Growth hacking atau hacker, keduanya memiliki hubungan persahabatan yang sangat erat. Karena seseorang yang pandai melakukan growth hacking disebut sebagai growth hacker.

Bila diartikan secara harfiah, growth hacking adalah rangkaian eksprimen dan metode terukur yang bermanfaat untuk menumbuhkan suatu bisnis. Nah, kalau dalam sebuah bisnis online sendiri, ada beberapa alat atau tools untuk meningkatkan performa usaha Anda.

8 Tools Growth Hacking Terbaik Untuk Bisnis Online

Meskipun tampak sangat sulit karena membutuhkan keahlian dan keterampilan komputasi yang baik. Setidaknya Anda bisa mencoba menguji beberapa tools growth hacking yang akan kami bahas kali ini. Lihat dan pastikan, apa strategi ini cocok untuk bisnis Anda atau tidak.

1. WordPress

Seorang blogger pemula memiliki beberapa pilihan yang bisa diambilnya ketika berencana untuk membuat blog. Pilih Wordress atau blogspot? Keduanya sama-sama populer sebagai aplikasi  blog bahkan kini WordPress telah tumbuh menjadi CMS yang sangat bermanfaat untuk menciptakan toko online.

Content Management Systems ini memiliki banyak kelebihan antara lain mendukung SEO, memiliki banyak pilihan plugin, dan template yang sangat menarik. Selain bisa memanfaatkan tulisan sebagai pintu masuk awal bagi para pengunjung, pelaku bisnis pun bisa menambahkan musik, slide video dan gambar sesuai kebutuhan menggunakan platform blogging ini.

Dan fitur yang ada pada WordPress tidak berhenti sampai di situ saja, pihak pengembang selalu melakukan inovasi untuk menemukan fitur terbaru yang lebih fungsional dan user-friendly.

2. Yoast SEO

Disaat Anda memilih untuk membuka toko online di WordPress, maka otomatis akan menemukan plugin WordPress ini. Plugin ini sangat terkenal di dunia internet marketing dan disediakan secara cuma-cuma. Yoast SEO merupakan sebuah tool yang akan membantu pengguna WordPress untuk mengoptimalkan konten artikel yang telah dibuatnya di mesin pencarian.

Dengan Yoast SEO pekerjaan menjadi lebih mudah, karena tool ini mampu membantu kita untuk menemukan konsentrasi keyword yang tepat, menemukan konsep konten dan lainnya. Yoast bahkan membantu mengevaluasi konten dan kita bisa melihat berapa skor antusiasme pengunjung pada sebuah konten.

3. Google Analytics

tampilan dasbor google analytics
Tampilan dasbor google analytics

Saat Anda membutuhkan tool untuk bisa menganalisa aktivitas yang terjadi pada sebuah situs kita tidak perlu bingung. Google Analytics yang mampu melakukan hal tersbeut dengan baik. Bersama tool ini kita bisa melihat seluruh aktivitas yang berlangsung pada situs, termasuk siapa saja pengunjung yang datang, berasal dari mana dan konten apa yang paling sering dilihat.

Dengan memahami cara kerja dari Google Analytics secara tidak langsung kita telah menemukan cara mudah menentukan target market yang potensial. Awasi siapa saja pengunjung yang datang dan buat skala perbandingannya. Dengan demikian, kita bisa mengembangkan dan sharing sesuatu yang disukai oleh target marketing.

4. Google Adwords

Tool selanjutnya masih hasil buatan tim Google. Google Adwords (sekarang Google Ads) mempermudah jalan kita untuk menonjolkan sisi paling menarik dari bisnis yang digeluti pada public. Dengan tool ini, diharapkan kita akan lebih mudah menjual produk karena telah bertemu dengan target market yang tepat berdasarkan apa yang sedang mereka cari di mesin pencari Google.

Yang perlu kita lakukan adalah cukup melakukan signup di Google Ads serta melakukan deposit saldo iklan untuk dapat segera menjalankan iklan ini. Melalui Google Adwords, kita bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan termasuk peningkatan pengunjung dan telepon ke customer service.  Tidak perlu ragu untuk melakukannya karena caranya pun sangat sederhana, kita bahkan bisa menyesuaikan diri dengan sangat mudah.

5. FB/IG Ads

Bila memasang iklan di Google dirasa masih belum cukup, maka cobalah alternatif lainnya dengan menampilkan iklan baris di halaman Instagram maupun Facebook. Keduanya hingga kini masih menjadi social media terbaik dan terbesar di dunia dengan jumlah pengguna aktif yang sangat banyak. Berikut juga alasan lain mengapa Anda harus coba beriklan di media sosial selain iklan Google Ads.

Agar toko online Anda yang pertama dilirik oleh pengguna FB/IG, usahakan untuk sharing konten yang beda dari yang lain. Maka dari itu, perlu sekali untuk melakukan observasi dan survey toko online di kedua social media tersebut.

Silahkan temukan toko online competitor yang paling populer dan lihat bagaimana cara kerja mereka. Cari kelemahan mereka untuk Anda jadikan sebagai kekuatan Anda mengembangkan branding dan meningkatkan penjualan produk.

6. Mailchimp

Siapapun yang menjalankan email marketing pasti sudah hapal betul dengan Mailchimp. Selain berfungsi sebagai email marketing, Mailchimp nyatanya turut dimanfaatkan sebagai social advertising tool.

Anda bisa memperluas jaringan pertemanan dan pelanggan dengan mengandalkan tool ini. Kirimkan email campaigns yang menarik dan unik secara berkala kalau bisa setiap hari pada semua alamat email yang berlangganan pada newsletter situs Anda. Buat mereka tergoda untuk melihat penawarannya bahkan membeli produknya.

7. WhatsApp Business

Tidak mau kalah dengan social media lainnya, WhatsApp pun kemudian merilis jenis baru yang menargetkan para pelaku bisnis online. Melalui WhatsApp Business, pengguna dapat menawarkan produknya pada siapapun yang ada di kontak teleponnya.

Uniknya lagi, nomor telepon yang digunakan untuk WA business tidak harus berupa nomor telepon genggam pribadi. Pengguna bahkan bisa menggunakan nomor telepon perusahaan atau kantor (telpon kabel) sehingga terasa lebih profesional dan terpercaya.

Langkah growth-hacking bisnis online dengan metode ini sebenarnya sangat efektif dan mudah mengingat WA merupakan media chatting yang banyak dimiliki oleh orang Indonesia. Cara mengaktifkannya pun sangat mudah, cukup daftarkan jenis usaha dan nama perusahaann serta detail informasi lainnya.

Meskipun dikenal sebagai media chatting, pengguna masih bisa mengirimkan video maupun gambar real produk guna meyakinkan para pelanggan. Menariknya lagi, strategi bisnis ini jauh lebih responsive dari pada yang lainnya. Kita bisa terhubung secara real-time dengan pelanggan bahkan bisa mengetahui pelanggan telah membaca pesan atau tidak dengan melihat tanda centang.

8. Survey Anyplace

Rekomendasi tool terakhir ini cocok untuk membantu kita merefleksikan branding yang kita miliki dengan hasil survey. Dengan cara ini kita bisa melihat sejauh apa bisnis kita bisa berkembang dan bertahan hingga tahun-tahun yang akan datang.

Survey yang disediakan oleh Survey Anyplace sangat sederhana namun didesain sangat menarik bahkan bisa diselesaikan cukup melalui smartphone. Selesaikan beberapa survey, dan semakin baik hasil survey yang Anda peroleh maka semakin bagus pula trafik pendapatan karena penjualan produk mengalami peningkatan.

Mengubah pikiran seseorang untuk membeli sesuatu sangat sulit karena sebagian besar orang memiliki pengendalian diri yang baik untuk berbelanja. Agar bisa menjangkau orang-orang dengan kepribadian unik tersebut, kita membutuhkan tool yang tepat. Tool yang modern di atas khusus untuk menangani orang-orang yang melek teknologi.

Mengaplikasikan seluruh tool yang telah disebutkan di atas pada kehidupan bisnis sehari-hari sangat mudah. Jika merasa kesulitan dengan salah satu tool yang telah disampaikan, maka cobalah yang paling mudah terlebih dahulu.

Sambil menunggu hasilnya, Anda bisa mempelajari bagaimana cara penggunaan tool yang lain untuk kemudian dipraktekkan secara langsung. Karena bila tidak ada kemauan untuk berkembang dan mencoba sesuatu, maka bisnis Anda akan stuck dalam satu titik saja.

Anda tidak akan pernah bisa mengejar kompetitor jika Anda masih berdiri statis bukannya merangkak atau berlari di samping mereka. Oleh karena itu, tunjukkan semangat dan rasa percaya diri dengan mempelajari dan mengaplikasikan seluruh online tools di atas untuk growth hack bisnis kamu.

There are currently no comments.