WhatsApp tidak hanya tersedia untuk ponsel. WhatsApp Web merupakan versi website dari aplikasi WhatsApp yang biasa kita gunakan. Cara mengaksesnya cukup mudah, dengan mengetik kata WhatsApp Web di mesin mencari kemudian scan barcode yang tampil di layar komputer dengan ponselmu. Maka otomatis aplikasi WhatsApp di ponsel secara otomatis terhubung di komputer.

Fitur dan Trik Terbaru WA Web

Perlu kamu ketahui, WhatsApp Web tidak dapat berfungsi apabila tidak saling sinkron. Secara lengkapnya, WhatsApp Web tidak akan berfungsi di komputer dan tablet jika nomor ponsel yang disinkronkan dimatikan. Agar WhatsApp Web tetap berfungsi, ponsel tempat akun WhatsApp aktif harus dihidupkan bersama dengan koneksi internet yang aktif.

Tampilan Aplikasi WhatsApp
Tampilan Aplikasi WhatsApp

Setelah saling terhubung di WhatsApp Web, maka akunmu tidak akan keluar bahkan setelah kamu menutup browser atau bahkan jika kamu telah mematikan sistem. Artinya setiap kali kamu mengunjungi website web.whatsapp.com, chat WhatsApp kamu secara otomatis akan tetap tersambung.

Selain itu, kamu bahkan tidak memerlukan ponselmu di dekat komputer agar WhatsApp Web berfungsi. Ini berarti ponsel dan perangkat tempat WhatsApp Web aktif dapat terpisah satu sama lain dan keduanya akan tetap berfungsi. Seperti yang telah dijabarkan, ponsel harus memiliki koneksi internet aktif, dan dengan itu setelah ponsel dan komputer saling terhubung dengan WhatsApp Web, ponsel akan tetap terhubung bahkan jika kamu telah bepergian ke negara lain.

Bicara tentang fitur yang ada di WhatsApp Web, beberapa di antaranya sudah kamu nikmati pada versi ponselnya. Namun, mungkin fitur-fitur di bawah ini belum banyak kamu ketahui.

1. Beberapa Akun WhatsApp Pada PC yang Sama

Menggunakan WhatsApp Web di PC
Menggunakan WhatsApp Web di PC

Beberapa orang memiliki dua ponsel dengan akun WhatsApp terpisah, atau mungkin menggunakan ponsel dual-SIM dengan beberapa aplikasi WhatsApp.

Apabila kamu ingin menjalankan dua akun Web WhatsApp di komputer, kamu tidak bisa begitu saja membuka dua tab di Chrome dan masuk secara terpisah. Trik terbaik WhatsApp Web untuk menggunakan banyak akun adalah dengan membuka jendela penyamaran (incognito tab) atau browser yang berbeda.

Jadi, jika kamu memiliki satu akun yang masuk ke Chrome, mulai jendela baru di Mode Incognito, atau jalankan browser kedua dan buka WhatsApp Web melalui itu. Masuk seperti biasa, menggunakan akunmu yang lain untuk membaca kode QR. Dalam Mode Incognito, kamu dapat menggunakan WhatsApp Web selama satu jam sebelum secara otomatis mengeluarkanmu karena terdeteksi akun WhatsApp-mu telah masuk di browser yang sama.

2. Membaca Pesan Tanpa Centang Biru

Buka aplikasi lain dan tempatkan kursor disana
Buka aplikasi lain dan tempatkan kursor disana

Kamu bisa langsung dapat mematikan centang biru di ponsel jika kamu menginginkannya, tetapi ada trik WhatsApp Web yang keren untuk menyiasatinya.

Jika kamu sedang mengobrol dengan seseorang di WhatsApp dan ingin membaca pesan mereka tanpa mereka menerima centang biru telah dibaca, inilah yang dapat kamu lakukan:

  • Buka obrolan di jendela WhatsApp Web.
  • Buka Notepad, dan ubah ukurannya sehingga kamu dapat melihat obrolan Web WhatsApp selengkapnya di latar belakang.
  • Klik di file Notepad dan pertahankan kursor kamu di sana. Ini adalah langkah penting, karena komputer mengira kamu bekerja di jendela yang berbeda. Pesan akan dimuat di jendela obrolan latar belakang, yang dapat kamu lihat, tanpa ditandai telah dibaca dengan tanda centang biru.
  • Tanda tersebut tetap akan menjadi centang abu-abu ganda, yang berarti pesan diterima oleh Anda, tetapi tidak dibaca. Saat kamu ingin menandainya sebagai telah dibaca, klik jendela obrolan WhatsApp Web dan tanda centang itu akan langsung berubah menjadi biru.

3. Menggunakan Dark Mode di WhatsApp

Beberapa tahun lalu, dark mode adalah fitur WhatsApp Web tersembunyi yang belum diluncurkan perusahaan ke publik yang keberadaannya ditunggu-tunggu. Namun, untuk saat ini fitur mode gelapini sudah dapat diakses melalui WhatsApp. Caranya sangat mudah

  • Buka WhatsApp Web di komputer dan masuk melalui kode QR. Untuk melakukan ini, buka WhatsApp di ponsel Android kamu > ketuk ikon tiga titik di kanan atas > Pengaturan > WhatsApp Web. Di iPhone, buka WhatsApp > Pengaturan > WhatsApp Web. Sekarang pindai kode di layar komputer menggunakan smartphone Anda dan masuk.
  • Klik ikon tiga titik di bagian atas daftar obrolan terbaru yang berada di WhatsApp Web kamu > Pengaturan> Tema.
  • Sekarang pilih mode Gelap (Dark) dan klik OK. Itu saja, sekarang buka WhatsApp Web dan nikmati mode gelap. Kamu dapat mengembalikannya ke mode terang (Light) dengan cara yang sama.

4. WAToolkit untuk WhatsApp Web

WAToolkit untuk Chrome Browser
WAToolkit untuk Chrome Browser

Di WAToolkit, pengguna Chrome memiliki ekstensi luar biasa untuk menambahkan fitur tambahan ke WhatsApp Web. WAToolkit menambahkan dua trik keren ke fitur WhatsApp Web bawaan, termasuk yang memungkinkan kamu membaca percakapan lagi tanpa memicu tanda centang biru.

  1. Background Notification: Saat kamu mendapatkan pesan baru di WhatsApp Web, kamu tidak perlu lagi beralih ke tab Web WhatsApp untuk membacanya. Lencana ikon WAToolkit menunjukkan berapa banyak pesan yang belum dibaca yang kamu miliki. Arahkan kursor ke atas ikon dan kamu akan dapat melihat pesan, tanpa membuatnya muncul centang biru pada layar si pengirim pesan.
  2. Full-Width Chat Bubbles: Secara default, WhatsApp tidak merentangkan chat seseorang di seluruh lebar jendela obrolan. Itulah mengapa kamu mendapatkan teks multi-baris saat teks tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam satu baris jendela desktop. WAToolkit memperbaikinya dengan mengubah gelembung teks menjadi lebar penuh.

5. Menggunakan Emoji dengan Keyboard

Pesan instan terasa tidak lengkap tanpa emoji. Tapi butuh waktu lama untuk mencari emoji yang kita inginkan dari sekian banyak emoji yang tersedia di WhatsApp Web. Cara lama yang paling sering kita gunakan adalah dengan klik ikon emoji di sebelah kotak teks, dan kemudian temukan emoji yang tepat.

Ada trik WhatsApp Web yang lebih cepat dengan menggunakan keyboard. Saat berada di bagian kotak teks yang biasa, ketik titik dua (Shift + :) diikuti dengan dua huruf pertama dalam Bahasa Inggris dari emoji yang ingin kamu gunakan.

Akan muncul panel kecil untuk mencocokkan apa yang kamu ketik dengan emoji yang kamu inginkan. Contohnya adalah sebagai berikut.

panel pilihan emoji whatsapp
panel pilihan emoji whatsapp

Kamu juga dapat mengakses tombol emoji, stiker, dan GIF dengan menekan Shift + Tab saat berada di jendela obrolan mana pun, kemudian klik Enter atau ikon yang tersorot.

Fitur WhatsApp Web juga dapat mengubah emoji klasik. Perlu kamu ketahui, beberapa emoji tidak memerlukan trik titik dua dan Shift seperti di atas karena salah satu fitur terbaik WhatsApp Web adalah mengonversinya secara otomatis dari emotikon teks klasik menjadi emoji modern seperti di bawah ini.

Emoticon klasik untuk WhatsApp Web

Tanya Jawab Seputar WA Web

Apakah WhatsApp Web juga bisa dipakai untuk akun WA Bisnis?

Ya, baik akun wa personal maupun wa bisnis dapat menggunakan fitur whatsapp web. Caranya pun sama persis, kamu dapat melihat fitur WhatsApp web pada menu di pojok kanan atas aplikasi WA.

Apakah WA Web dapat dipakai jika HP dalam keadaan mati?

Tidak, untuk mengunakan whatsapp web, handphone kamu harus tetap terkoneksi ke jaringan internet. Jadi pastikan baterai HP kamu masih cukup serta memiliki paket atau terhubung ke wifi internet yang aktif untuk menggunakan fitur Web WhatsApp.

Bisakah membuka WhatsApp di PC/Laptop tanpa membuka web.whatsapp.com?

Bisa, kamu dapat mengunduh aplikasi WhatsApp for Windows / Mac lewat halaman download di www.whatsapp.com/download. Sayangnya, aplikasi WhatsApp for PC ini juga bekerja mirip seperti WA Web dimana aplikasi tidak bisa berfungsi jika WhatsApp yang terpasang di smartphone tidak aktif.

Adakah cara lain agar bisa mengakses WA di PC tanpa harus memiliki smartphone?

Ada, cara lain agar Anda bisa mengakses WhatsApp tanpa menggunakan mobile phone adalah dengan menginstall emulator android di PC kamu seperti Bluestack. Dengan Bluestack, kamu seolah-olah akan memiliki HP android virtual yang ada di dalam komputer/laptop. Selanjutnya, Anda tinggal menginstall aplikasi WhatsApp seperti biasa di android virtual dalam aplikasi Bluestack tersebut.

WhatsApp Web adalah cara mudah menggunakan WhatsApp di komputer mana pun di dunia selama kamu memiliki ponsel untuk masuk. Bagaimana, Apakah ada fitur-fitur WhatsApp Web yang baru kamu ketahui dari membaca artikel ini? Jika ada pertanyaan atau hal-hal yang kurang jelas, silakan ajukan lewat kolom komentar dibawah ini.

There are currently no comments.