Sebuah website tentunya memiliki elemen-elemen pendukung. Hal itu bertujuan untuk memberi kemudahan bagi pengunjungnya dalam mengakses informasi yang mereka inginkan. Beberapa elemen utama dalam sebuah website seperti halaman awal, produk, FAQ, kontak, dan tentang website atau yang umum dikenal dengan about us.

Halaman about us rupanya cukup penting. Pasalnya, banyak pengunjung website, khususnya yang terkait dengan jual beli, terlebih dahulu mengakses halaman ini. Sebab, pengunjung ingin mengetahui latar belakang perusahaan sebelum memutuskan pembelian. Jadi, halaman about us bisa menjadi penentu kredibilitas sebuah website.

Tips Membuat Halaman About Us

Halaman about us secara gamblang memberikan gambaran umum tentang sebuah perusahaan. Karena sifatnya sebagai impresi awal, maka halaman about us harus dibuat dengan serius. Berikut 12 hal yang semestinya dipertimbangkan secara matang pada bagian about us dalam sebuah website:

  1. Profil Perusahaan

    Anda tak perlu menjabarkan sejarah perusahaan secara detail. Cukup menjelaskan kapan perusahaan mulai beroperasi, pekerjaan apa yang biasa dilakukan, dan pencapaian prestisius apa saja yang pernah diraih.

    Status perusahaan juga penting untuk dimasukkan pada bagian profil ini. Seperti skala seberapa besar perusahaan Anda, siapa saja yang terlibat dalam pendanaan perusahaan, dan apa nilai utama yang dijunjung oleh perusahaan.

    Kemudian, baru masuk ke jajaran produk atau jasa yang dijual. Tak usah menjelaskan detail produk, karena hal itu bisa diletakkan di halaman produk. Cukup memberikan gambaran jenis produk yang dijual, dan apa yang membedakan Anda dengan kompetitor.

  2. Komponen Pendukung Perusahaan

    Beberapa perusahaan menyertakan personel terbaik mereka di halaman about us. Disertai juga keterangan siapakah dia, apa yang dia kerjakan, apa yang menjadi spesialisasinya. Hal itu bertujuan untuk memberikan gambaran bahwa perusahaan Anda diisi dengan orang-orang yang kompeten di bidangnya.

    Menampilkan sosok penting di perusahaan membuat pengunjung merasakan nilai humanis di sebuah perusahaan. Terlebih lagi, orang-orang cenderung percaya terhadap seseorang yang eksistensinya bisa dilihat.

  3. Strategi Perusahaan

    Anda bisa menambahkan strategi yang diterapkan oleh perusahaan. Tentunya, hal itu untuk memberi gambaran bahwa perusahaan Anda memiliki cara pendekatan yang berbeda dari bisnis serupa, baik dalam menjual produk maupun dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

    Namun jangan terlalu detil juga mengingat website bersifat open, yang artinya bisa dilihat oleh siapa saja, termasuk kompetitor.

  4. Maksimalkan jargon yang autentik

    Setiap perusahaan pasti memiliki tagline atau jargon. Biasanya, jargon tersebut berkaitan dengan mimpi perusahaan – jika bahasa visi misi terlalu klise. Tak ada salahnya menyertakan hal tersebut di halaman About Us. Dengan begitu, pengunjung website dapat memahami karakter perusahaan lewat jargon yang dimiliki.

    Buatlah jargon yang orisinil dan relevan dengan core business perusahaan. Jargon yang authentic jauh lebih baik ketimbang klaim serampangan yang dibuat-buat.

cara membuat halaman about company
Desain laman about turut diperhitungkan

5. Desain

Bisa dikatakan, pepatah ‘jangan menilai buku dari sampulnya’ hanyalah ungkapan semata. Pada akhirnya, orang selalu menilai bungkusnya terlebih dahulu sebelum memutuskan membuka isinya. Hal yang sama berlaku untuk halaman about us.

Banyak perusahaan mengisi halaman ini dengan cerita panjang lebar dan membosankan. Sehingga, pesan intinya malah tidak sampai kepada pengunjungnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengubah template konvensional menjadi bentuk lain.

Misalnya, halaman dengan tampilan audio visual. Pengunjung akan lebih senang melihat video yang berisikan informasi. Karena cara tersebut jauh lebih mudah dicerna oleh otak, ketimbang membaca teks yang seringkali membutuhkan daya pikir yang cukup berat.

Pepatah ‘jangan menilai buku dari sampulnya’ hanyalah ungkapan semata. Pada akhirnya, orang selalu menilai bungkusnya terlebih dahulu sebelum memutuskan membuka isinya

Membuat laman about

6. Testimoni

Komentar orang-orang yang puas akan kinerja atau produk tertentu juga boleh dimasukkan ke dalam halaman about us. Dengan melihat tertimoni banyak orang yang puas, maka pengunjung akan lebih tertarik untuk bertransaksi dengan perusahaan tersebut.

Kombinasikan kolom testimoni ini dengan desain yang menarik. Misalnya, kalimat testimoni kepuasan pelanggan disertai dengan foto mereka. Tak bisa dipungkiri, hal itu bisa membawa dampak yang positif. Misalkan, pelanggan yang ditampilkan ikut mempromosikan perusahaan kepada kerabatnya.

7. Data

Sebagai langkah persuasif, Anda juga bisa menambahkan grafis data di halaman about us. Data yang dimaksud bisa berbentuk grafik penggunaan sebuah produk, grafik kepuasan pelanggan, dan lain sebagainya.

Data tersebut dapat menjadi dasar penilaian pengunjung terhadap kinerja perusahaan. Tentunya hal itu dapat menambah keyakinan pengunjung website untuk melakukan kerjasama dengan pemilik website.

Untuk bisa mencapai hal itu, gunakan data faktual, bukan artifisial. Karena tujuan utama dibuatnya halaman about us adalah menarik kepercayaan pengunjung yang berpotensi menjadi pelanggan perusahaan Anda.

8. Multi Bahasa

Jika perusahaan Anda memiliki cakupan pelanggan yang luas secara geografis, maka halaman about us wajib menggunakan dua bahasa. Minimal Bahasa Indonesia dan Inggris. Jika lingkup pelanggan Anda banyak dari negara tertentu, Anda bisa menambahkan bahasa yang mereka gunakan secara umum.

Mungkin hal ini cukup merepotkan. Tetapi menampilkan multi bahasa membuat pengunjung merasa dimudahkan. Bayangkan, jika kemudahan menjadi impresi pertama mereka, pastinya mereka akan merasa mudah untuk mendapatkan kebutuhan mereka bersama perusahaan Anda.

Gaya bahasa yang dipakai juga harus disesuaikan dengan target pasar perusahaan Anda. Seperti Nike misalnya, menggunakan kalimat:

Jika Anda memiliki tubuh, maka Anda adalah seorang atlet

NIKE

Ada penegasan di kata atlet, yang menggambarkan target market Nike pada dasarnya adalah mereka yang gemar berolahraga.

Gaya penyampaiannya pun sebisa mungkin seperti komunikasi dua arah. Gunakan kata ganti orang pertama supaya membentuk ikatan antara pengunjung dan website. Kata sapa orang pertama cenderung membuat pembaca merasa lebih dihargai.

9. Pemberitaan

Ada gengsi tersendiri ketika sebuah perusahaan diliput oleh media massa. Sebab, media massa memiliki kriteria khusus dalam memberitakan sesuatu. Ketika perusahaan Anda diliput oleh wartawan, berarti perusahaan Anda memiliki nilai yang lebih untuk banyak orang.

Dengan menampilkan pemberitaan tentang perusahaan, Anda sekaligus memberitahukan –secara halus– bahwa perusahaan Anda populer dan banyak diketahui orang.

10. Lingkungan Kerja

Mungkin pada bagian ini Anda tak perlu menggambarkannya secara tertulis atau gamblang. Bisa diwakili dengan foto-foto kegiatan bersama para karyawan. Pilih foto atau video yang menggambarkan keceriaan, keramahan, dan kebahagiaan. After all, kebahagiaan adalah hal yang paling dicari oleh semua orang, dan itu bisa didapatkan di perusahaan Anda.

11. Afiliasi

Jika perusahaan Anda memiliki unit usaha, maka harus ditampilkan juga di halaman about us. Sebab, kadangkala kita tak tahu apa yang betul-betul dibutuhkan oleh pelanggan. Jadi, biarkan mereka sendiri yang menilai apa yang paling mereka inginkan dengan melihat daftar afiliasi perusahaan Anda.

Bentuk tampilan unit usaha ini bisa berupa link menuju website yang berbeda. Bisa juga ditampilkan dalam rangkuman singkat, seperti about us di dalam about us.

Selain unit usaha, Anda juga bisa menambahkan partner yang bekerja sama dengan perusahaan Anda. Seperti supplier, manufaktur, dan perusahaan lain yang menggunakan jasa Anda jika memang ada. Sekali lagi, kredibilitas perusahaan Anda yang dipercaya banyak orang dapat terbina lewat hal ini.

12. Kalimat Penutup

Setelah menguraikan semua hal di atas, maka sebaiknya Anda menggunakan kalimat penutup yang kuat. Bisa dengan mengaitkan kalimat dengan jargon, bisa juga sebuah kalimat sederhana yang mengarahkan pengunjung untuk segera menjadi pelanggan.

Sebuah alur laman about us juga tidak jarang digunakan untuk men-generate leads sebagaimana yang dilakukan di halaman tentang perusahaan Tech in Asia. Anda juga bisa meniru hal serupa terutama jika perusahaan Anda bergerak dalam bidang business to business.

Demikianlah selusin tips untuk membuat halaman about us yang menarik. Lewat halaman about us yang to-the-point, diharapkan pengunjung website akan merasa lebih yakin untuk menggunakan jasa atau produk perusahaan Anda.

There are currently no comments.