Sebagai salah satu jasa pengiriman ternama di Indonesia, SiCepat memberikan berbagai jenis layanan yang bertujuan untuk memberi kepuasan kepada pelanggan. Beberapa jenis layanan tersebut diklasifikasikan menjadi 3 bentuk, yakni SiCepat Cargo, Halu, dan Reguler.

Sayangnya, klasifikasi layanan ini justru membuat sebagian orang kebingungan untuk membedakannya. Demi mempermudah Anda untuk memilih bentuk layanan yang paling sesuai, maka pengetahuan terkait perbedaan ketiganya wajib untuk diketahui.

SiCepat Halu

Banner promosi SiCepat Halu
Banner promosi SiCepat Halu

Halu merupakan produk layanan SiCepat yang masih sangat baru, yakni mulai berlaku pada awal tahun 2020 lalu. Halu sendiri diambil dari singkatan kata “Harga Mulai Lima Ribu”. Sesuai namanya, harga yang ditawarkan untuk mengantar paket sangat murah, yakni mulai dari Rp5.000,00 saja.

Kisaran harga ini jauh lebih murah dibandingkan paket Reguler yang pertama kali diluncurkan. Walaupun murah, harga paket Halu memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi, tidak semua benda dan transaksi pengiriman bisa dikirim menggunakan produk ini.

SiCepat Gokil
SiCepat Gokil

SiCepat Cargo

Dilihat dari istilah yang digunakan, cargo lebih dikenal sebagai proses pengangkutan barang menggunakan truk dan kapal. Istilah ini digunakan SiCepat untuk menyebut salah satu produk layanannya yang menggunakan kendaraan ini.

Meskipun truk dan kapal jauh lebih lambat, namun kisaran harga yang dikenakan tentu jauh lebih murah. Selain itu, jumlah barang yang diangkut dan dipaketkan bisa lebih besar dan banyak.

Untuk mengantisipasi keluhan pelanggan terkait kelambatan paket yang datang, SiCepat mengembangkan produk ini menjadi “Gokil” pada awal 2020. Gokil sendiri disingkat dari kata Cargo Kilat. Artinya, selain bisa mengirim paket  dalam jumlah banyak, harga dan kecepatannya juga tetap maksimal secepat kilat.

SiCepat Reguler

Produk Reguler dari SiCepat adalah yang pertama kali diluncurkan. Sama dengan paket Reguler pada jasa pengiriman lain, SiCepat Reguler menggunakan tarif standar pada pengiriman paket. Waktu pengiriman juga sesuai dengan kecepatan kendaraan pada umumnya.

Jika jarak jauh dan jumlah barang cukup banyak, tarif Reguler bisa lebih mahal tanpa ada potongan harga. Ini berbeda dengan produk Cargo yang memberi potongan untuk jumlah pengiriman yang lebih banyak.

Ketika Semua Jadi Mudah

Slogan SiCepat Express

Walaupun sudah banyak produk SiCepat yang terus bermunculan, paket Reguler tetap diminati banyak pelanggan hingga saat ini. Khususnya bagi mereka yang ingin mengirim paket secara personal dan tidak terlalu sering.

Tabel Perbedaan Paket SiCepat

Agar lebih mudah mengamati perbedaan antara produk SiCepat yang satu dengan lainnya, perhatikan tabel berikut ini.

NomorJenis PerbedaanSiCepat HaluSiCepat CargoSiCepat Reguler
1Perbedaan hargaHarga sangat terjangkau, yakni mulai dari lima ribu.Harga lebih terjangkau untuk pengiriman barang yang jumlahnya banyak.Harga sesuai standar pengiriman, tarif mahal untuk jarak yang jauh, dan murah jika jaraknya dekat.
2Perbedaan kecepatan pengirimanKecepatan pengiriman sesuai standar, tergantung jauh dan dekatnya jarak.Proses pengiriman lebih lambat karena menggunakan kendaraan darat besar dan transportasi laut.Sesuai dengan jarak yang ditempuh. Semakin jauh jarak tempuh, waktu pengiriman semakin lama.
3Perbedaan kendaraanMenyesuaikan jenis paket. Ukuran paket yang besar diangkut dengan kendaraan besar, ukuran yang kecil bisa dengan kendaraan roda dua.Menggunakan kendaraan darat berukuran besar dan menggunakan kapal sebagai penyeberangan paket antar pulau.Menyesuaikan jenis paket, bisa kendaraan roda dua, roda empat, atau pesawat terbang.
4Perbedaan bobotTarif yang dikenakan per kilogram, berlaku untuk semua barang dengan beragam bobot.Tarif yang dikenakan hanya berlaku untuk paket yang memiliki bobot minimal 5 kilogram.Tarif berlaku untuk semua barang dengan segala bobot. Dikenakan tarif yang sama per kilogram.
5Perbedaan cara penggunaanHanya bisa digunakan pada platform e-commerce seperti shopee.Bisa digunakan untuk platform e-commerce ataupun pengiriman paket secara langsung.Bisa digunakan untuk semua proses pengiriman paket.
Daftar perbedaan layanan ekspedisi SiCepat

Dari tabel di atas, dapat dilihat perbedaan yang sangat jelas antara produk Halu, Reguler, dan Cargo. Kalau diperhatikan dengan seksama, sebenarnya semua paket memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk merasakan kelebihan dari pelayanan SiCepat, maka masing-masing produk bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Untuk pelanggan yang memiliki usaha jual beli online, tentu menggunakan paket Halu akan memberikan banyak keuntungan. Sebaliknya, bagi Anda yang ingin mengirim paket secara personal dengan jumlah sedikit, paket Reguler lebih tepat dijadikan pilihan.

Write A Comment