Hadirnya sistem yang baru tidak serta-merta membuat segalanya lebih mudah. Salah satu contohnya adalah sistem pembayaran PNBP yang kini sudah beradaptasi dengan gaya cashless society.

Berikut beberapa kendala umum yang sering terjadi dalam hal pembayaran PNBP secara otomatis.

1. Transfer lewat Bank yang belum terintegrasi

Hal ini biasa terjadi salah satunya pada aplikasi AHU Online. Saat ini, platform Bank Persepsi yang sudah kompatibel dengan sistem pembayaran Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum baru Bank BNI dan Bank BJB.

Otomatis, jika Anda melakukan pembayaran selain kedua Bank tersebut, Anda harus melakukan konfirmasi secara manual, salah satunya bisa melalui website Lapor.go.id

Di web tersebut, sudah ada beberapa contoh pelapor yang mengeluhkan status voucher nya yang belum berubah, dan Anda bisa mengikuti cara pelaporan dan bagaimana perubaha status pembayarannya. Termasuk jika Anda melakukannya lewat Bank BCA, maka konfirmasi harus Anda lakukan secara manual.

Kami sendiri sudah mencoba melakukan transfer lewat ATM BCA dan status pembayaran voucher tidak berubah, baru setelah melakukan pembayaran PNBP lewat ATM BNI, status pembayaran voucher akan terupdate secara otomatis.

2. Tidak Keluar Kode NTPN

Jika transaksi penyetoran PNPB sukses, maka struk ATM Anda yang juga disebut sebagai BPN (Bukti Penerimaan Negara) serta terdapat kode NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dalam struk tersebut.

Apabila dalam struk Anda tidak tertera kode NTPN, maka mau tidak mau Anda harus mengurusnya ke kantor cabang bank terdekat untuk mengurus pencetakan ulang PNPB.

Anda cukup menunjukkan receipt/struk BNI sementara, dan selanjutnya petugas BNI akan melakukan billing re-inquiry untuk selanjutnya dilakukan pencetakan BPN.

  • Putri

    PutriPutri

    Reply

    bagaimana cara lapor manual untuk yg sudah terlanjur membayar PNPB via bank BCA pak? mohon infonya.. terima kasih

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      bisa ajukan verifikasi pembayaran lewat lapor.go.id pak. saya pernah mencobanya sendiri dan direspon oleh pihak sana.

  • Efi susanti

    Efi susantiEfi susanti

    Reply

    gmn cara lapornya pak,ini kayaknya g bisa masuk email kami ?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      buat laporan di lapor.go.id, harus daftar akun dulu disana bu.

  • tri

    tritri

    Reply

    biasanya brp hari proses lapor.go.id d proses ya

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      beberapa bulan lalu saya direspon sekitar 3 hari an, mungkin sekarang sudah berbeda, tapi sepertinya cukup responsif pelayanan nya.