Siapa yang tidak kenal dengan Alibaba, platform supplier internasional yang berasal dari negara China daratan ini telah menjadi marketplace nomor satu di dunia. Dengan segenap nama besarnya, ternyata tidak semua supplier dapat menjual produk mereka lewat Alibaba. Hal ini dikarenakan, prasyarat untuk dapat listing di Alibaba cukup ketat dan lagi memerlukan biaya langganan yang tidak murah.

Oleh sebab itu, banyak supplier produk-produk potensial terutama yang berasal dari Tiongkok memilih untuk berjualan di 1688.com, anak usaha Alibaba yang khusus diperuntukkan untuk market lokal China. Lewat situs 1688.com, kita dapat memilih dan mencari supplier yang dapat memenuhi order dalam jumlah yang relatif sedikit, tidak seperti Alibaba yang menetapkan minimum order dalam jumlah besar (bulk quantity).

Marketplace 1688
Marketplace 1688

Satu kekurangan yang sangat mencolok saat kita mengakses situs 1688.com adalah tidak adanya pilihan bahasa kecuali Mandarin. Tidak hanya bahasa situs, bahkan jika kita sudah mendapatkan calon supplier potensial, kebanyakan dari admin pihak suppliernya pun tidak dapat menjawab dengan bahasa inggris yang fasih.

Oleh karenanya, lewat tulisan ini Karinov akan meberikan tips dan trik bagaimana cara belanja di 1688 dengan merubah bahasanya secara semi-otomatis dan mudah diaplikasikan.

Ganti Bahasa Situs 1688.com

Panduan singkat ini memerlukan browser Chrome versi terbaru saat Anda mengakses situs 1688.com. Jika Anda belum memilikinya di PC/laptop Anda, disarankan untuk menginstallnya terlebih dahulu agar dapat mengikuti langkah-langkah berikut dengan seksama:

  1. Install ekstensi G Translator

    Pertama-tama, Anda harus menginstall ekstensi penerjemah G Translator di browser Google Chrome. Ekstensi ini berguna untuk mengubah bahasa pada kata-kata yang Anda inginkan termasuk kata-kata di iframe yang tidak bisa ditranslasi otomatis oleh fitur Google Translate bawaan browser.

    G Translate

  2. Atur bahasa terjemahan

    Jika ekstensi Google Translate sudah terpasang, pilih bahasa yang ingin Anda tampilkan di situs 1688. Anda dapat memilih pilihan bahasa Indonesia atau opsi default yaitu English.

    Pilihan Pengaturan

  3. Buka situs 1688.com

    Tahap selanjutnya adalah membuka situs 1688.com lalu arahkan kursos Anda ke pojok kanan dari address bar browser. Klik logo Google Translate disana dan pilih tab bahasa Inggris dan checklist di opsi Always translate Chinese (simplified).

    Atur Bahasa Otomatis

  4. Klik tombol registrasi

    Jika sebagian halaman sudah tampil dalam bahasa Inggris, maka cari tombol Free Registration di bagian kanan situs. Setelahnya Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran sebagai member 1688.com.

    Registrasi Di 1688

  5. Daftar personal account

    Jika kamu hendak berbelanja sebagai pribadi, sebaiknya Anda memilih opsi personal account. Jangan lupa juga manfaatkan fitur Google Translate dengan cara sort kata-kata yang ingin diterjemahkan dan klik logo tersebut. Gunakan nomor lokal China (+86) untuk mendaftar di tahap ini agar memudahkan proses pembuatan akun 1688 kamu.

    Tombol Ekstensi Google Translate

  6. Ikuti langkah-langkah registrasi dan mulai berbelanja

    Di tahap ini, ekstensi Google Translate yang tadi kita install akan sangat bermanfaat. Karena bagian-bagian bahasa Mandarin yang tidak bisa ditranslasi otomatis oleh browser dapat kita sort untuk menampilkan versi terjemahannya.

    Hasil Terjemah Per Elemen

  7. Mulai berbelanja di 1688

    Gunakan cara seperti pada tahap nomor 5 dan 6 saat memilih produk serta menghubungi supplier produk di situs 1688.com dengan cara block bahasa Mandarin yang ingin kita lihat arti atau terjemahannya. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir lagi akan bahasa Mandarin yang tidak bisa kita mengerti di situs 1688.

Bagaimana, mudah saja bukan untuk mengakses situs 1688 (Alibaba versi Mandarin) dengan alih bahasa yang cukup akurat dan dapat dipercaya? Walau memang berbelanja produk langsung dari supplier luar negeri tentu lebih menantang dan memiliki banyak resiko.

Selain itu, metode pembayaran yang didukung oleh situs 1688 juga boleh dibilang tidak populer. Anda tidak bisa menggunakan international payment yang biasa digunakan di dunia ekspor-impor. Diantara opsi yang ditawarkan adalah pembayaran menggunakan Alipay, transfer bank domestik, atau WeChat.

Memang tidak mudah untuk berbelanja secara langsung di 1688.com, butuh keahlian serta pengalaman untuk menemukan mana supplier yang bisa diandalkan dari sisi kualitas produk dan kemudahan komunikasi. Tutorial singkat diatas hanya salah satu tips sederhana yang bisa memudahkan Anda saat ingin mengakses situs 1688 dalam bahasa yang lebih familiar. Semoga bermanfaat!

There are currently no comments.