Saat ini pasar bebas dan proses impor-ekspor sudah menjadi aktivitas yang umum untuk dilakukan. Salah satu tempat yang sering digunakan untuk melakukan impor adalah China, sehingga kamu perlu mengetahui apa saja hal yang perlu disiapkan sebelum proses impor dilakukan. Berikut merupakan penjelasan lengkap terkait dengan teknis impor barang dari China tersebut.

Tahapan Cara Impor Barang dari Luar Negeri

Impor barang bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah, namun, jika Anda mengetahui detail langkah-langkahnya, sebenarnya kamu bisa melakukan import secara mandiri. Berikut panduan lengkap impor barang dari China dirangkum oleh tim jasa import:

  1. Tentukan Harga dan Sistem Pembelian

    Ketika hendak berbelanja di luar negeri, ada baiknya memperhatikan pemasok terlebih dahulu. Pilih pemasok sebelum proses perdagangan dilakukan, karena ini akan memudahkan kamu untuk melihat produk dan harga yang mereka tawarkan.

    Ada berbagai istilah dalam pengiriman barang yang perlu diketahui, misalnya ocean freight, free on board dan lainnya. Masing-masing istilah tersebut merupakan teknis dalam pengiriman yang digunakan oleh pemasok. Jangan sampai kamu memilih satu pemasok namun tidak mengetahui teknis kirim yang mereka gunakan.

  2. Tentukan Cara Pengiriman Barang

    Jika sudah menemukan pemasok yang tepat, maka pilihan selanjutnya adalah menentukan cara pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia. Ketahui dengan lengkap term atau aturan dalam pembayaran, harga impor dan biaya bea cukai, serta informasi tambahan lain yang akan membantu kamu.

    Agar kamu bisa mendapatkan informasi mengenai biaya pengiriman yang tepat, kamu bisa bertanya langsung kepada perusahaan yang akan mengirimkan produk kami. Tentunya mereka akan dengan senang hati menyediakan informasi terkait dengan produk yang hendak dikirimkan, karena dengan begitu proses pengiriman dan penerimaan menjadi lebih mudah.

  3. Pilih Cara Pengiriman yang Menguntungkan

    Ada beragam cara kirim yang bisa kamu gunakan, semuanya tentu memiliki resiko, kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sebelum kamu yakin benar dengan jasa pengiriman yang hendak digunakan, ada baiknya memperhatikan detail terkait proses pengiriman tersebut.

    Jangan ragu untuk membandingkan antara satu ekspedisi dengan ekspedisi yang lain, dengan begitu kamu bisa mendapatkan harga terbaik dan layanan yang memuaskan. Setidaknya ada 3 pilihan pengiriman yang bisa kamu pakai, yakni pengiriman darat, laut dan udara.

    Masing-masing metode pengiriman memiliki kelebihannya sendiri, misalnya untuk pengiriman laut yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan produk atau barang dalam jumlah yang besar. Berbeda dengan sistem udara, yang memberikan proses pengiriman cepat dengan beban barang yang lebih terbatas.

  4. Jangan Lupa untuk Diasuransikan

    Melakukan asuransi pada produk yang kamu beli di luar negeri merupakan hal yang penting. Ini karena proses pengiriman yang lama dan tidak bisa kamu pantau secara langsung. Jangan sampai barang yang hendak kamu terima rusak atau hilang di perjalanan. Karena itu, pilih jasa ekspedisi yang memberikan layanan asuransi pada produk atau barang yang mereka kirimkan.

    Banyak pedagang di luar negeri yang lepas tangan setelah produk dikirimkan, karena itu sebaiknya asuransikan barang untuk menghindari hal-hal yang merugikan. Untuk mendapatkan asuransi, kamu bisa langsung bertanya pada pihak ekspedisi yang kamu gunakan. Harganya memang cukup mahal, namun setidaknya kamu akan mendapatkan barang yang sepadan sesuai kondisi beli.

  5. Ketahui Aturan Kepabeanan

    Kepabean dalam pemerintahan Indonesia membantu untuk menyortir barang yang dibeli secara impor. Inilah kenapa penting untuk memperhatikan kepabean dan aturannya sebelum kamu benar-benar mengirimkan produk ke Indonesia. Jangan sampai ketika sudah sampai di Indonesia, barang yang kamu miliki di tahan.

    Kamu bisa membaca mengenai aturan kepabean di internet atau bertanya kepada mereka yang sudah berpengalaman mengenai urusan bea cukai. Jika kesulitan, jangan ragu bertanya kepada pihak ekspedisi terkait dengan proses dan aturan mengenai bea cukai di Indonesia. Ini akan memudahkanmu dalam memasukkan barang dengan proses bea cukai yang lebih singkat.

  6. Tentukan Cara Pembayaran

    Penting untuk menentukan cara pembayaran setelah semua proses pengiriman dan pembelian barang dilakukan. Jika menggunakan shipping secara internasional, tentu kamu harus menggunakan kartu atau cara pembayaran yang bisa digunakan untuk pembayaran global.

    Ada beberapa cara untuk melakukan pembayaran, misalnya dengan transfer bank ke luar negeri, sehingga kamu bisa segera memproses pengiriman barang. Bisa juga menggunakan kartu kredit, ini bisa dilakukan jika supplier atau pedagang yang kamu pilih juga menggunakan jasa kartu kredit internasional.

    Kamu juga bisa menggunakan wesel inkaso, yang merupakan pengiriman wesel dengan persetujuan dari masing-masing pihak. Kamu bisa mengirimkan dokumen untuk melakukan pembayaran yang diperlukan, sedangkan dari pihak supplier atau pedagang akan mengirimkan produk yang kamu beli.

Itulah berbagai cara untuk melakukan proses impor dari luar negeri, khususnya China ke Indonesia. Proses impor barang memang termasuk rumit, namun kalau kamu sudah tahu aturan dan tekniknya, ia tidak sesulit yang dibayangkan. Semoga informasi tersebut dapat membantumu untuk melakukan pembelian barang dari luar negeri di waktu dekat.

Author

Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya.