Jasa pembuatan website memang sedang diminati belakangan ini. Banyak startup baru atau bahkan freelancer individu yang menawarkan jasa ini, dari harga mulai ratusan ribu hingga puluhan juta Rupiah. Banyaknya kompetitor membuat pemilik jasa harus lebih kreatif dalam menawarkan produk. Ada beberapa tips jasa website agar menjadi pilihan calon pelanggan yang membutuhkan website baru.

Tingginya kebutuhan website

Pada masa pandemi, berbagai bisnis online muncul di internet. Terutama bisnis retail berupa online shop yang menggunakan e-commerce sebagai platform untuk usaha. Berdasarkan data yang dirilis oleh Bank indonesia Hingga kuartal I-2021, transaksi e-commerce sudah mencapai 548 juta transaksi dengan nominal sebesar 88 triliun rupiah.

Perilaku jual-beli masyarakat yang terus menuju era digital membuat bisnis harus mengembangkan diri dan mulai memiliki berbagai platform penjualan seperti online shop di berbagai situs e-commerce, sosial media, dan website. Pebisnis yang sedang berusaha masuk ke era digital tentu saja menjadi calon pelanggan potensial. Kami memiliki beberapa tips jasa website untuk para penyedia jasa.

Problem yang Harus Dihindari 

Ada beberapa problem yang harus dihindari sebagai pemilik jasa pembuatan website. Apa saja?

1. Biaya Tinggi Tanpa Penjelasan

Membuat website baru memang tidak mudah. Terutama jika membuat website secara manual (tidak memakai platform seperti WordPress). Biaya pembuatan situs bisa melambung hingga jutaan atau bahkan puluhan juta Rupiah. Calon pelanggan yang belum paham akan dunia IT bisa shock dengan biaya yang harus mereka keluarkan untuk membuat website pertama mereka. 

2. Bahaya Shared Hosting 

Tips jasa website yang tak kalah penting yaitu hindari pemakaian shared hosting. Salah satu cara untuk menekan biaya tinggi adalah menggunakan shared hosting. Dengan memakai yang sama untuk beberapa situs, penyedia jasa website dapat menekan biaya secara signifikan. Shared hosting tidak dianjurkan karena tidak bebas resiko, malah cenderung berbahaya. Resiko utama adalah ketika salah satu website diserang virus atau malware, website lain juga memiliki resiko tinggi untuk tertular.

Selain berbahaya, shared hosting juga bisa membuat website menjadi lemot, overload atau bahkan down. Setiap hosting memiliki kapasitas server yang terbatas sehingga jika ada salah satu website mendapatkan lonjakan traffic maka semua website yang berada pada shared hosting akan terkena dampak.

4 Tips Jasa Website Agar Cuan

Tips Agensi Jasa Website
Tips Agensi Jasa Website

Berikut ada beberapa tips bagi Anda supaya jasa pembuatan website Anda bisa cuan. Berikut tips-tipsnya:

1. Kuasai Produk dan Market Pelanggan

Tips jasa website pertama adalah menguasai produk dan market pelanggan. Selain paham urusan teknis dalam membuat website, menjadi nilai plus bagi pembuat website jika mampu memahami produk dan market size (siapa saja calon pembeli potensial) bisnis pelanggan anda.

2. Tampilan Website Menarik

Tips jasa website kedua adalah tampilan website harus menarik. Memiliki berbagai varian theme website menjadi penawaran awal agar calon pelanggan tertarik untuk memakai jasa milik anda

3. Tawarkan Jasa UI/UX

Selain tampilan yang menarik, website juga harus user friendly bagi pengunjung. Jangan sungkan untuk menawarkan opsi lebih kepada calon pemilik website. UI (User interface) menjamin tampilan situs terasa fresh dan mudah untuk dimengerti oleh pengunjung. UX (User experience) membuat pengunjung dapat dengan mudah menjelajah website dan menemukan apa yang mereka cari.

4. Gunakan Hosting Murah Melalui Program Afiliasi

Salah satu masalah utama ketika membuat website adalah biaya. Salah satu tips jasa website rekomendasi adalah menggunakan hosting melalui program afiliasi yang oleh Niagahoster. Dengan sistem referral hosting anda dapat menghemat biaya dalam membuat website, bahkan mendapatkan uang dari komisi yang mencapai 70 persen.

Tidak hanya menekan biaya pembuatan website, Niagahoster juga merupakan hosting terbaik dengan tim support 24 jam yang siap membantu penyedia jasa website dan klien. Website juga akan lebih cepat spesifikasi server cloud hosting yang mumpuni dan aman dengan berbagai perangkat keamanan dari serangan digital.

There are currently no comments.