Dikarenakan banyaknya pertanyaan yang masuk terkait cara pembayaran PNPB untuk pemesanan voucher AHU Online, maka kami berikan panduan cara pembayarannya melalui tulisan ini. Voucher AHU Online ini diantaranya dapat digunakan untuk pemesanan nama pada saat pendirian perusahaan, yayasan maupun perkumpulan.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa, cara pembayaran PNBP melalui metode di bawah ini berlaku untuk umum. Sedangkan untuk notaris dilakukan melalui aplikasi YAP BNI dengan nomor rekening yang sudah terdaftar pada KTA (Kartu Tanda Anggota Notaris).

Prosedur Pembayaran PNBP

1. Masuk ke laman pembelian voucher di SIMPADHU [ahu.go.id/billing]

2. Input sesuai tujuan Anda memesan nomor voucher dan masukkan email aktif Anda karena notifikasi pembayaran akan dikirimkan melalui email

3. Jika semua data sudah terinput, maka Anda akan menerima Bukti Pemesanan Nomor Voucher yang didalamnya terdapat kode voucher. Download bukti pemesanan tersebut dalam format pdf.

4. Sampai pada tahap ini, Anda tinggal memilih metode pembayaran PNBP untuk kode voucher Anda.

Jika Anda memilih untuk membayarkannya via teller Bank BNI, sepengalaman penulis, pihak teller akan meminta Anda untuk mencetak bukti pemesanan terlebih dahulu baru pembayaran PNBP Anda akan diproses.

Cukup ribet bukan? Oleh karena itu, Anda bisa melakukan dengan cara kedua di bawah ini yaitu lewat ATM BNI.

Pembayaran PNBP lewat ATM BNI

Pembayaran PNBP lewat ATM BNI sangat kami rekomendasikan, salah satunya karena status pembayaran voucher Anda akan berubah secara otomatis tanpa harus melakukan konfirmasi pembayaran.

Tahapannya pun sangat mudah, setelah masuk ke dalam menu utama mesin ATM Anda hanya perlu mengikuti tahapan singkat berikut:

  • Masukkan kartu ATM dan pinnya ke dalam mesin ATM
  • Pilih menu lain, biasanya ada di pojok kiri layar
  • Selanjutnya, pilih menu pembayaran
  • Di halaman pembayaran, pilih menu Pajak/PNBP/Beacukai
  • Masukkan nomor billing berupa 15 digit kode voucher Anda (yang diawali 82xx)
  • Anda akan melihat tampilan data billing sesuai isian di web AHU
  • Jika data dan angka tagihan sesuai, silakan lakukan pembayaran

Sampai sini, seharusnya tampilan kode voucher Anda sudah berubah menjadi sudah dibayar. Tanda bahwa transaksi Anda telah sukses diproses adalah munculnya kode NTPN di struk transaksi ATM BNI sebagai BPN (Bukti Penerimaan Negara).

Selanjutnya, Anda tinggal mengecek apakah status kode voucher Anda sudah berubah statusnya atau belum di laman ini: Cek Nomor Voucher

Beberapa kendala yang sering terjadi serta cara mengatasi kegagalan dalam pembayaran voucher dapat Anda lihat pada halaman Masalah & Solusi dalam Pembayaran PNBP

  • raka

    rakaraka

    Reply

    kalau pakai BNI Syariah bisakah?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      jika transaksi dilakukan via atm BNI sepertinya bisa Mas/Mba

      • ovi

        oviovi

        Reply

        tidak terverifikasi. bisa diadukan ke ahu tapi akan dianjurkan untuk meng email ke alamat tertentu tapi tidak bisa terkirim karena email penerima penuh.

  • Efi susanti

    Efi susantiEfi susanti

    Reply

    kami ada transfer via bank Mandiri,itu sudah masuk ke rek AHU untuk pembayaran Voucer nya tapi status masih belum bayar….itu gmn ya pak ? apakah bs bantu ?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      saya juga pernah mengalami sendiri seperti itu mba. cara satu-satunya yang berhasil waktu itu adalah dengan membuat laporan di lapor.go.id

  • Rusman Tony

    Rusman TonyRusman Tony

    Reply

    saya sudah melakukan pembayaran dan sudah berhasil. tapi ketika saya mencoba menggunakan kode voucher tersebut malah tidak valid, itu gimana ya?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      jenis kode voucher sudah persis dengan layanan yang diinginkan pak? kalau ada kesulitan, lebih lanjut bisa sampaikan via lapor.go.id.

  • Winda

    WindaWinda

    Reply

    Halo, saya baru saja melakukan pembayaran voucher. Voucher sudah berhasil di bayar, dan saya mendapat email berupa link untuk download data. Saya klik link tersebut dan tertulis “Mohon maaf, data Perseroan yang anda minta masih perlu diproses permohonannya secara manual. Belum dapat dilakukan secara online.” Apa saya harus urus manual?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      sistem AHU sedang dalam upgrading mba, mungkin karena itu sekarang2 ini agak bermasalah.

  • pratiwiputriyani

    pratiwiputriyanipratiwiputriyani

    Reply

    Apakah bisa memakai atm lain mas? dan kalau misalnya laporgo.id itu butuh waktu berapa lama ya?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      bisa tapi setahu saya masih belum otomatis terkonfirmasi transfer nya. pengalaman kami 3 hari kerja dibalas mas

  • Chandra Adikara

    Chandra AdikaraChandra Adikara

    Reply

    harus kah saya bayarkan voucher ini… lihat komen2 diatas sepertinya bermasalah… padahal saya butuh cepat Profile perusahaan kami

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      transfer via BNI relatif lebih cepat proses nya mba, akrena baru BNI yang sudah terintegrasi dengan sistem pembayaran AHU Online

  • Waty

    WatyWaty

    Reply

    Apa kode voucher sma dgn nomor bukti pembayaran pnbp?

  • sahal

    sahalsahal

    Reply

    Mohon pencerahannya, saat ini perusahaan kami sedang mengikuti project, untuk dokumen yang harus saya submit salah satunya adalah Data Profil enam bulan terakhir perseroan terbatas (PT) dari laman penarian/unduh (serach/download) data perseroan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU Online) yang dikelola oleh Kementeriann Hukum dan Hak Asasi Manusia;
    apa yang harus saya lakukan mengingat bahwa selama ini perusahaan kami belum pernah mendaftar AHU Online tersebut.
    terima kasih.