Sudah pernah mendengar singkatan KBKI? Atau baru pertama mendengarnya? KBKI merupakan singkatan dari Klasifikasi Baku Komoditas Indonesia. Mereka yang akrab dengan istilah ini biasanya yang bekerja di bidang industri, pertambangan, pertanian dan sektor lainnya yang mencakup komoditi pembuatan atau pengelolaan barang berorientasi internasional. 

Definisi KBKI

KBKI merupakan cakupan atau kualifikasi uraian tentang beberapa rincian hasil produksi dalam negeri yang meliputi beberapa sektor mulai dari hasil pertanian, industri, energi, pertambangan, hingga perusahaan jasa. Semua sektor tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar untuk proses penyusunan statistik perdagangan, neraca nasional dan lainnya.

Penyusunan KBKI tentu dilakukan dengan maksud dan tujuan tertentu, di mana ruang cakupannya dan struktur pengkodeannya dilakukan secara hirarki. 

Tujuan Dibuatnya KBKI

Proses penyusunan KBKI merupakan proses penting yang harus dilakukan demi menyajikan kerangka hasil produksi komoditas barang dan jasa yang komprehensif di Indonesia. Tujuan utama disusunnya dokumen KBKI ini adalah untuk penyeragaman pengumpulan, pengolahan, penyajian, analisis serta diseminasi data menurut jenisnya.

Selain itu, pembuatan KBKI juga diharapkan dapat mengharmonisasi bidang-bidang statistika ekonomi di Indonesia sehingga neraca nasional mampu berfungsi sebagaimana mestinya. 

Lantas apa saja manfaat KBKI?

Kerangka Kerja

Rencana kerja yang berhubungan dengan berbagai sektor harus melalui beberapa tahapan penelaahan yang tepat. Dan KBKI dinilai sangat efektif untuk membandingkan satu aspek dengan aspek lainnya. Contohnya perbandingan antara komoditi barang yang dihasilkan oleh nasional dan luar negeri. Bisa juga meliputi perbandingan jenis statistik yang masih ada hubungannya dengan komoditi produk. 

Dasar Pengembangan Daftar Barang

Setiap barang biasanya masuk dalam list yang berbeda dan masing-masing sudah dikelompokkan dengan baik dan benar. KBKI diharapkan bisa menjadi dasar pengembangan dari daftar barang terutama guna kepentingan statistika harga. 

Studi Transaksi Barang

Dan tujuan terakhir dibuatnya KBKI tidak lain sebagai studi kasus tentang transaksi barang yang terjadi di Indonesia. Dengan melakukan kegiatan ini pemerintah diharapkan bisa mengambil keputusan yang tepat saat melakukan transaksi pembelian atau penjualan barang.

Download PDF KBKI Terbaru

Berikut dokumen KBKI versi terbaru (2012 dan 2013) yang merupakan revisi dari versi publikasi sebelumnya (KBKI 2010). Panduan KBKI berikut ini berisi deskripsi dari struktur klasifikasi komoditas barang dan jasa. Pembuatan KBKI ini merujuk pada Central Product Classification versi 2 yang diterbitkan oleh United Nation Statistics Division (UNSD). Adapun dokumen asli ini diperoleh langsung dari otoritas resmi Badan Pusat Statistik Indonesia.

Donwload KBKI Komoditas Jasa (2013)

Untuk menjalankan proses download KBKI 2013 (seksi 5 ke atas untuk perusahaan jasa), Anda cukup menekan tombol download di atas.

Download KBKI Komoditas Barang (2012)

Sebagaimana diketahui, KBKI untuk komoditas barang dirilis pada tahun 2012 yang biasa disebut sebagai KBKI 2012. Sayangnya, buku KBKI 2012 ini terbagi menjadi 4 buku. Setiap buku menunjukkan isi seksi masing-masing, buku satu untuk KBKI seksi 0 dan 1, buku dua untuk KBKI seksi 2 dan seterusnya.

Buku 1 Mencakup Klasifikasi Baku Komoditas Indonesia yang berisikan komoditas barang untuk seksi 0, dan seksi 1. Seksi 0 merupakan komoditas hasil Pertanian, Kehutanan dan Perikanan, sedangkan seksi 1 adalah komoditas Bijih Besi dan Mineral; Listrik, Gas dan Air.

Buku 2 berisikan komoditas barang untuk seksi 2 Produk Makanan, Minuman dan Tembakau; Tekstil, Pakaian dan Produk Kulit.

Buku 3 untuk komoditas seksi 3 Barang Lainnya Yang Dapat Diangkut, Kecuali Produk Logam, Mesin Dan Perlengkapannya.

Buku 4 untuk komoditas seksi 4 Produk Logam, Mesin dan Perlengkapannya.

Sistem dan Struktur Kode KBKI

Sistem pemberian kode yang terjadi pada KBKI tidak dibina secara sembarangan tapi melalui beberapa riset sehingga menghasilkan sistem dan struktural yang terbaik berikut ini:

contoh struktur kode KBKI 2013
Contoh struktur kode dalam KBKI 2013

KBKI 2012 menerapkan struktur dan sistem pemberian kode secara hirarki. Adapun struktur dan sistem pemberian kode KBKI 2012 adalah sebagai berikut:

a. Seksi (section), merupakan garis besar penggolongan produk/ komoditas barang dan diberi kode 1 (satu) digit. Dalam KBKI 2012, seluruh produk barang digolongkan kedalam 5 seksi dan diberi kode angka dari 0 sampai dengan 4.

b. Divisi (division), merupakan uraian lebih lanjut dari seksi produk/ komoditas. Kode divisi terdiri dari 2 (dua) digit, dimana satu digit pertama menunjukkan seksi yang berkaitan dan satu digit terakhir menunjukkan produk/ komoditas dari divisi bersangkutan.

c. Kelompok (group) , merupakan uraian lebih lanjut dari divisi produk/ komoditas. Kode kelompok terdiri dari 3 (tiga) digit, dimana dua digit pertama menunjukkan divisi yang berkaitan dan satu digit terakhir menunjukkan produk/ komoditas dari kelompok yang bersangkutan.

d. Kelas (class), merupakan uraian lebih lanjut dari kelompok produk/ komoditas. Kode kelas terdiri dari 4 (empat) digit, dimana tiga digit pertama menunjukkan kelompok yang berkaitan dan satu digit terakhir menunjukkan produk/ komoditas dari kelas bersangkutan.

e. Subkelas (subclass), merupakan uraian lebih lanjut dari kelas produk/ komoditas dan menunjukkan penggolongan pada tingkatan paling rendah dalam struktur klasifikasi internasional yaitu CPC. Kode subkelas terdiri dari 5 (lima) digit, dimana empat digit pertama menunjukkan kelas yang berkaitan dan satu digit terakhir menunjukkan produk/komoditas dari subkelas bersangkutan. Setiap subkelas dapat diuraikan lebih lanjut menjadi lebih dari satu komoditas yang mencakup produk/komoditas yang homogen.

f. Kelompok Komoditas, merupakan uraian lebih lanjut dari subkelas yang dikembangkan khusus untuk keperluan di Indonesia. Kode kelompok komoditas terdiri dari 7 (tujuh) digit, lima digit pertama menunjukkan subkelas yang berkaitan dan dua digit terakhir yaitu digit enam dan digit tujuh menunjukkan produk/ komoditas dari kelompok komoditas bersangkutan.

g. Komoditas, merupakan uraian lebih lanjut dari kelompok komoditas dan menunjukkan penggolongan pada tingkatan paling rendah dalam struktur KBKI 2012. Kode komoditas terdiri dari 10 (sepuluh) digit, tujuh digit pertama menunjukkan kelompok komoditas yang berkaitan dan tiga digit terakhir yaitu digit delapan, sembilan dan sepuluh menunjukkan komoditas bersangkutan.

Hubungan KBKI Dengan KBLI

Dua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda, tapi bila bicara tentang hubungan ada banyak hal yang bisa kita temukan. Bila mencari persamaan, kita bisa menemukan persamaan KBKI dan KBLI dengan sangat mudah yakni sama-sama mengklasifikasikan sesuatu secara general. 

Bedanya, KBLI lebih menitikberatkan pada penggolongan berdasarkan aktivitas/kegiatan ekonominya. Sementara fokus pembahasan atau kajian KBKI lebih kepada kode komoditas barang atau jasa yang banyak digunakan oleh perusahaan dengan pasar mancanegara (ekspor – impor). 

Dari uraian di atas, kita mengenal klasifikasi organisasi struktural dari KBKI, nyatanya organisasi atau subkelas KBKI memiliki hubungan kegiatan ekonomis yang sangat kokoh dengan KBLI.

Dengan memahami penjabaran lengkap dari KBKI ini, Anda bisa lebih memahami bagaimana pengaruh sektor-sektor bisnis terhadap produk atau komoditas di Indonesia sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

F.A.Q

Apa hubungan KBKI dengan HS Code?

Hubungan KBKI dengan kode HS mempunyai hubungan yang sangat dekat, struktur pengelompokan barang-barang yang ada di KBKI disusun mendekati struktur pada HS code, sebagai contoh subkelas KBKI dalam seksi 0-4 merupakan pengelompokan dan penyusunan kembali dari penggolongan-penggolongan lengkap yang ada pada HS.

Apa perbedaan KBKI dengan KBLI?

KBKI dan KBLI keduanya merupakan klasifikasi yang berfungsi umum, dimana KBLI menyajikan sisi aktivitas/kegiatan ekonominya, sedangkan KBKI menyajikan sisi produk/komoditas yang dihasilkan oleh suatu aktivitas/kegiatan ekonomi dari KBLI.

Ada berapa total seksi dalam KBKI terbaru?

Secara total ada 10 kode seksi untuk KBKI dimana kode 0-4 digunakan untuk kategori komoditas barang sedangkan seksi 5-10 digunakan untuk komoditas jasa.

Apa perbedaan KBKI 2012 dengan KBKI 2013?

Keduanya, baik KBKI 2012 maupun KBKI 2013 adalah versi terbaru yang diterbitkan pemerintah Indonesia hingga saat ini. Hanya saja, KBKI 2012 fokus pada komoditas barang sedangkan KBKI 2013 fokus berisi koded untuk komoditas jasa.

Siapa lembaga yang bertanggung jawab atas peneribitan KBKI ini?

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 Tentang Statistik menyebutkan bahwa dalam rangka mewujudkan dan mengembangkan Sistem Statistik Nasional (SSN), Badan Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan instansi pemerintah dan masyarakat untuk membangun pembakuan konsep, definisi, klasifikasi, dan ukuran-ukuran.

Oleh karenanya, penyusunan buku Klasifikasi Baku Komoditas Indonesia (KBKI) tahun 2012, yang selanjutnya disebut KBKI 2012 ini merupakan perwujudan diantara tugas BPS [BPS.go.id].

Referensi: Semua penjabaran di atas disarikan dari BPS.go.id

  • Andi

    AndiAndi

    Reply

    Informasinya sangat membantu.