Saat ini sedang viral istilah sound of text WhatsApp. Ada yang pernah mendengar istilah satu ini? Layanan satu ini memungkinkan Anda untuk mengkonversi teks menjadi suara dan menjadikannya nada dering untuk aplikasi WhatsApp. Menarik sekali, bukan?

Untuk melakukan cara ini Anda bahkan tidak memerlukan aplikasi sama sekali. Ada banyak aplikasi berbasis web yang bisa dipilih untuk mendapatkannya, seperti soundoftext.com dan voiceoftext.com. Kedua situs tersebut menjadi destinasi terpopuler pengguna WA beberapa waktu belakangan ini.

Cara Membuat Nada Dering Suara Google dengan Sound of Text WhatsApp

Jika Anda masih bingung, sound of text ini cara kerjanya sangat mirip dengan Google Translate. Jadi Anda hanya perlu mengetikan beberapa kata singkat dan situs akan mengkonversinya menjadi suara. Jenis bahasa yang dipilih juga sangat beragam.

Semua pengguna internet pasti tidak asing dengan Google Voice. Suara seorang wanita yang terdengar kaku dan dingin, persis seperti robot. Suara ini menjadi salah satu jenis nada dering terpopuler beberapa waktu belakangan ini. 

Di situs soundoftext.com, Anda juga bisa mendapatkan bentuk suara seperti itu. Cara mendapatkannya juga tidak sulit sama sekali, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini sampai tuntas. Berikut langkah-langkah yang harus diikuti:

Buat Nada Dering Sound Of Text Wa
Buat Nada Dering Sound Of Text Wa
  1. Pertama, Anda hanya perlu membuka situs soundoftext.com.
  2. Setelah masuk ke situs tersebut, Anda akan menemukan dua kolom yakni kolom text dan voice
  3. Pada kolom text, isikan dengan kata-kata yang ingin dikonversi menjadi suara
  4. Kemudian pada kolom voice,pilih bahasa yang diinginkan untuk keluaran suara tersebut
  5. Langkah terakhir, langsung saja klik submit.
  6. Kalau sudah, Anda hanya tinggal mengunduh file suara tersebut dalam format MP3.
  7. Caranya mudah saja, klik tombol download yang ada di bagian bawah.
  8. Secara otomatis, file MP3 dari suara tersebut akan masuk ke penyimpanan smartphone Anda.
Cara Download Mp3 Sound Of Text Wa
Cara Download Mp3 Sound Of Text Wa

Proses selesai dan selanjutnya Anda hanya tinggal menjadikan file MP3 tersebut sebagai nada dering atau notifikasi WhatsApp. Mudah sekali, bukan? Pikirkan kata-kata yang unik dan lucu supaya notifikasi Anda semakin keren.

Sound of Text WA dengan Bahasa Jawa dan Sunda

Menggunakan situs soundoftext.com memang cukup mudah. Namun, ada kekurangan yang dimiliki oleh situs tersebut. Salah satunya adalah ketiadaan bahasa daerah di dalam situsnya. Tapi tenang saja karena ternyata ada rekomendasi situs lain yang bisa Anda pilih.

Nama situs tersebut adalah voiceoftext.com. Situs satu ini menyediakan layanan konversi text to voice menggunakan bahasa Jawa dan Sunda. Cara penggunaannya juga sama sekali tidak sulit. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Download Sound Of Text Wa
Cara Download Sound Of Text WhatsApp MP3
  1. Pertama, Anda hanya perlu membuka aplikasi Google Translate Sunda atau Jawa dari yang dapat diakses dilaman berikut ini: https://www.voiceoftext.com/p/sound-of-text-wa.html
  2. Kemudian, langsung saja ketikkan teks berbahasa Jawa atau Sunda yang Anda pikirkan pada kolom yang tersedia.
  3. Langsung saja, klik opsi convert to voice yang ada di bagian bawahnya.
  4. Tunggu sejenak hingga proses konversi selesai.
  5. Kalau sudah, langsung saja klik tombol download yang ada di pinggir kolom tersebut.
  6. Klik ikon play pada audio player.
  7. Setelah itu, langsung saja klik opsi download untuk mengunduh file MP3 yang sudah dibuat tersebut.
  8. Secara otomatis suara dalam format MP3 akan masuk ke dalam penyimpanan Anda. Cek saja di folder download yang tersedia.

Bagaimana? Cara yang cukup mudah untuk mendapatkan file suara Jawa dan Sunda ini di voiceoftext.com. Selanjutnya, Anda bisa menjadikan file MP3 tersebut sebagai nada dering atau notifikasi WA. Bisa juga untuk melengkapi konten lainnya, seperti TikTok atau Youtube.

Download Sound of Text WA MP3 Keren dan Unik

Berikut Karinov sediakan beberapa contoh file mp3 sound of text wa untuk dipasang di aplikasi WhatsApp. Silakan dengarkan dengan menekan tombol Play atau langsung unduh dengan mengklik tombol titik tiga lalu tekan Download.

Sound mp3 doraemon
Sound mp3 spongebob
Sound mp3 Nani!
Sound mp3 Chagiya muncha washo

Cara Buat Nada Dering Sound of text WA

WhatsApp adalah aplikasi yang sangat populer beberapa waktu belakangan ini. Ada banyak sekali fitur menarik yang ada di dalam aplikasi ini. Salah satunya adalah mengganti nada dering dengan suara yang menarik. Namun, ternyata cara ini tidak bisa dilakukan secara otomatis.

Untuk menambahkan nada dering di WA, ada metode khusus yang harus dilakukan. Tidak sulit, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya sampai tuntas. Ada beberapa cara yang bisa dicoba. Langsung saja ikuti panduan settingnya di bawah ini:

#1 Tambah Nada Dering WA dari File MP3

Cara pertama adalah memindahkan file MP3 secara langsung ke direktori notifikasi seluruh aplikasi smartphone Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

Folder Notifications Di Android Untuk Nada Dering
Folder Notifications Di Android Untuk Nada Dering
  1. Pertama, Anda hanya perlu mengakses penyimpanan pada smartphone.
  2. Klik aplikasi file manager pada smartphone Anda. Pada smartphone lain ada juga yang menamainya file explorer.
  3. Setelah itu, langsung saja pilih penyimpanan internal atau internal storage.
  4. Temukan folder notification pada file manager tersebut. Jika kesulitan, Anda bisa membuat folder dengan nama yang sama.
  5. Cara lainnya, kamu bisa masuk ke Settings di Android, cari Ringtone di bagian Sounds and Vibrations, lalu klik tanda cross (+) yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya, tinggal pilih file mp3 sound of text yang sudah kamu buat.
Menambahkan Nada Dering Di Pengaturan Android
Menambahkan Nada Dering Di Pengaturan Android
  1. Kamu bisa juga masukkan file MP3 yang sudah diunduh ke dalam folder Notifications tersebut. Caranya juga sangat mudah, pertama buka file manager.Kemudian, klik folder download.
  2. Temukan file MP3 yang sudah diunduh. Klik menu pilih di pojok kanan atas.
  3. Berikan tanda centang pada file MP3.
  4. Klik tanda titik tiga di atas, pilih opsi salin.
  5. Kembali pada folder notifikasi,klik tanda titik tiga di atas kemudian klik tempel.

Proses pemindahan file selesai. Kini Anda bisa menggunakan notifikasi voice of text yang sudah dibuat menjadi nada dering atau notifikasi WA.

#2 Cara Alternatif Ubah Nada Notifikasi Sound of text

Jika Anda tidak mau menggunakan cara sebelumnya, masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Berikut ini penjelasannya:

  1. Pertama, Anda hanya perlu membuka aplikasi alarm pada smartphone.
  2. Kemudian, Anda bisa langsung membuka pengaturan alarm tersebut.
  3. Klik menu ‘suara alarm‘ di dalamnya.
  4. Setelah muncul berbagai deretan nada dering untuk alarm, klik opsi tambah yang ada di bagian kanan atas.
  5. Pilih file MP3 sound of text yang sudah Anda buat sebelumnya.
  6. Tambahkan suara tersebut lalu jadikan sebagai nada dering alarm.
  7. Setelah itu, Anda bisa langsung menutup alarm.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, secara otomatis file MP3 tersebut akan masuk ke deretan notifikasi default dari berbagai aplikasi. Aplikasi yang dimaksud juga termasuk WhatsApp. Bagaimana? Ternyata, kedua cara tersebut cukup mudah untuk dilakukan. 

Tetapi, ternyata cara ini belum selesai. Anda masih tetap harus melakukan setting pada aplikasi WA itu sendiri untuk mengaktifkan nada dering voice to text yang sudah dibuat. Tapi, tenang saja karena caranya sama sekali tidak sulit. 

Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp

Untuk mengganti nada dering di WhatsApp Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana saja. Pasalnya, sekarang nada dering voice to text yang dibuat sudah masuk ke dalam notifikasi default. Langsung saja ikuti panduannya di bawah ini:

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp pada smartphone Anda.
  2. Kemudian, buka opsi pengaturan pada aplikasi WA.
  3. Langsung saja pilih menu notifikasi yang ada di dalamnya.
  4. Kemudian, ubah nada dering notifikasi sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga bisa mengubah nada dering pesan pribadi, panggilan dan video call, serta pesan grup.
  5. Anda akan dibawa ke pilihan berbagai notifikasi menarik di WhatsApp.
  6. Temukan file voice to text yang sudah Anda masukkan sebelumnya. Klik file tersebut
Menu Notif Untuk Pasang Sound Of Text Wa
Menu Notif Untuk Pasang Sound Of Text Wa

Kini notifikasi WhatsApp Anda sudah berubah. Setiap kali ada pemberitahuan dari WhatsApp, maka file voice to text yang sudah disiapkan sebelumnya akan berbunyi secara otomatis. Tentunya hal ini akan membuat nada dering Anda semakin keren dan unik.

Kendala yang Biasa Muncul dan Cara Mengatasinya

Dalam proses perubahan nada dering WA ini seringkali ada kendala yang muncul. Mari kita bahas hal ini satu persatu dan cara mengatasinya:

Mengapa sound of text suara nada dering saya tidak muncul?

Kemungkinan besar smartphone Anda dalam kondisi silent, silakan perbesar volumenya. Kemudian, cek kembali nada dering WhatsApp yang sudah Anda setting sebelumnya.

Kenapa Sound of text tetap tidak ada di dalam opsi notifikasi?

Mungkin ada langkah yang terlewat, ulangi lagi metode di atas. Kami memberikan cara pertama dan kedua karena ada beberapa smartphone yang kompatibel dengan salah satu dari cara di atas.

Untuk hasil yang lancar dan tanpa kendala apapun, lakukan cara-cara di atas dengan sistematis. Jangan sampai ada kesalahan apapun karena ini akan menyebabkan terjadinya beberapa kondisi di atas. Pastikan bahwa tidak ada langkah yang terlewat supaya notifikasi WA bisa berubah.

Author

Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya.