Tersesat adalah pengalaman terbaik saat sedang liburan

Traveling with Karinov.co.id

Memang, beberapa kalangan traveller, khususnya backpacker, sangat menyukai anggapan tersebut. Nah, jika Anda tidak termasuk kalangan ‘spontan’ seperti mereka, merencanakan sebuah perjalanan liburan adalah hal yang mutlak.

Beruntunglah kita hidup di jaman teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini. Mencari informasi seputar destinasi wisata bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tinggal sekali klik, internet siap menyediakan semua informasi yang dibutuhkan, khususnya soal merencanakan perjalanan liburan.

Nah, berbicara tentang menggali informasi di internet, tentunya ada beberapa hal yang harus menjadi tolak ukur terkait validitas informasi yang disediakan. Supaya rencana liburan Anda tepat sasaran, maka pastikan referensi website travel yang Anda gunakan pun bisa dipercaya.

Kriteria Web Travel Yang Baik

Ada beberapa poin sehingga sebuah web penyedia informasi perjalanan dan liburan dapat dikatakan bisa dipercaya. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini:

1. Kredibel

Di era teknologi saat ini, rasanya tak sulit untuk menentukan kredibilitas sebuah website. Perhatikan saja desainnya, apakah secara khusus dibuat, atau terkesan asal-asalan?

Sebuah website terpercaya pastinya mencurahkan usaha khusus untuk membuat tampilannya menarik.

Selain design, perhatikan juga pembaruan yang ada di web tersebut. Apakah artikel review yang ada di sana termasuk up to date atau tidak?

Pembaruan isi konten menjadi salah satu ciri sebuah website dikelola dengan baik dan profesional.

Cara terakhir untuk memastikan kredibilitas sebuah situs travel adalah link afiliasinya.

Yes, lihat apakah website tersebut memiliki situs sosial media? Tak ada salahnya mengunjungi situs sosmed mereka, guna melihat interaksi pemilik akun dengan followersnya.

2. Info Faktual dan Akurat

Sedikit mirip dengan kredibilitas, faktual dalam hal ini lebih terkait kepada konten sebuah website travel. Untuk hal ini, Anda perlu melakukan sedikit riset tambahan untuk memastikan informasi yang ada merupakan sebuah fakta.

Misalnya, tentang spot wisata di daerah tertentu.

Website travel yang baik memberikan tuntunan arah yang jelas. Bahkan mereka tak jarang menampilkan peta lokasi sesuai Google Maps. Dengan begitu, Anda semakin mudah merencanakan rangkaian liburan Anda.

Selain soal lokasi, budget perjalanan juga disediakan oleh website liburan yang bagus.

Hal ini bertujuan untuk membantu Anda dalam hal mengelola keuangan. Pos-pos pengeluaran saat liburan bisa diperketat dengan adanya panduan biaya dari sebuah website kredibel.

Beberapa website travel juga menyediakan layanan pembelian tiket perjalanan. Anda bisa membandingkannya dengan situs perjalanan lainnya guna menimbang apakah harga yang dipasang termasuk logis atau tidak.

Rekomendasi: Navi.id – Portal Navigasi Traveling Indonesia

3. Ramai Traffic Pengunjung Web

Bukan dipenuhi dengan banyak iklan dari travel agent. Ramai yang dimaksud adalah website travel yang bagus disesaki oleh banyak informasi wisata dari berbagai daerah.

Tentunya, informasi tersebut dikelompokkan sesuai jenis, lokasi, atau budgetnya. Sehingga memudahkan Anda ketika mencari informasi di sana.

Beberapa website juga menerapkan konsep UGC, alias User Generated Content.

Sifatnya lebih seperti forum diskusi daripada sebuah website. Namun, fungsi utama sebagai penyedia informasi tetap bisa Anda nikmati. Malah, jenis situs yang demikian cenderung memberikan lebih banyak manfaat.

Sebab, pengisi konten di forum tersebut biasanya menuliskan pengalaman nyata di sebuah destinasi wisata.

Anda bisa menyimaknya secara mendalam guna memaksimalkan momen liburan dan juga untuk menghindari masalah ketika liburan di sebuah tempat.

4. Foto Atau Video

Tak bisa dipungkiri, pepatah ‘No Pic = Hoax’ sedikit banyak berlaku untuk menentukan kredibilitas sebuah website travel. Untuk mendukung isi artikel, website yang prima biasanya menyertakan foto-foto maupun video pendukung.

Anda bisa membandingkan beberapa website travel dengan kata kunci destinasi wisata yang populer.

Silahkan bandingkan, pasti ada website yang kurang lengkap koleksi dokumentasinya, dan ada juga yang memiliki foto atau video dengan standar iklan.

5. Kerja Sama Dengan Perusahaan Besar

Website penyedia informasi perjalanan yang baik memiliki layanan kerjasama dengan perusahaan besar. Misalnya bank tertentu, travel agent tertentu, dan juga hotel tertentu.

Kepercayaan perusahaan besar tersebut bisa menjadi landasan mengapa Anda pun harus memercayai kebenaran informasi di sebuah situs travel.

situs travel terbaik indonesia
Traveling, hobi mainstream kaum milenial

3 Website Travel Terbaik untuk pasar Indonesia

Indonesia sebagai bumi yang dikaruniai alam yang indah, turut melahirkan beberapa website penyedia informasi wisata. Beberapa website berikut ini seringkali menjadi panutan para wisatawan, baik ketika akan liburan di dalam maupun luar negeri.

1. Booking.com

Situs liburan yang satu ini didirikan di Amsterdam pada tahun 1996. Mulanya, situs ini hanyalah sebuah perusahaan rintisan. Namun, Booking.com kini sudah menjelma menjadi raksasa di bidang e-commerce terkait dengan perjalanan di dunia.

Situs ini termasuk pelopor dalam hal perjalanan digital. Booking.com terintegrasi dengan hampir segala jenis perangkat mobile, apa pun sistem operasinya. Hal ini yang membuat situs ini dengan cepat meroket.

Selain aksesibilitasnya, Booking.com juga terkenal karena sering memberikan harga tiket perjalanan yang jauh di bawah standar.

Memang, perusahaan ini memiliki sistem tersendiri sehingga bisa menyediakan tiket yang murah. Sayangnya, terobosan mereka itu dinilai merusak harga pasar oleh para pesaingnya di bidang yang sama.

Sebagai web travel pertama di dunia, Booking.com memiliki lebih dari 5 juta lokasi akomodasi penginapan di seluruh dunia. Pada tahun 2018 lalu, situs ini bahkan mencatatkan lebih dari 1,5 juta pemesanan setiap harinya. Wow!

2. Traveloka

Perusahaan yang beroperasi dari Jakarta ini lahir dari pemikiran seorang anak bangsa. Adalah Ferry Unardi yang sempat mengalami kesulitan saat akan memesan tiket pesawat dari Amerika Serikat untuk pulang ke Padang, Sumatera Barat.

Dari ide itu, Ferry kemudian menciptakan sebuah website yang menyediakan daftar tiket pesawat.

Seiring perkembangannya, Traveloka bertransformasi menjadi salah satu situs perjalanan utama yang dipercaya oleh traveller domestik, untuk memesan tiket perjalanan maupun hotel.

Traveloka memiliki fokus utama untuk menyediakan pilihan perjalanan dan tujuan wisata yang ada di Indonesia. Di situsnya, Anda bisa melakukan perbandingan harga tiket pesawat hingga akomodasi di tempat tujuan.

Untuk melakukan pemesanan pun Traveloka menyediakan pilihan yang mudah dipahami oleh semua kalangan. Kolom search pun memunkinkan Anda untuk melihat beberapa pilihan akomodasi perjalanan dan hotel untuk dibandingkan satu sama lain.

Fakta menarik

Sesuai dengan “prinsip T” bahwa bisnis yang maju dari satu lini tertentu akan merambah ke banyak cabang bisnis sejenis. Tidak terkecuali traveloka yang saat ini mulai masuk bermitra dengan bisnis rental mobil yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

3. Valadoo

Situs yang satu ini mungkin belum terlalu populer dibanding dua situs sebelumnya. Namun demikian, Valadoo memiliki cukup banyak keunggulan menarik.

Yang menarik, website-nya kini menampilkan serial video pariwisata yang dikerjakan bersama MalesBanget.com. Jadi, Valadoo juga bisa menjadi pusat informasi wisata yang tersohor di beberapa wilayah.

Video yang ditampilkan betul-betul mengulik secara mendalam destinasi wisata yang ada di sebuah daerah. Meliputi daerah pegunungan, desa, hingga situs purbakala yang menarik.

Ada juga catatan perjalanan yang mereka kumpulkan di blog bernama Jelajah.

Untuk layanannya, Valadoo menawarkan beragam paket tur yang mencakup seluruh propinsi di tanah air. Selain itu, ada juga paket perjalanan menuju 8 negara lain, seperti Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Taiwan, Hong Kong, Korea Selatan, Vietnam, dan juga Thailand.

Sayangnya, situs yang memiliki spesialisasi di bidang travel deals ini sudah tutup beroperasi sejak tahun 2015. Pernah berjaya selama 5 tahun ditengah topik traveling yang sedang nge-hits tentu bukan jaminan startup tech ini akan tetap berjaya ditengah gulungan ombak bisnis online. Walaupun saat ini sudah bukan yang terbaik, tak ada salahnya kan kita mengetahui situs Valadoo?

Demikianlah beberapa informasi terkait website travel terbaik di tanah air. Kedua website pertama sudah dipercaya oleh banyak orang, sehingga bisa Anda jadikan acuan ketika akan melakukan perjalanan atau liburan. Yuk, berlibur.

Web Travel + WordPress

Adakah contoh template wordpress untuk web travel?

Ada, di Karinov.co.id, Anda dapat membuat website travel agen dengan platform WordPress yang SEO-friendly. Berikut diantara tampilan yang dapat Anda gunakan: wp.karinov.co.id/tourism-04

Berapa perkiraan harga jasa pembuatan web travel?

Untuk layanan website standar, harga 2.5jt sudah termasuk website (domain+Google Cloud), plugin web wordpress pro dan pembuatan web hingga jadi, email, support utk update minor selama setahun. Pembayaran per tahun nya 1.5jt (tahun depan dan seterusnya).

Adakah plugin tambahan yang ideal untuk web travel agent?

Ya, sebenarnya ada plugin seperti Wp Travel yang cukup powerful, hanya saja, dengan update versi wordpress yang cukup dinamis, kadang plugin dari third-party tidak bekerja dengan baik. Oleh karenanya, kami merekomendasikan web travel hanya digunakan sebagai profil paket serta destinasi sedang pembayaran dilakukan di luar website (tanpa payment gateway).

Bagaimana cara menyaingi perusahaan travel besar?

Jika kamu memiliki usaha agen travel, hal yang paling memungkinkan adalah dengan mencari ceruk pasar yang spesifik. Misal untuk daerah atau jenis wisata tertentu, setelahnya, perusahaan kamu harus aktif di komunitas yang berkaitan.

There are currently no comments.