Al-Azhar Memorial Garden merupakan fasilitas pemakaman yang dikelola oleh Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar bagi umat muslim. Layanannya bukan hanya sebatas areal pemakaman saja, namun juga proses pemakaman yang sesuai dengan syariat Islam dan pemeliharaan makam selamanya.

Pengelola akan membantu mulai dari proses pemulasaraan jenazah sampai penguburannya, termasuk dengan menyediakan ustad untuk memimpin prosesi. Tersedia berbagai tipe kavling pemakaman dengan kapasitas dan spesifikasinya masing-masing.

Harga yang diberikan untuk setiap tipe sudah termasuk dengan layanan pemeliharaan seumur hidup bagi makam tersebut.

Fasilitas Al-Azhar Memorial Garden

Taman pemakaman ini memiliki berbagai fasilitas pendukung untuk mengkomodir keluarga yang datang berziarah. Kondisinya juga terus dijaga oleh pengelola untuk tetap nyaman dan bersih.

Berikut beberapa fasilitas yang membuat Al Azhar Memorial Garden berbeda dari pada taman makan lainnya.

suasana teduh pemakaman al azhar karawang
Suasana teduh pemakaman al azhar karawang

Masjid

Disediakan masjid di areal pemakaman ini bagi keluarga yang membutuhkan tempat sholat saat sedang berziarah. Dengan demikian, keluarga tetap bisa menunaikan ibadah sholat 5 waktu tepat pada waktunya. 

Gazebo

Tempat berteduh bagi keluarga atau kerabat disediakan berupa bangunan gazebo. Bangunan ini diperuntukkan apabila sewaktu-waktu cuaca tidak bersahabat ketika sedang berziarah.

Sertifikat

Ini yang menarik, setiap keluarga yang melakukan pemakaman disini memiliki sertifikat atas lahan yang digunakan. Sertifikat ini sebagai bukti kepemilikan atas lahan pemakaman yang dibeli. 

Jalan setapak

Pengelola membangun jalan setapak yang mengakomodir akses ke seluruh makam. Hal ini memudahkan peziarah untuk mencapai lokasi makam yang ingin dikunjungi. Selain itu, keberadaannya walkway ini juga menghindarkan makam terinjak, terlangkahi, maupun diduduki secara tidak sengaja oleh pengunjung. 

Bebas biaya pemeliharaan

Penggunaan lahan pemakaman di Al Azhar Memorial Garden dibebaskan dari biaya pemeliharaan. Makam akan tetap terjaga kondisi dan keasriannya tanpa biaya bulanan atau tahunan. Hal ini sebagai antisipasi apabila ada keluarga yang terlupa untuk membayarkan biaya perawatan berkala. 

Keunggulan 

Al-Azhar Memorial Garden memiliki dua keunggulan utama dibandingkan lahan pemakaman lainnya. 

Sesuai syariat Islan

Pemakaman ini dikelola berdasarkan prinsip Islam secara keseluruhan mulai dari penanganan jenazah, pemakaman, dan pemeliharaan makam. Pelaksanaan pengelola tanah makan juga sudah sesuai dengan fatwa MUI tahun 2014.

Fasilitas ini juga khusus untuk kaum muslim sesuai dengan aturan Islam jika pemakaman tidak boleh bercampur dengan makan non muslim. Lokasinya juga ketentuan menghadap kiblat yang dijamin dengan adanya sertifikat arah kiblat dari Kemenag Karawang. Kedalaman meter yakni 1,5 meter dan disusun berjejer sesuai dengan Fatwa MUI DKI Jakarta Tahun 2011 yang menyatakan jika menumpuk jenazah tidak diperbolehkan. 

Tersedia fasilitas pendukung berupa jalan setapak sehingga makam tidak dilangkahi, diduduki dan diinjak-injak. Meskipun dijamin asri dan nyaman, makam yang disediakan dijamin bebas dari kemewahan agar tidak melanggar syariat Islam. Hal ini dibuktikan dengan bentuknya berupa gundukan sederhana tanpa bangunan apapun di atasnya, hanya diberikan batu nisan sederhana sebagai penanda. 

Dikelola secara profesional

Pengelolaan Al-Azhar Memorial Garden dijamin sesuai syariah dan juga profesional. Salah satunya dengan mewujudkan pemakaman yang rapi dengan sejumlah fasilitas pendukung yang memadai. Fasilitasnya antara lain masjid, musala, toilet, tempat parkir, dan perawatan rutin. 

Layanan diberikan mulai dari pemulasaran jenazah, penyediaan batu nisan, ambulan, dan prosesi pemakaman. Pemulasaran mulai dari memandikan, mengkafani, menunaikan shalat jenazah dan memberangkatkan jenazah menuju lokasi. Dilanjutkan dengan pemakaman yang dipimpin oleh ustad, jasa gali-tutup lubang, dan nisan sementara. 

Prosesi pemakaman akan disiapkan komplet dengan tenda, dokumentasi, kursi pengunjung, sound system, dan spanduk duka cita. Kemudian, akan diberikan pula pemeliharaan makam sepanjang masa tanpa biaya tambahan. Layanan ini berupa pemotongan rumput, pembersihan, dan penyiraman rutin agar senantiasi asri dan nyaman. 

Lokasi dan Alamat

Setiap harinya diperkirakan ada 11 warga Jakarta yang meninggal dunia setiap harinya sehingga lahan pemakaman yang apik terus berkurang. Al-Azhar Memorial Garden memberikan solusi atas masalah pemakaman ini bagi pemerintah, masyarakat muslim, maupun masyarakat sekitar. Keberadaannya juga dapat memberikan keamanan, kenyamanan, dan ketentraman bagi keluarga yang ditinggalkan.

Lahannya membentang seluas 25 hektar sehingga mampu menampung hingga 29.000 ribu jenazah. Letaknya cocok untuk masyarakat muslim di wilayah Jabodetabek, Karawang, Cikarang, Bandung, dan sekitarnya.

  • Lokasi: Jl. Peruri, Desa Pinayungan, Telukjambe Timur,Karawang Timur, Jawa Barat (hanya 10 menit dari exit tol Jakarta Cikampek).
  • Kantor: Kindo Square Blok B4, Jl. Duren Tiga Raya No. 101, Jakarta Selatan.

Kantor pemasaran yang berada di Lokasi dekat dengan Jakarta sehingga bisa menjadi alternatif untuk umat muslim yang ingin mendapatkan pemakaman yang nyaman dan mudah dijangkau. Apalagi lahan pemakaman di Jakarta diperkirakan kekurangan hingga 209 hektar. 

Al-Azhar Memorial Garden bisa menjadi alternatif untuk masyarakat yang kesulitan menemukan tempat makan yang ideal.

There are currently no comments.