Sebagai lanjutan dari podcast belajar SEO sebelumnya, kali ini saya akan membahas cara SEO berdasarkan best practice yang telah ada. Saya yakin, semua pembaca disini hampir pasti tahu portal Tr*bun, Det*k, dan semacamnya kan. Mungkin kita semua penasaran, bagaimana cara portal-portal berita besar bisa begitu mendominasi laman 1 Google?

Nah, pada podcast yang diberi judul kursus SEO gratis kali kedua ini, kami akan mengupas tuntas cara-cara yang dilakukan berdasarkan pengalaman kami di lapangan. Secara singkat, kami membagi ini pembahasan dalam dua kategori, yaitu teknik optimasi SEO umum dan optimasi khusus.

Optimasi umum berarti teknik yang memang sudah umum dilakukan oleh hampir semua portal-portal berita besar. Teknik optimasi umum ini memang sudah banyak diketahui oleh para praktisi dalam dunia Search Marketing. Untuk teknik yang kedua, yaitu optimasi khusus, relatif tidak dilakukan banyak portal berita lainnya, hanya Tr*bun, Gr*d, dan Det*k yang sepantauan kami mengoptimalkan cara ini. Simak ulasan lengkapnya di podcast ini ya.

Judul: Cara SEO ala Portal Berita Terpopuler di Indonesia
Ukuran file: 8.5 MB / Durasi: 18m 28s
Backsound: Kimi wa Dare o Mamotte Iru (Flute Version)

Resume Podcast: Cara SEO ala Portal Berita Terpopuler

Cara Optimasi Umum

Mobile friendly – Berdasarkan trend yang dirilis Google beberapa tahun terakhir, kita akan tahu bahwa pencarian lebih banyak dilakukan melalui mobil device dibanding desktop. Oleh karena nya, hampir semua portal berita terpopuler berlomba-lomba untuk mengoptimasi tampilan mobile web mereka.

Salah satu tools yang paling mumpuni untuk meningkatkan performa mobile web adalah dengan melakukan integrasi AMP. Buat kamu yang belum tahu apa itu amp, sederhananya berikut definisi AMP melalui laman web resminya.

The AMP Project is an open-source initiative aiming to make the web better for all. The project enables the creation of websites and ads that are consistently fast, beautiful and high-performing across devices and distribution platforms.

— ampproject.org

Jika kamu memiliki WordPress dan ingin terintegrasi dengan teknologi AMP, kamu bisa gunakan free plugin yang dapat diunduh di ampforwp.com.

contoh hasil web amp di google

Contoh tampilan web AMP di pencarian Google

Aktual – Kalau kamu perhatikan, hampir semua portal berita pasti akan berlomba-lomba untuk jadi yang pertama dalam mengulas satu trend/momentum tertentu. Sekalipun informasi tersebut bukanlah berita yang cocok dengan “niche” portal berita tersebut.

Hal ini dikarenakan, mesin pencari Google sudah cukup cerdas untuk mengetahui info mana yang paling orosinil berdasarkan kronologi peredaran informasi. Contohnya saat harga BBM naik, kamu akan dapat portal berita yang ada di urutan atas adalah yang paling awal meliput informasi tersebut.

Judul clickbait – Keunggulan lainnya yang harus dimiliki sebuah portal berita adalah copywriter yang mumupuni dan punya pengalaman sehingga bisa membuat judul yang memancing perhatian pengunjung. Dengan adanya judul yang menarik, kolom hasil pencarian mereka di Google akan memiliki jumlah klik lebih banyak sehingga CTR nya besar (click Trough Rate).

Angka CTR yang besar ini dapat menjadi salah satu indikator bagi mesin pencari bahwa artikel yang muncul tersebut sesuai dengan kata kunci pencarian. Oleh karena itu, rating halaman dari portal berita dengan judul yang appealing itu lama-kelamaan bisa berada di paling atas hasil pencarian.

Selain itu, pemilihan judul yang tepat juga dapat mempertahankan pengujung untuk terus menjelajahi setiap artikel di website portal berita. Hal ini akan menghasilkan angka bounce rate yang rendah serta session duration yang tinggi yang tentu menjadi indikator berkualitasnya sebuah informasi.

Oke, itu kira-kira ketiga hal terkait optimasi umum yang biasa dilakukan di banyak portal berita. Untuk cara-cara optimasi SEO whitehat khusus, kamu dapat menyimaknya langsung lewat podcast kami di atas. Untuk men-download audio kursus SEO di atas, kamu dapat mengunduhnya dengan memasukkan validasi email terlebih dahulu pada kolom di bawah ini.

There are currently no comments.