyediakan uang tunai. Tidak heran jika beberapa retail, restoran dan tempat lainnya seringkali menyediakan mesin EDC untuk transaksi menggunakan kartu.

Di Moka turut tersedia fasilitas maintenance manajemen dan karyawan termasuk melihat feedback positif dan negative yang diberikan oleh konsumen. Cara mengoperasikan aplikasi Moka pun sangat mudah, cukup install dan mendaftarkan diri saja.

2. Pawoon

Sebelum memutuskan instalasi Pawoon, ketahui lebih dahulu jika aplikasi kasir online ini memiliki dua versi yakni versi free dan berbayar. Anda yang benar-benar serius membutuhkan fungsional dari aplikasi ini maka dianjurkan untuk menggunakan Pawoon berbayar yang lebih banyak fitur di dalamnya.

Aplikasi Pawoon bekerja secara responsive mencatat transaksi keuangan, melakukan customer relation management, meningkatkan trafik hubungan baik dengan para pelanggan bahkan merancang marketing strategy. Tidak berhenti sampai disitu, kini Pawoon telah memiliki fitur tambahan yakni laporan keuangan.

Melalui fitur tersebut, pelaku bisnis memiliki kesempatan untuk mengajukan kredit dan disetujui oleh bank. Karena Pawoon telah mengantongi izin kerjasama dengan Bank Mandiri. Jadi bila ada kekurangan modal untuk memperbesar usaha, bisa melengkapi persyaratan peminjaman dan menggunakan fasilitas dari Pawoon.

3. Olsera

Aplikasi kasir yang juga populer di kalangan pelaku bisnis tanah air adalah Olsera. Olsera memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan lebih fleksibel, baik melalui PC/tablet maupun smartphone. Aplikasi ini bisa diunduh oleh siapapun baik yang memiliki ponsel android maupun iOs.

Ada banyak keuntungan yang bisa kita peroleh saat menggunakan Olsera, di mana pelaku usaha bisa melakukan aktivitas penjualan di dua dimensi yang berbeda yakni di dunia maya dan secara offline.

Mereka tidak hanya merancang sistem kasir yang profesional tapi turut merambah layanan online shop. Meskipun dijalankan dengan cara yang berbeda, sinkronisasi data penjualan dan transaksi pembayaran kasir akan tetap ditampilkan dengan akurat.

Fitur lain yang bisa kita peroleh adalah laporan real time. Lantas, bagaimana cara mengoperasikan aplikasi kasir Olsera pada retail maupun restoran?

  • Optimal Restoran

Sebelum mengeluarkan total harga yang perlu dibayar oleh pelanggan, aplikasi akan menghitung seberapa cepat kemampuan yang dimiliki restoran dalam melayani konsumen. Selain itu, Olsera memungkinkan pembayaran dilakukan secara terpisah atau digabung.

Jadi bila ada pelanggan yang datang secara berkelompok dan ingin bayar masing-masing, aplikasi ini mampu mewujudkannya. Masih ada fitur manajemen meja, mendistribusikan pesanan ke meja kasir bahkan pencatatan menu tambahan. Dan fitur paling oke yakni menampilkan display pesanan ke dapur dan ke bar.

  • Optimal Retail

Cara operasional aplikasi Olsera pada retail jauh lebih singkat, Anda hanya perlu mendaftarkan nomor barcode berbagai produk yang Anda jual sehingga sistem bisa mencarinya dengan mudah ketika dibutuhkan. Aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencatat nomor IMEI dari berbagai produk.

Selain berfungsi dengan baik di retail dan restoran, aplikasi kasir online ini sebenarnya masih bisa digunakan di berbagai tempat termasuk café.

Perbandingan Harga

Penemukan aplikasi kasir online tentu bukan tanpa alasan. Perkembangan teknologi yang maju membuat kita ingin semuanya berjalan lebih cepat. Mau pergi ke suatu tempat cukup hubungi GOJEK, mau membayar tagihan listrik atau indihome bisa dilakukan melalui aplikasi DANA.

Maka ketika berhadapan dengan pengelolaan kasir di toko, restoran maupun kedai kita juga ingin dilayani dengan cepat. Apalagi jika tokonya sangat ramai, menghitung secara manual atau menggunakan kalkulator dirasa terlalu lama. Apalagi di pusat perbelanjaan yang menggunakan sistem pembacaan barcode.

Bila masih bingung mau menggunakan jasa aplikasi kasir online yang mana. Maka penting bagi Anda untuk mengetahui berapa perbandingan harga yang mereka tawarkan. Faktanya, ketiganya memang sangat bermanfaat dan memiliki daya fitur yang sangat lengkap.

Bila ditilik dari informasi pribadi di halaman situs resmi mereka. Kita bisa membandingkan berapa kisaran harganya.

  • Mokapos menawarkan layanan mereka dengan harga sekitar Rp. 250 ribu/bulan atau kurang lebih 2 juta 100 ribu/tahun.
  • Pawoon memiliki harga jual yang nilainya sangat tipis dari Moka yakni Rp. 249 ribu/bulan.
  • Olsera yang paling bonton menawarkan harga layanan yang jauh lebih terjangkau dari kedua pesainnya Rp. 198 ribu/bulan atau setara dengan Rp. 1 juta 498 ribu/tahun.

Siapa bilang bekerja sebagai kasir itu mudah? Selain harus pandai matematika seorang kasir juga harus pandai dan menguasai sistem aplikasi kasir online. Karena mayoritas toko saat ini menggunakan sistem pembayaran dengan aplikasi tersebut.

Rasanya jarang sekali ada restoran yang masih menggunakan kalkulator sebagai alat pembayaran. Bahkan kini ada banyak toko kelontong yang turut menggunakan aplikasi kasir online guna mengelola toko-toko kelontong yang dimilikinya tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Jika Anda tidak berani mengikuti arus kemajuan teknologi, maka Anda hanya akan jauh tertinggal dan menjadi orang yang terbelakang atau miskin ilmu. Jadi ikuti terus perkembangannya dan jika mampu jalanlah berdampingan dengannya.

There are currently no comments.