Hosting merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan untuk Anda yang menggunakan website untuk berbagai kegiatan, dari mulai bisnis, penyimpanan data maupun aktivitas marketing. Terdapat paket layanan hosting Unlimited murah yang dikelola langsung oleh Domainesia. Berikut adalah berbagai kelebihan hosting dengan unlimited inodes yang disediakan oleh Domainesia dan perbandingannya jika menggunakan hosting dengan batasan inode. 

Mengenal Apa Itu Inode

Sebelum mengetahuinya, ada baiknya Anda mengetahui secara lebih rinci apa itu inodes. Inode merupakan struktur data yang berisi informasi milik pengguna, bisa dari objek dari file sistem, baik berupa file data maupun direktori. Dengan begitu, akan tersedia satu inode untuk setiap satu file dan direktori yang bisa Anda temukan pada sistem operasi Linux. 

Struktur data ini memiliki peran yang penting dalam identifikasi data, khususnya untuk mencari direktori atau file tertentu. Beberapa informasi yang tersimpan dalam node, biasanya berupa jumlah link softfile atau hardfile, ukuran dari file, tipe file, hingga akses waktu, modifikasi atau perubahan dalam data. Oleh pengguna, objek tersebut dikenal dengan istilah direktori, sedangkan untuk sistem, objek tersebut disebut sebagai inodes.

Jumlah Inodes Tidak Terbatas

Keunggulan pertama yang Anda akan dapatkan dengan unlimited inode adalah mengenai jumlah file yang tersedia di dalam hosting. Untuk satu akun, Anda akan mendapatkan jumlah file dan direktori yang boleh dibilang tidak terbatas. Hal ini tentu membuat hosting dapat melakukan back-up data secara rinci dan menyeluruh pada sebuah akun. 

Contoh Pemakaian Inode Unlimited
Contoh Pemakaian inode Unlimited

Misalnya, Anda memiliki 2 direktori dengan 10 file, maka jumlah inodes yang akan Anda dapatkan berjumlah 12 inodes. Nantinya Domainesia akan menyediakan hingga jumlah tak terbatas inode dalam satu akun, sehingga semua file dan direktori bisa diback-up dengan baik. 

Inodes yang Lengkap dan Menyeluruh

Untuk melakukan hitungan inodes, ia akan dimulai dari home directory yang dimiliki oleh akun Anda. File seperti email, cache, file-file temporary, hingga file website yang berada dalam satu akun hosting, maka akan dihitung sebagai inode, sesuai dengan jumlahnya. 

Di Domainesia, tersedia fitur yang akan membantu Anda untuk melihat jumlah inode yang sudah Anda gunakan. Pada bagian cpanel, Anda bisa melihat ke sidebar layar sebelah kanan, disana terdapat jumlah inodes yang sudah Anda gunakan sekaligus kuota inodes dalam satu akun. 

Jika Inode Berlebih

Beberapa provider hosting menyediakan layanan backup mingguan dengan jumlah inodes dibawah 75 ribu. Jadi jika inode yang Anda miliki masih di bawah angka tersebut, layanan backup dapat dilakukan secara otomatis, tanpa Anda melakukan backup secara manual. 

Akan tetapi, hosting tersebut hanya akan melakukan backup jika jumlah inodes Anda tidak lebih dari 75 ribu. Jika jumlahnya sudah bertambah, maka hosting yang Anda gunakan akan dikeluarkan dari fitur backup otomatis mingguan. Walau sebenarnya, backup tetap bisa Anda lakukan secara manual. 

Server Room Interior In Datacenter
Server Room Interior In Datacenter

Namun jika inodes yang Anda miliki sudah diatas 250 ribu, maka hosting tidak bisa melakukan backup secara maksimal. Ini tentunya akan mempengaruhi layanan hosting yang Anda gunakan, serta berdampak pada berbagai fitur website, email maupun database. Karena itu perhatikan dengan baik kuota inodes yang Anda miliki. 

Agar Inodes Tidak Melebihi Batas

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar inodes yang Anda miliki tidak melebihi batas. Sehingga backup tetap berjalan dan layanan hosting yang Anda gunakan tetap berjalan secara maksimal, diantaranya adalah:

  • Lakukan kontrol pada penggunaan file maupun folder, apabila Anda merasa email, file, maupun direktori sudah tidak digunakan, jangan ragu untuk menghapusnya. 
  • Periksa cache yang Anda miliki, jika website yang Anda miliki menggunakan cache maka pastikan pembersihan otomatis dilakukan pada cache lama yang sudah tidak digunakan. 

Dengan melakukan dua langkah tersebut, Anda bisa mendapatkan dan memaksimalkan berbagai layanan fitur yang disediakan oleh Domainesia. Inodes yang Anda miliki tetap berada dalam backup mingguan, sehingga tidak sulit untuk mengatur dan mengelola data di dalamnya.

Jika Inodes Mencapai Batas Maksimum

Pada cPanel, proses backup berjalan dengan dua cara, yakni dengan menyalin file yang hendak di backup ke bagian direktori lain. Selanjutnya adalah melakukan kompres data pada direktori tersebut sehingga dapat disimpan dengan baik. 

Jika jumlah inodes Anda besar, lebih dari jumlah inodes yang diizinkan, maka CPU akan bekerja lebih berat dibandingkan sebelumnya. Apabila ini terus berlanjut, tentu akan memberikan efek negative pada server yang dipakai. Sebab kompres data file yang besar akan membutuhkan waktu lama dan jumlah tenaga yang besar. 

Meskipun demikian, Domainesia memberikan unlimited inodes untuk Anda yang ingin mendapatkan layanan hosting yang maksimal. Tentunya dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku di Domainesia, aplikasi website yang Anda miliki bisa berjalan dengan baik, dapat melakukan backup data otomatis, hingga kemudahan lainnya. 

There are currently no comments.