Siapa yang tidak kenal TikTok, aplikasi yang sangat digandrungi para generasi Z ini begitu cepat masuk ke dalam kehidupan anak muda di Indonesia. Berawal dari tren Musical.ly, aplikasi sosial berbasis musik, kini TikTok berisi konten video yang sangat beragam mulai dari dance, kuis, hingga konten edukasi mulai bisa diakses lewat platform ini.

Salah satu yang sangat menonjol dari TikTok ialah keinginan para usernya untuk dapat masuk dalam FYP (For You Page). Oleh karenanya, tidak heran apabila untuk mendapatkan followers yang banyak para TikTokers berlomba-lomba membuat konten agar video mereka dapat masuk ke dalam FYP TikTok.

Daftar isi:

Cara Cek Saldo TikTok

Bytedance Pengembang Aplikasi Tiktok
Bytedance Pengembang Aplikasi Tiktok

Pada tahun 2021 ini, ada perbedaan yang cukup signifikan dikerluarkan oleh aplikasi besutan ByteDance ini, yaitu integrasi uang virtual yang ada dalam platform TikTok dengan bahasa TikTok coins. Kamu mau tahu bagaimana cara melihat TikTok coins dari akun kamu? Berikut cara mudah melihat penghasilan TikTok coin yang kamu miliki di aplikasi tersebut:

  1. Buka aplikasi TikTok

    Pertama-tama, jalankan aplikasi TikTok dan masuk menggunakan akun yang kamu punya. Sebaiknya, pilih akun TikTok yang memang punya followers serta engagement tinggi sehingga kemungkinan akan saldo balance TikTok yang kamu miliki cukup besar. Selanjutnya, klik gambar profile di bagian bawah jendela aplikasi.

    Klik Profile

  2. Buka menu hamburger

    Setelah profile TikTok kamu terbuka, klik menu pengaturan yang berupa titik tiga di pojok kanan atas aplikasi TikTok.

    Menu Settings

  3. Pilih menu balance

    Jika menu pengaturan sudah terbuka, akan muncul menu Balance pada jendela Settings and Privacy. Klik menu Balance tersebut sebagaimana ditunjuk tanda panah dibawah.

    Klik Balance

  4. Lihat jumlah TikTok Coins yang kamu punya

    Di halaman Balance tadi, akan muncul berapa TikTok Coins yang ada di akun kamu. Semakin banyak kamu berinteraksi dan memiliki followers yang tinggi, maka kemungkinan TikTok Coin yang kamu miliki akan semakin banyak.

    Balance Coin Tiktok

Apa itu TikTok Coin?

Langkah-langkah diatas adalah cara singkat untuk melihat saldo koin TikTok yang kamu miliki. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut apa itu TikTok coin, kamu dapat mengklik menu FAQ yang ada di pojok kanan atas halaman Balance. Berdasarkan informasi dari aplikasi tersebut, ada beberapa hal mengenai saldo TikTok yang perlu kamu ketahui:

  • Saldo koin yang terdapat pada TikTok wallet kamu dapat berasal dari pembelian atau pemberian koin dari akun TikTok lainnya.
  • Balance TikTok koin dapat kamu gunakan untuk memberi virtual gifts dan nantinya dapat kamu berikan pada hosts di sebuah acara siaran langsung (LIVE).
  • Bagaimana cara mengisi koin TikTok? Tidak banyak informasi yang bsia kami dapatkan, namun berdasarkan info yang tertulis disana, kamu dapat membuka halaman Balance lalu pilih paket koin yang ingin kamu beli. Cara kedua bisa kamu lakukan saat sebuah sesi LIVE dengan mengklik ikon Gift disana dan pilih opsi “Buy Coins“.

Jika kamu terkendala dalam mengisi balance koin TikTok akunmu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, pastikan koneksi internet yang kamu gunakan stabil saat memilih layanan pembelian coin. Cara kedua, pastikan metode pembayaran yang tertaut pada akun App Store atau Google Play milikmu valid dan dapat digunakan dengan baik.

Lihat pula: Cara Download Video TikTok tanpa Watermark

Bisakah Saldo TikTok Dicairkan?

Berdasarkan informasi dari FAQ TikTok balance, kamu dapat mencairkan TikTok diamonds yang akmu miliki di akunmu. Caranya pun cukup mudah, tinggal klik menu Cash Out, setujui kebijakan penyedia aplikasi, lalu log-in ke akun PayPal yang kamu miliki. Setelahnya, masukkan jumlah yang ingin kamu cairkan lalu tunggu hingga proses review dari tim TikTok selesai dan pembayaran akan segera diproses.

Bagaimana, ternyata cukup unik juga pengembangan TikTok dengan adanya TikTok coins ini. Tentu insentif sosial akan sedikit demi sedikti bergeser ke insentif finansial yang jauh lebih universal. Bagaimana menurutmu, apakah ini suatu hal yang positif atau malah justru akan mengarah pada hal yang negatif terkait dengan penggunaan aplikasi TikTok yang kini digunakan oleh hampir semua anak muda di Indonesia.

There are currently no comments.