Sebuah perusahaan yang besar pastilah memiliki visi jangka panjang serta misi utama yang kuat. Boleh dikatakan jika sebuah visi misi akan menentukan arah gerak dan peta jalan sebuah perusahaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, visi memiliki arti sebagai pandangan atau wawasan ke depan. Sedangkan, secara umum visi menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti sekelompok orang atau individu dengan pandangan yang jauh ke depan demi mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.

Kemudian, apa itu misi? Misi adalah langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh untuk mewujudkan visi tersebut. Misi itu ibarat langkah-langkah kecil yang dibagi untuk mempermudah serta bentuk usaha nyata dalam memberikan arah sekaligus batasan-batasan proses pencapaian tujuan.

Ada juga yang menyatakan bahwa misi adalah penjabaran lengkap dari visi yang sudah disusun. Visi biasanya ditulis hanya dalam kalimat yang singkat, maka misi akan menjabarkan visi tersebut dalam beberapa kalimat yang lebih luas supaya orang yang membacanya lebih mudah dalam memperoleh pemahaman utuh.

Daftar isi: Definisi visi, misi, values, Contoh visi misi perusahaan, Contoh visi misi Industri Agro, Contoh visi misi Perikanan, Contoh visi misi Industri Pupuk

Visi, Misi, dan Core Values dalam Bisnis

Time needed: 3 days.

Dalam membuat visi misi yang benar, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa perbedaa keduanya. Oleh karena itu, pada bagial awal ini, kami akan uraikan perbedaan ketiga istilah yang biasanya digunakan untuk menjadi jiwa dari sebuah bisnis atau organisasi.

  • Visi (Vision statement)

    Visi sederhananya adalah sebuah mimpi besar yang menjadi jiwa dari lahirnya bisnis Anda. Tujuan besar inilah yang ketika tercapai akan menjadikan perusahaan Anda mengubah dunia.

    Dalam membuat sebuah visi yang baik, Anda dapat menggunakan kaidah SMART Goals. Berikut deskripsi singkatnya:

    Specific: Pastikan visi Anda memiliki fokus area yang jelas
    Measurable: Buat target capaian Anda yang dapat diukur
    Achievable: Pilihlah target yang mungkin untuk dicapai
    Relevant: Pastikan visi relevan dengan kondisi dan kebutuhan saat ini
    Time bound: Buatlah target waktu yang jelas (kapan tercapainya dst.)

    Tentu tidak setiap visi harus mengandung kelima point di atas, misal kadang adakalanya aspek time bound tidak diperlukan. Beberapa contoh visi dari perusahaan yang menurut kami sudah sukses dalam meraih goals bisnisnya. Diantara contoh visi yang cukup dikenal luas adalah vision statement dari perusahaan Disney: To make people happy

  • Misi (Mission statement)

    Misi jika visi adalah mimpi, maka misi adalah apa yang Anda lakukan untuk mewujudkan mimpi itu. Di bagian ini, kita akan bicara lebih mengkerucut pada objek bisnis, fokus kerja, serta milestones dari setiap aktivitas perusahaan. Berikut contoh misi yang dimiliki oleh perusahaan raksasa teknologi, Google:
    mission statement ala Google

  • Nilai Perusahaan (Core values)

    Berbeda dari visi dan misi, values lebih ditekankan pada budaya dan nilai yang harus dimiliki oleh segenap anggota dalam organisasi tersebut. Nilai ini yang nantinya diharapkan dapat membentuk karakter organisasi yang diinginkan serta memudahkan dalam mewujudkan visi organisasi secara umum.

    Contoh core values organisasi yang sudah dikenal secara luas ialah values dari Universitas Indonesia: “Veritas, probitas, iustitia”

    Ketiga kata ini bermakna benar, jujur, dan adil. Tentu hal ini sangat relevan dengan kampus UI yang notabene nya adalah institusi pendidikan yang fokus dalam mencetak sumberdaya manusia yang unggul.

    logo core values universitas indonesia


Lihat juga: Contoh Kartu Nama Perusahaan [PPTX]

Berikut contoh beberapa visi dan misi dari beberapa perusahaan skala UKM maupun perusahaan besar sebagai acuan cara membuat visi dan misi yang baik.

Contoh Visi Misi dari Perusahaan Besar

Tidak hanya organisasi seperti OSIS atau partai politik yang membutuhkan visi misi. Visi dan misi ini nyatanya juga masih digunakan oleh perusahaan-perusahaan raksasa sebagai nilai acuan dalam menjalankan bisnis. Berikut beberapa contoh visi misi dari perusahaan dengan nama besar seperti Samsung dan Bukalapak.

Contoh Visi Misi Samsung
Contoh visi misi perusahaan Samsung

Vision 2020

“Inspire the World, Create the Future”.

The Vision 2020 is at the core of our commitment to create a better world full of richer digital experiences, through innovative technology and products.

The goal of the vision is to become a beloved brand, an innovative company, and an admired company. For this, we dedicate our efforts to creativity and innovation, shared value with our partners, and our great people.

Contoh visi misi perusahaan Samsung
Contoh visi misi perusahaan Bukalapak
Visi Bukalapak: Menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia
Misi Bukalapak: Memberdayakan UKM yang ada di seluruh penjuru Indonesia
Itulah kedua contoh perusahaan besar yang mencantumkan visi/misi mereka dalam profil perusahaannya. Mengapa harus dicantumkan dalam profil perusahaan? Karena visi sejatinya adalah mimpi besar dari suatu perusahaan dan biasanya visi menjadi alasan utama perusahaan tersebut masih eksis hingga saat ini.

Since Google started in 1998, our mission has always been to organize the world’s information and make it universally accessible and useful

Google.com

Sebelum membuat visi misi sebuah bisnis, biasanya diperlukan juga perumusan latar belakang perusahaan serta ringkasan eksekutif. Oleh karena itu kami menyediakan 2 contoh visi misi perusahaan yang dilengkapi keterangan tersebut.

Contoh Visi Misi Perusahaan Agroindustri

Latar Belakang

PT. Kumala Makmur Sentosa adalah perusahaan yang berusaha di bidang pengemasan dan pemasaran produk minyak goreng berbahan dasar crude palm oil (CPO) dalam bentuk curah untuk pasar lokal kota Solo dan sekitarnya. Untuk mempertahankan core business-nya maka sebagai antisipasi peluang dan kondisi pasar di masa mendatang PT. Kumala Makmur Sentosa membuat produk minyak goreng sawit kemasan dengan merek AZARIA, yang ditujukan terutama untuk pasar ekspor.

VISI

  • Menjadi pemasok minyak goreng sawit kemasan bagi segmen horeca di India
  • Menjadikan minyak goreng sawit Azaria mampu bersaing dengan produk minyak goreng lain di pasar internasional
  • Mempertahankan core bussiness PT. Kumala Makmur Sentosa dengan memperluas pasar minyak goreng ke mancanegara

MISI

  • Membuat produk minyak goreng sawit Azaria yang kualitasnya sesuai dengan kebutuhan konsumen di India
  • Menjaga produksi minyak goreng sawit Azaria agar kualitas dan kuantitasnya sesuai dengan tuntutan konsumen
  • Meningkatkan promosi produk melalui media online maupun dengan media promosi lain

Contoh Visi Misi Perusahaan Perikanan

Latar Belakang

Sebagai negara maritim, Indonesia kaya dengan berbagai hasil laut. Tak pelak, hal ini membuat stigma masyarakat terhadap olahan hasil laut menjadi negatif. Dalam artian, masakan hasil laut diidentikkan dengan masyarakat kelas bawah dan kurang mempunyai gengsi. Namun, di tangan kreatif para pemuda ini, hasil laut yang katanya “makanan desa” menjadi “naik kelas”, dengan harga jual yang lumayan tinggi.

Hasil laut ini adalah teri nasi. Siapa yang tak kenal dengan ikan teri? Ikan kecil yang hidup bergerombol namun kaya akan gizi ini banyak dijumpai di seluruh wilayah Indonesia, baik itu di laut dangkal, ataupun di laut dalam. Stok ikan teri yang berlimpah di wilayah Indonesia inilah yang mendorong jiwa kreatif para pemuda ini untuk membuat olahan berbahan dasar teri nasi, dan tentunya layak jual dengan kualitas rasa dan kemasan yang menarik.

Visi

  • Menjadi salah satu pelopor pemanfaatan perikanan hasil laut Indonesia
  • Menjaga kualitas bahan baku tanpa pengawet dengan meningkatkan kinerja manusia dalam proses pengolahan.

Misi

  • Meningkatkan kepercayaan konsumen akan produk
  • Menguatkan sistem pemasaran dengan nilai-nilai kejujuran dan ekonomis

Contoh Visi Misi Perusahaan Eksportir Pupuk

Visi

  • Menjadi role model pertanian terpadu berorientasi ekspor nomor satu di Jawa Barat pada tahun 2025
  • Memenuhi 5% kebutuhan pupuk organik untuk sektor perkebunan di seluruh Asia Tenggara

Misi

  • Meningkatkan produktivitas lahan pertanian menggunakan sistem pertanian terintegrasi
  • Melakukan riset dan inovasi berkelanjutan untuk menghasilkan pupuk organik yang sesuai dengan daerah tropis
  • Melakukan scale-up sistem produksi pupuk organik secara bertahap hingga memenuhi kuota ekspor

Perbedaan Visi dengan Misi

Buat kamu yang masih bingung, berikut perbedaan yang signifikan antara visi dan misi dalam sebuah perusahaan.

Visi dalam perusahaan lebih menggambarkan posisi yang diinginkan perusahaan di masa depan secara singkat dan sederhana, visi juga menjawab pertanyaan dari ‘kenapa’. Kenapa perusahaan ini didirikan? Maka jawabannya adalah visi tersebut, selain itu kalimat dalam visi juga ditujukan untuk memotivasi karyawan.

Bagaimana dengan misi? Misi berisi bagaimana langkah-langkah untuk mencapai visi, misi juga menjawab pertanyaan dari ‘bagaimana‘. Bagaimana cara atau langkah yang diperlukan untuk mencapai visi perusahaan? Biasanya misi digunakan sebagai alat manajemen dan sarana informasi yang harus dilakukan seorang karyawan, oleh karenanya, misi akan lebih panjang dari visi yang singkat saja.

Oke, itulah contoh visi misi perusahaan yang biasanya terdapat di bagian pendahuluan proposal ataupun company profileJika ada pertanyaan atau diskusi dapat Anda sampaikan lewat kolom komentar.

Author

Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya.