Di zaman yang serba digital seperti ini, peran travel agent dan jasa tour baik untuk perusahaan maupun personal nampaknya sudah mulai berkurang. Hal ini ditandai terutama dengan maraknya penggunaan travel online yang sudah menjadi market leader di Indonesia, sebut saja Traveloka dan Tiket.com.

Lalu, bagaimana cara agar bisnis untuk agen travel ini bisa survive dengan dahsyatnya digital marketing dari platform-platform besar online ini?

Tawarkan Jasa Foto dan Video dalam Paket Tour

Pelayanan yang lengkap serta memiliki nilai tambah adalah jawabannya. Jika kita melihat lebih jeli, sebenarnya, agensi travel online ini melayani paket yang sangat umum (terutama dari sisi akomodasi).

Padahal, dalam traveling tidak hanya akomodasi yang dibutuhkan (tempat tinggal, transportasi dan lainnya) namun juga fasilitas hiburan yang mendukung seperti fotografi, dokumentasi dalam bentuk video dan lain-lain.

Hal ini yang sebenarnya dapat menjadi peluang bisnis baru bagi agen tour & travel untuk memberikan pelayanan lebih kepada para pelanggannya. Tawarkanlah pelayanan yang lengkap pada calon pelanggan Anda agar mereka tertarik mengikuti paket liburan yang Anda tawarkan.

Nah, untuk mempromosikan layanan-layanan tambahan ini, Anda bisa memanfaatkan metode pemasaran online dengan digital marketing dan SEO (Search Engine Optimization). Berikut tips-tips nya:

  • Milikilah website yang memiliki desain yang sesuai dengan tema traveling
  • Tampilkan hasil karya foto dan video dari tour yang sudah pernah Anda jalani
  • Minta lah testimoni dari para pelanggan Anda dan upload ke web perusahaan
  • Buat artikel mengenai tips traveling di satu wilayah tertentu, dan semacamnya.

Banyak hal yang bisa mengisi website perusahaan travel Anda hanya dengan meningkatkan kemampuan pemasaran digital sedikit saja.

Perlu diingat, konten-konten digital seperti video, foto, testimoni pelanggan, serta isi website yang menarik dapat menarik pelanggan Anda lebih banyak terutama apabila website Anda mudah ditemukan di Google dengan jasa optimasi SEO.

Karena, ada kemungkinan Google merekomendasikan laman website Anda kepada orang yang mencari info terkait wisata yang Anda posting itu. Bagaimana, siap mengoptimasi laman website tour Anda untuk bersaing di era digital?

There are currently no comments.