Air minum dalam kemasan atau yang biasa disebut amdk adalah air yang diolah dengan menggunakan teknologi tertentu, kemudian dikemas dalam beberapa ukuran. Adapun ukuran air minum kemasan yang umum antara lain: Botol 330ml, Botol 600ml, Botol 1500ml, Gelas 240ml, Galon 19L maupun ukuran kemasan lainnya. 

Harga Mesin Air Minum dalam Kemasan (AMDK)

Harga mesin air minum kemasan amdk sangatlah bervariatif, banyak hal yang akan mempengaruhi harga tersebut. antara lain :

  1. Teknologi yang dipakai dalam mengolah air minum kemasan tersebut akan sangat mempengaruhi harga mesin air minum kemasan.
  2. Kapasitas produksi yang akan dihasilkan oleh mesin filter maupun mesin filling akan sangat mempengaruhi harga mesin air minum kemasan.
  3. Jenis produk apa saja yang akan dihasilkan, seperti (Galon, Botol atau Gelas) juga mempengaruhi harga mesin air minum kemasan.
  4. Beberapa material yang digunakan,seperti pipa apakah menggunakan PVC atau full stainless steel
  5. dan banyak hal lain yang akan mempengaruhi harga mesin air minum kemasan.

Terkait dengan banyaknya variasi mesin yang secara langsung akan mempengaruhi harga mesin air minum  kemasan, maka kami akan mencoba untuk membuat sebuah range harga supaya pembaca dapat memiliki patokan harga.

Jenis Mesin Air Minum KemasanHarga Terendah
Mesin Air Minum dalam GalonRp 90.000.000
Mesin Air Minum dalam GelasRp 175.000.000
Mesin Air Minum dalam BotolRp 200.000.000

Harga yang kami tuliskan diatas adalah perkiraan harga terendah, untuk harga mesin nya saja, belum termasuk Pekerjaan Sipil bangunan untuk perusahaan air minum dan sarana penunjang lainnya seperti izin usaha dan izin lokasinya.

mesin air minum dalam kemasan
Mesin air minum dalam kemasan ukuran Galon

Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan kami untuk mengetahui lebih banyak mengenai harga investasi perusahaan air minum kemasan terbaik. Harga dari mesin masing-masing pabrik sangat bervariatif, hal itu disebabkan karena adanya perbedaan kualitas sumber air yang dipakai untuk dijadikan air minum kemasan.

Cara Membuka Bisnis Air Minum Kemasan

Desain pabrik air minum dalam kemasan

Desain dari pabrik air minum amdk merupakan perencaan awal untuk peletakan mesin-mesin ataupun peralatan lainnya sesuai dengan ketentuan dari pemerintah mengenai ketentuan tata letak pabrik air minum kemasan. Sehingga peletakan Mesin AMDK dapat direncanakan dengan baik.

Izi Perusahaan Air Minum Komersil

Untuk Perusahaan atau Pabrik air minum kemasan amdk diperlukan minimal ijin usaha yang berupa CV. dimana untuk membuat CV diperlukan beberapa dokumen untuk menunjang Badan perusahaan tersebut, antara lain: SIUP, TDP, NPWP, AKTA PERUSAHAAN, SIPA, HO, IUI, TDI dll.

Ijin distribusi produk air minum kemasan

Pada saat pabrik air minum kemasan mendistribusikan produk air minum kemasan amdk ke distributor atau agen-agen daerah lainnya. maka perusahaan tersebut harus memiliki izin BPOM dan Standar Nasional Indonesia dan dapat dilengkapi dengan sertifikasi KAN, ISO 9000 maupun sertifikat halal.

Ijin edar dari perusahaan harus di dapatkan sebelum perusahaan ingin mengedarkan produk mereka. Standarisasi pada sistem pabrik air minum merupakan tidak terlepas dari Departemen kesehatan, Karena Depkes RI merupakan regulator dalam pembuatan beberapa standar.

Sertifikasi pabrik air minum kemasan

Kode Sertifikasi ISO 9000:2000; Kode Sertifikasi ISO 14.000; Kode Sertifikasi Halal; Kode Sertifikasi SNI; Sertifikasi KAN; Sertifikat higiene and sanitary

Dokumen pendukung pembuatan pabrik air minum

Selain dari dokument yang disebut diatas, sebuah pabrik air minum kemasan amdk juga memerlukan dokumen penunjang. dokument lainnya yang diperlukan adalah Sertifikat kalibrasi dari alat-alat yang digunakan oleh laboraturium perusahaan.

Untuk mendukung mesin AMDK beberapa alat, seperti kalibrasi PH meter, OZONE(O3), Conductivity meter dan peralatan laboraturium lainnya.Dengan dilengkapinya sertifikat kalibrasi dari alat alat laboraturium tersebut, maka pabrik air minum kemasan sudah dapat memulai berproduksi, dan setiap hasil produksinya secara random akan dilakukan pengujian di lab.

Sertifikat kalibrasi didapatkan dari badan kalibrasi negara dan proses kalibrasi harus dilakukan setiap tahun untuk setiap alat laboraturiumnya.

Peralatan laboratorium Pabrik Air Kemasan – AMDK

Salah satu persyatan untuk pengajuan sertifikasi SNI dan Ijin BPOM adalah terdapatnya ruangan laboraturium yang terdapat beberapa alat lab untuk keperluan pengetesan air baik secara Fisika, Kimia maupun biologi, yang dimana Sertifikat SNI akan di keluarkan oleh Departemen Perindustrian.

Bagi sebuah Bisnis Pabrik air minum dalam kemasan amdk, ruangan lab dan peralatannya sangat diperlukan untuk mengontrol air hasil olahan tersebut apakah sudah layak atau belum. Laboraturium akan digunakan dalam proses pengujian secara acak atau berkala untuk air sumber yang akan digunakan dalam proses produksi, maupun air hasil yang sudah selesai di kemas.

Water & waste water treatment spesialist yang dipercaya dalam proses pengolahan air. Menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan.

CP: 0813 8805 1980 / 0821 1757 5575 / cs@tirtamandiri.com

  • Hary

    HaryHary

    Reply

    Salam kenal
    Bapak/Ibu jika saya ada sumber mata air ada 2 titik bagaimana kalo bisa dikerja samakan lokasi di lembang bandung akses jalan masuk mobil truk
    Mohon infonya teruma kasih

    • Ulinnoha

      UlinnohaUlinnoha

      Reply

      Boleh kasih data lengkap lokasi dan kerjasama yg di inginkan

    • Dipanusa

      DipanusaDipanusa

      Reply

      Aku mau buka bisnis air mineral beli alat nya ke mana ya , untuk galon botol , gelas tq

      • Karinov

        KarinovKarinov

        Reply

        bisa langsung hubungi nomor kontak yang tertera di artikel di atas mas.

  • Stef

    StefStef

    Reply

    Saya ingin kerjasama!
    Yang tersediah satu titik mata air yang subur, lokasi Manggarai Flores Ntt
    Sangat mudah untuk dipasarkan diseluruh ntt dterutama wilayah pariwisata dari labuan bajo sampai bali.
    Saya mohon tanggapan pak, ke wa saya 081334498123 atau alamat email saya

  • Hamam

    HamamHamam

    Reply

    Saya ingin kejasama!
    Saya ada satu sumber mata air yang bersih dan lancar daera gresik jawa timur
    Disini banyak toko” yang bisa di pasarkan

    • Muhammad Kaylani

      Muhammad KaylaniMuhammad Kaylani

      Reply

      Maaf kalo boleh tau Gresik daerah mana pak?

  • Herawati

    HerawatiHerawati

    Reply

    Mau tanya soal harga mesin air mineral… Gmna vara hub…. Nya. Mohon petunjuk….

  • Ikhwan

    IkhwanIkhwan

    Reply

    Mohon info harga 1 set mesin AMDK kap 5m3 full auto utk produk Galon, Botol dan Gelas.
    Sebelumnya diucapkan terima kasih

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      bisa kontak nomor yang tertera di atas mas.

  • Baden

    BadenBaden

    Reply

    Mohon informasinya, Desa kami berencana membuka BUMDES, dibidang produksi air kemasan, untuk itu mohon informasinya terkait estimasi biaya yg diperlukan dari A sampai Z terkait pendirian usaha ini. terimakasih

    • Karinov

      KarinovKarinov

      Reply

      bisa kontak nomor dan alamat email yang tertera di atas pak, terima kasih.

  • Jimmi Mantirri

    Jimmi MantirriJimmi Mantirri

    Reply

    Halo….
    saya Jimmi Mantirri, tertarik untuk memulai bisnis air dalam kemasan di kampung halaman saya di sulawesi selatan kabupaten Toraja Utara, namum saya tidak memiliki dasar pengetahuan untuk memulai usaha tersebut, apakah bisa share gimana cara memulai bisnis tersebut?

    • Semuel

      SemuelSemuel

      Reply

      Rencana buat mesin daerah Sulawesi selatan hanya untuk mendapat air yg layak masih bigung

  • Hanung Supriyanto

    Hanung SupriyantoHanung Supriyanto

    Reply

    Hallo…
    Nama saya Hanung Supriyanto
    Asal Karanganyar Solo Jateng
    Sekarang saya berada di Timor Leste.Mohon tanggapan langkah langkah cara mendirikan perusahaan air minum dalam kemasan.Saya menemukan sumber mata air jumlah ada 8 titik dlm 1 lokasi.Saya ingin tau caranya terlebih dahulu setelah itu saya ingin berbagi kpd saudara yg ada di Timor Leste.Mohon maaf karena didaerah sini semua serba beli dari Indonesia.Trmkasih atas tanggapannya semoga bermanfaat.

    • Karinov

      KarinovKarinov

      Reply

      boleh coba kontak nomor yang tertera di atas pak, semoga dapat membantu.

  • Achmad Marzuqi

    Achmad MarzuqiAchmad Marzuqi

    Reply

    Di tempat saya sumber mata air sungai masih fresh.. Hanya saja masih jauh dengan kota. Berada di hulu sungai mahakam.. Yang mana airnya masih sangat jernih dan mengalir sepanjang tahun.. Airnya juga memiliki ph dan belum tercemar. Belum ada investor untuk daerah ini.

  • Ius

    IusIus

    Reply

    Gimana caranya kalo mau jadi agen/distributor?
    Apa saja persyaratannya?

    • Karinov

      KarinovKarinov

      Reply

      boleh langsung kontak nomor yang tertera di atas saja pak. terima kasih.

  • Agusputrak

    AgusputrakAgusputrak

    Reply

    Saya menawarkan yang ingin bekerjasama untuk membuka prusahaan air minum kemasan untuk daerah Kalimantan Palangkaraya kabupaten gunung mas.

    Mata air freess… Peluang disini sangat memungkinkan dimana di Palangkaraya sendiri belum memiliki air kemasan sendiri. 081251029286

  • Maulana Herdika

    Maulana HerdikaMaulana Herdika

    Reply

    Saya ada sumber mata air bersih di takengo, aceh tengah. Saya ingin kerjasama…

    • Karinov

      KarinovKarinov

      Reply

      silakan hubungi nomor yang tertera di atas pak.

  • andri

    andriandri

    Reply

    saya di daerah perbatasan cirebon dan kuningan, rencana bikin usaha air kemasan gelas, di mana di tempat saya ada mata air yg cukup besar air nya, dan usaha ini diperuntukan buat pembangunan pesantren, dan pembelajaran bisnis untuk santri2nya, saya mau menanyakan modal awal keseluruhan kira berapa sampai beres tinggal jual, legalitas cv kita sudah ada, dan untuk yg minat membantu ekonomi peantren dgn kerjasama boleh hub saya.

  • Laksono

    LaksonoLaksono

    Reply

    no telp?

    • Karinov

      KarinovKarinov

      Reply

      tercantum di bagian bawah artikelnya pak.

  • junaidi

    junaidijunaidi

    Reply

    saya mau buka usaha air minum kemasan botol dan gelas….bisa bantu rincian permodalannya kah..dri hrga mesin ,botol gelas dan dos nya …dan diman sya bsa mendapatkan bahan bahan tersebut….terima kasih

  • Rudi

    RudiRudi

    Reply

    Halo salam kenal, di tempat saya ada sumber mata air yg sangat jernih dan tidak pernah kering,sudah terbukti dan di teliti ,tepat nya daerah kec.Rajabasa lampung selatan, silahkan jika ada investor yg ingin bekerja sama bisa kontak saya 081393008800 terima ksh

  • amsor

    amsoramsor

    Reply

    Saya ingin kerjasama!
    Yang tersediah satu titik mata air yang subur, lokasi Kp. Sukadana Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut provinsi Jawa Barat
    Sangat mudah untuk dipasarkan diseluruh Kabupaten Garut
    Saya mohon tanggapan pak, ke wa saya 085321773122

  • Stefanus Galar

    Stefanus GalarStefanus Galar

    Reply

    Selamat pagi, saya dari NTT khususnya Manggarai Timur ingin membuka usaha AMDK, di kampung saya sumber air berkelimpangan tapi perlu ada pengujian kualitas airnya, yang ingin saya tanyakan. Ada nda mesin AMDK yang skala kecil?

    • Karinov

      KarinovKarinov

      Reply

      bisa langsung hubungi kontak yang tertera di atas pak.

  • Eko Nugroho

    Eko NugrohoEko Nugroho

    Reply

    Ada contoh perhitungan bisnisnya pak, dari modal sampe proyek si untungnya..
    Makasih

    • Karinov

      KarinovKarinov

      Reply

      Mohon bisa ditanyakan langsung pada nomor kontak yang tertera di atas pak untuk mengetahui prospek bisnis lebih lengkapnya.

  • Bas

    BasBas

    Reply

    Bisa kerja sama gk,, saya di ende, Flores NTT

    • Karinov

      KarinovKarinov

      Reply

      bisa kontak langsung nomor di atas ya pak

  • Mimin

    MiminMimin

    Reply

    Pak,apakah bisa menggunakan sumber air dalam tanah lewat pengeboran?

    • Karinov

      KarinovKarinov

      Reply

      bisa ditanyakan langsung ke kontak yang tertera di atas ya pak.