Air minum dalam kemasan atau yang biasa disebut amdk adalah air yang diolah dengan menggunakan teknologi tertentu, kemudian dikemas dalam beberapa ukuran. Adapun ukuran air minum kemasan yang umum antara lain: Botol 330ml, Botol 600ml, Botol 1500ml, Gelas 240ml, Galon 19L maupun ukuran kemasan lainnya. 

Harga Mesin Air Minum dalam Kemasan (AMDK)

Harga mesin air minum kemasan amdk sangatlah bervariatif, banyak hal yang akan mempengaruhi harga tersebut. antara lain :

  1. Teknologi yang dipakai dalam mengolah air minum kemasan tersebut akan sangat mempengaruhi harga mesin air minum kemasan.
  2. Kapasitas produksi yang akan dihasilkan oleh mesin filter maupun mesin filling akan sangat mempengaruhi harga mesin air minum kemasan.
  3. Jenis produk apa saja yang akan dihasilkan, seperti (Galon, Botol atau Gelas) juga mempengaruhi harga mesin air minum kemasan.
  4. Beberapa material yang digunakan,seperti pipa apakah menggunakan PVC atau full stainless steel
  5. dan banyak hal lain yang akan mempengaruhi harga mesin air minum kemasan.

Terkait dengan banyaknya variasi mesin yang secara langsung akan mempengaruhi harga mesin air minum  kemasan, maka kami akan mencoba untuk membuat sebuah range harga supaya pembaca dapat memiliki patokan harga.

Jenis Mesin Air Minum KemasanHarga Terendah
Mesin Air Minum dalam GalonRp 90.000.000
Mesin Air Minum dalam GelasRp 175.000.000
Mesin Air Minum dalam BotolRp 200.000.000

Harga yang kami tuliskan diatas adalah perkiraan harga terendah, untuk harga mesin nya saja, belum termasuk Pekerjaan Sipil bangunan untuk perusahaan air minum dan sarana penunjang lainnya seperti izin usaha dan izin lokasinya.

mesin air minum dalam kemasan
Mesin air minum dalam kemasan ukuran Galon

Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan kami untuk mengetahui lebih banyak mengenai harga investasi perusahaan air minum kemasan terbaik. Harga dari mesin masing-masing pabrik sangat bervariatif, hal itu disebabkan karena adanya perbedaan kualitas sumber air yang dipakai untuk dijadikan air minum kemasan.

Cara Membuka Bisnis Air Minum Kemasan

Desain pabrik air minum dalam kemasan

Desain dari pabrik air minum amdk merupakan perencaan awal untuk peletakan mesin-mesin ataupun peralatan lainnya sesuai dengan ketentuan dari pemerintah mengenai ketentuan tata letak pabrik air minum kemasan. Sehingga peletakan Mesin AMDK dapat direncanakan dengan baik.

Izi Perusahaan Air Minum Komersil

Untuk Perusahaan atau Pabrik air minum kemasan amdk diperlukan minimal ijin usaha yang berupa CV. dimana untuk membuat CV diperlukan beberapa dokumen untuk menunjang Badan perusahaan tersebut, antara lain: SIUP, TDP, NPWP, AKTA PERUSAHAAN, SIPA, HO, IUI, TDI dll.

Ijin distribusi produk air minum kemasan

Pada saat pabrik air minum kemasan mendistribusikan produk air minum kemasan amdk ke distributor atau agen-agen daerah lainnya. maka perusahaan tersebut harus memiliki izin BPOM dan Standar Nasional Indonesia dan dapat dilengkapi dengan sertifikasi KAN, ISO 9000 maupun sertifikat halal.

Ijin edar dari perusahaan harus di dapatkan sebelum perusahaan ingin mengedarkan produk mereka. Standarisasi pada sistem pabrik air minum merupakan tidak terlepas dari Departemen kesehatan, Karena Depkes RI merupakan regulator dalam pembuatan beberapa standar.

Sertifikasi pabrik air minum kemasan

Kode Sertifikasi ISO 9000:2000; Kode Sertifikasi ISO 14.000; Kode Sertifikasi Halal; Kode Sertifikasi SNI; Sertifikasi KAN; Sertifikat higiene and sanitary

Dokumen pendukung pembuatan pabrik air minum

Selain dari dokument yang disebut diatas, sebuah pabrik air minum kemasan amdk juga memerlukan dokumen penunjang. dokument lainnya yang diperlukan adalah Sertifikat kalibrasi dari alat-alat yang digunakan oleh laboraturium perusahaan.

Untuk mendukung mesin AMDK beberapa alat, seperti kalibrasi PH meter, OZONE(O3), Conductivity meter dan peralatan laboraturium lainnya.Dengan dilengkapinya sertifikat kalibrasi dari alat alat laboraturium tersebut, maka pabrik air minum kemasan sudah dapat memulai berproduksi, dan setiap hasil produksinya secara random akan dilakukan pengujian di lab.

Sertifikat kalibrasi didapatkan dari badan kalibrasi negara dan proses kalibrasi harus dilakukan setiap tahun untuk setiap alat laboraturiumnya.

Peralatan laboratorium Pabrik Air Kemasan – AMDK

Salah satu persyatan untuk pengajuan sertifikasi SNI dan Ijin BPOM adalah terdapatnya ruangan laboraturium yang terdapat beberapa alat lab untuk keperluan pengetesan air baik secara Fisika, Kimia maupun biologi, yang dimana Sertifikat SNI akan di keluarkan oleh Departemen Perindustrian.

Bagi sebuah Bisnis Pabrik air minum dalam kemasan amdk, ruangan lab dan peralatannya sangat diperlukan untuk mengontrol air hasil olahan tersebut apakah sudah layak atau belum. Laboraturium akan digunakan dalam proses pengujian secara acak atau berkala untuk air sumber yang akan digunakan dalam proses produksi, maupun air hasil yang sudah selesai di kemas.

Water & waste water treatment spesialist yang dipercaya dalam proses pengolahan air. Menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan.

CP: 0812 1032 3334 / 0821 1757 5575 / [email protected]

There are currently no comments.