Mendengar kata pelayanan hukum, sebagian masyarakat terutama yang ada di kalangan menengah ke bawah masih banyak yang memiliki keyakinan jika layanan hukum itu sangat erat kaitannya dengan biaya yang mahal, menegangkan, dan juga ribet. Namun, kenyataannya ada layanan bantuan hukum yang khusus untuk mereka yang keadaannya kurang mampu.

Persyaratan Lembaga Bantuan Hukum

Lembaga Bantuan Hukum atau LBH merupakan suatu lembaga yang berdiri dengan tujuan untuk memberikan bantuan hukum dengan gratis atau secara cuma-cuma kepada masyarakat yang memang memerlukan.

Namun harus anda ketahui, jika LBH ini tidak bisa didirikan begitu saja, akan tetapi harus bisa memenuhi ketentuan tertentu yang ditetapkan pada UU Bantuan Hukum serta peraturan turunannya.

LBH juga wajib melalui proses verifikasi serta akreditasi supaya bisa memiliki kualitas pelayanan dan pekerjaan yang terukur. Sedangkan untuk persyaratan yang harus dipenuhi sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM No.3 Tahun 2013, diantaranya yaitu:

 

 

 

• Berbadan hukum;

• Mempunyai kantor atau sekretariat yang tetap

• Mempunyai kepengurusan

• Mempunyai program bantuan hukum

• Mempunyai advokat yang telah terdaftar dalam LBH

• Setidaknya sudah pernah menangani sepuluh kasus.

Untuk anda semua yang sedang mencari keadilan dan ingin meminta bantuan LBH, maka anda bisa menghubungi LBH Surabaya Nurani.

LBH Surabaya Nurani

Kehadiran LBH Surabaya ini salah satunya untuk menepis anggapan masyarakat bahwa untuk menggunakan lembaga hukum haruslah mengeluarkan biaya yang mahal. Karena kami hadir untuk bantuan hukum secara gratis. Bahkan bantuan hukum yang gratis ini juga dapat memberikan layanan hukum yang berkualitas. Yang diperlukan disini hanyalah dedikasi yang tinggi pada kebenaran.

Seorang pengacara atau advokat yang baik adalah mereka yang bisa menempatkan kebenaran diatas semuanya. Profesi advokat juga dinamakan sebagai officium nobile, hal ini tidak dikarenakan dia hidup mewah dan banyak harta. Namun, profesi ini untuk membela mereka yang sedang tertindas.

Profesi ini dianggap mulia sebab membela mereka yang tidak bisa berbuat apa-apa pada saat berhadapan dengan penguasa atau pihak yang lebih kuat, atau disitu mereka memiliki posisi sosialnya lebih tinggi.

Maka dari itu, nurani.or.id memutuskan untuk memilih bentuk LBH atau lembaga bantuan hukum yang mengikuti UU Bantuan Hukum untuk dijadikan wadah yang kami pakai dalam membela mereka yang membutuhkan. Terutama untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah, atau mereka yang tidak mempunyai resource pada saat sedang menghadapi masalah hukum.

Kami berkeinginan untuk menjaga marwah profesi hukum terutama advokat atau pengacara yang merupakan profesi yang mulia dengan mengkhususkan diri membantu mereka yang belum mampu baik dari segi ekonomi, politik, atau secara social.

Kami adalah lembaga hukum yang bernama LBH Nurani. Dengan nama nurani ini diharapkan agar dalam menetapkan suatu hukum supaya tidak pernah lupa harus menggunakan nurani.

Terkadang keadilan itu tajam dan keras. Dan hanya dengan nurani yang mampu melembutkan kekerasan atau ketajaman tersebut. Dengan demikian hukum dan keadilan dapat berjalan sesuai dengan kemanusiaan.

Nurani merupakan penghubung antara masalah perasaan dan logika. Dia akan mampu menghubungkan kedua ranah tersebut. Yang mana, nurani tidak hanya semata-mata berisi perasaan maupun aspek emosional saja. Akan tetapi, dia selalu menarik logika masuk. Dengan demikian, bisa menjadikan hukum menjadi lengkap seperti halnya esensi hukum yaitu berdiri diatas kaki etika dan logika.

Nurani akan bergerak pada saat dia melihat adanya ketidakadilan.Selain itu, nurani juga berdiri diatas system nilai yang berkembang pada suatu bangsa, diantaranya keadilan. LBH Nurani Keadilan Bangsa akan memproses hukum sesuai dengan nurani dan keadilan.

Tugas dan Layanan Hukum LBH Surabaya 

Tugas dan wewenang utama dari Lembaga Bantuan Hukum yaitu memberikan bantuan hukum pada seseorang yang sedang menjalani suatu proses hukum yang memiliki kekuatan tetap. Menjadi Lembaga Bantuan Hukum, kami menyediakan layanan meliputi berbagai masalah hukum seperti berikut ini:

1. Kasus Pidana Umum

LBH Surabaya nurani.or.id melayani penanganan kasus pidana umum. Untuk penanganan kasus yang diduga terdapat tindak pidana atau pelanggaran hukum pidana, sebelum perkara itu dilaporkan ke aparat penegak hukum, kami akan mengusahakan  penanganan dengan cara nonlitigasi dan kekeluargaan.

2. Kasus Pidana Khusus

Kasus pidana khusus yaitu jenis perkara-perkara pidana yang pengaturan hukumnya di luar KUHP. Hukum pidana khusus juga hanya berlaku pada subjek hukum tertentu, yang mana tidak semua warga Indonesia bisa diberlakukan hukum pidana khusus, meskipun memiliki potensi menjadi subjek dari hukum pidana khusus tersebut.

3. Kasus Perdata

Perkara perdata merupakan perkara tentang perselisihan hubungan antara perseorangan satu dengan yang lainnya tentang hak dan kewajiban/perintah dan larangan dalam lapangan keperdataan. Dalam hal ini pasti akan terdapat perselisihan. Yang mana, sebenarnya perselisihan itu dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan atau dengan musyawarah.

Visi dan Misi LBH Nurani

Visi dan misi kami yaitu berhukum dengan prinsip jika hukum haruslah ditegakkan dengan nurani. Dengan demikian, kami akan lebih berorientasi dalam perjuangan pada idealisme kami. Memang terkadang keadilan itu terlalu keras dan kejam. Dan lembaga hukum kami hadir untuk melembutkannya secara nurani.

Ruang Lingkup LBH di Surabaya

Peranan dan fungsi dari LBH kami yaitu public service, yaitu bagi masyarakat yang tidak mampu atau kurang mampu dalam menggunakan serta membayar jasa advokat, maka Lembaga Bantuan Hukum kami akan memberikan jasanya dengan gratis.

Fungsi selanjutnya yaitu sebagai social education, yaitu memberikan penerangan – penerangan atau memberikan petunjuk dalam mendidik masyarakat supaya bisa lebih sadar dan bisa lebih mengerti akan hak-hak dan kewajiban – kewajibannya sesuai hukum.

There are currently no comments.