Sesuai dengan perkembangan zaman yang serba cashless, pemerintah melakukan banyak perbaikan hampir di semua lini.

Dalam ranah keuangan, pemerintah meluncurkan aplikasi yang cukup vital dan berhubungan langsung dengan berbagai pihak. SIMPONI (Sistem Informasi PNBP Online) dan AHU Online adalah salah dua diantara aplikasi online resmi dari pemerintah yang merubah sistem pembayaran dari offline menjadi online.

Dalam rangka memfasilitasi hal tersebut, dibutuhkan pihak ketiga berupa bank yang ditunjuk pemerintah sebagai pintu penerimaan setoran negara baik oleh individu maupun lembaga. Bank sebagai pihak ketiga inilah yang disebut sebagai Bank Persepsi.

Pembayaran yang Dapat Dilakukan di Bank Persepsi

Berikut layanan yang dapat dilakukan melalui Bank Persepsi:

  • Penerimaan Pajak
  • Cukai dalam negeri
  • Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)

Walaupun, dalam praktiknya, tidak semua bank persepsi sudah mendukung pembayaran serta konfirmasi otomatis pada aplikasi milik negara. Salah satu contohnya adalah AHU Online yang sampai tulisan ini dibuat, baru kompatibel dengan pembayaran BNPB melalui Bank BNI.

Definisi Umum

Berdasarkan Kamus Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara, bank persepsi didefinisikan seperti ini:

Bank umum yang ditunjuk oleh BUN/Kuasa BUN Pusat untuk menerima setoran penerimaan negara bukan dalam rangka impor, yang meliputi penerimaan pajak, cukai dalam negeri, dan penerimaan bukan pajak.
Adapun nama-nama bank yang terdaftar sebagai bank persepsi yang dirilis oleh dirjen pajak dapat dilihat pada laman berikut.

Daftar Bank Persepsi

There are currently no comments.