Sebelum masuk pada pokok bahasan, ada baiknya kita coba men-challange premis dari judul di atas. Mungkinkah kita memulai bisnis hanya dengan memanfaatkan media Instagram?

Jawabannya bisa mungkin, bisa tidak. Tidak mungkin jika kita hanya membatasi bisnis sebagai sebuah istilah untuk aktivitas ekonomi dimana didalamnya ada komponen perkantoran, karyawan, serta hierarkis kepegawaian.

Tapi jika kita menganggap bisnis sebagai sebuah aktivitas untuk melayani kepentingan orang banyak, yang dengannya kita mendapatkan benefit dalam bentuk profit, nama baik (brand), serta potensi untuk terus berkembang, maka jawabannya menjadi sangat mungkin.

Coba saja Anda perhatikan, betapa banyak pedagang online yang sukses hanya berjualan lewat instagram. Tentunya ada beberapa kategori yang sudah bisa menjadi contoh best pracitice dalam kasus ini.

Kuliner, produk kecantikan, souvenir kreatif, hingga akun-akun selebgram jadi bukti nyata bahwa bisnis ini bisa berkembang begitu besar, omset ratusan juta sebulan dengan margin yang sangat menggiurkan hanya dengan memanfaatkan 1 platform media sosial, Instagram.

Oleh karena itu, pada tulisan ini, kami akan sedikit berbagi pengalaman bagaimana cara mengawali bisnis Anda lewat media Instagram.

Setidaknya ada 4 hal dasar yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis online Anda di Instagram. Berikut ini penjabarannya.

Manfaatkan Akun Instagram for Business

Jika di Facebook ada fitur people dan fan page, maka di instagram ada akun untuk personal dan akun untuk bisnis. Jika Anda masih menggunakan akun personal untuk aplikasi Instagram yang kamu gunakan, kamu bisa mengubahnya secara gratis ke akun bisnis.

Sebenarnya dari sisi tampilan profil tidak banyak yang berbeda, hanya saja Instagram menambahkan fitur yang lebih informatif di jenis akun bisnis. Tampilan profil akun instagram bisnis pun terdapat tombol kontak yang dapat memudahkan calon pelanggan untuk menghubungi pemilik bisnis. Kemudahan dalam running ads serta fitur insta story yang dapat dimanfaatkn sebagai tautan (link) juga tersedia di akun bisnis.

Posting secara Berkala

Ada setidaknya 400 juta akun aktif yang ada di Instagram. Jika akun Anda hanya sesekali hadir di platform Instagram, yakinlah akan sangat sulit untuk bersaing dengan akun akun kompetitor bisnis kamu.

Optimasi Postingan Anda di Instagram

Ada beberapa cara untuk mengoptimasi setiap postingan Instagram kamu untuk meningkatkan baik impression ataupun engagement. Berikut beberapa diantaranya:

  • Gunakan hashtag
  • Ajukan pertanyaan terbuka
  • Minta followers agar menulis sesuatu di kolom komentar
  • Posting quotes atau viral video
  • Personal story yang punya sisi emosional

Bangun Komunikasi yang Baik

Bagaimanapun, Instagram adalah media sosial. Kamu tidak bisa bersosialisasi hanya dengan “berjualan”, sebaliknya, jualan bisa dilakukan jika kamu sudah bersosialisasi. Jangan selalu posting jualan kamu, buatlah konten yang memang bermanfaat untuk profil customer kamu.

Dengan adanya konten yang bagus, orang akan memperhatikan akun kamu dan bahkan membagikan konten yang kamu buat kepada orang lain. Inilah target utama yang seharusnya kamu jadikan prioritas kehadiran kamu di media sosial.

Oke, itulah beberapa tips buat kamu yang akan memulai bisnis lewat Platform Instagram. Selamat mencoba guys!

There are currently no comments.