Bagi sebagaian besar UKM serta bisnis lokal di Bandung, istilah digital marketing merupakan suatu hal yang baru. Jikapun bahasan ini sudah umum di masyarakat, biasanya paradigma digital marketing hanya terbatas pada online advertising baik menggunakan platform Google atau media sosial.

Dalam pengertian dasarnya, digital marketing sebenarnya mencakup banyak hal terkait promosi di dunia digital antar target market, industri, serta platform yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, tidak sedikit bisnis lokal yang berkembang pesat hanya berjualan melalui instagram, mengandalkan followers setia, mereka bisa mendapatkan pelanggan bahkan tanpa iklan. Contoh lainnya, bagaimana blogger-vlogger populer Indonesia hari ini lebih tenar dengan media Youtube dibandingkan platform blog pribadi yang sudah lebih dulu ada (blogger.com / wordpress.com).

Oleh karenanya, penting bagi seorang pemula yang akan terjun ke dunia digital marketing untuk memahami dimana, siapa targetnya, serta apa media yang digunakan dalam hal pemasaran online produk Anda.

Intinya, sangat banyak cara pemasaran digital yang tersedia untuk Anda gunakan di dunia maya, pertanyaanya tinggal yang mana yang Anda yakini? atau bagaimana Anda akan memulainya?

Sebagai pemilik bisnis, tentu Anda tidak ingin kehilangan kesempatan untuk dapat membangun brand di era digital ini bukan? Berikut beberapa tips bagi para pemilik bisnis / UKM yang ingin menggunakan jasa digital marketing untuk mendongkrak penjualannya.

Pengunjung Berbayar VS Pengunjung Organik

Sebelum bisnis online kita dibanjiri klien ataupun pelanggan, penting bagi sebuah pemilik website untuk mendatangkan traffik yang berkualitas. Trafik ini yang nantinya dapat kita konversi menjadi pelanggan (customer) ataupun klien.

Seiring dengan berkembangnya sosial media seperti Facebook dan Youtube, mendatangkan traffik secara massive bukan lagi hal yang sulit. Namun tetap, memiliki trafik berkualitas adalah kunci keberhasilan dari sebuah bisnis online.

Oleh karenanya, sebagian besar jasa digital marketing (termasuk di Karinov.co.id) hanya menawarkan dua tipe digital marketing untuk mendatangkan pengunjung berkualitas dari sekain banyak metode yang bisa dilakukan.

Pertama adalah dengan menggunakan mesin pencari yaitu dengan optimasi SEO (mengoptimalkan penampilan web Anda di hasil pencarian Google).

Katakanlah Anda memiliki bisnis sebagai supplier bahan baku usaha laundry, maka dengan optimasi SEO, web Anda akan tampil di Google untuk kata kunci potensial seperti “supplier detergen laundry” atau “cara membuka usaha laundry”, dengan begitu pengujung yang datang ke website Anda sebagian besar adalah target market Anda dan sangat potensial untuk jadi pelanggan setia Anda berikutnya.

Metode kedua adalah dengan cara berbayar yaitu dengan memasang iklan. Untuk bagian ini, sepertinya sudah sangat umum digunakan oleh bisnis baik skala kecil maupun besar.

Sesuai pengalaman Karinov sendiri, memasang iklan via adwords atau Facebook Ads tetaplah jadi pilihan utama yang paling mudah untuk saat ini. Terutama untuk meraih capaian-capaian jangka pendek seperti sales dan lain-lain.

Bagaimana, sudahkah Anda menentukan digital marketing yang akan dipakai oleh bisnis kamu? Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan pesan lewat kolom komentar.

NB: Jika Anda tertarik menggunakan layanan optimasi digital marketing dari Karinov.co.id, Anda bisa menghubungi kami lewat kolom bantuan di bawah atau masuk ke halaman Optimasi SEO.

There are currently no comments.