Sebagai lanjutan dari podcast belajar SEO sebelumnya, kali ini saya akan membahas cara SEO berdasarkan best practice yang telah ada. Saya yakin, semua pembaca disini hampir pasti tahu portal Tr*bun, Det*k, dan semacamnya kan. Mungkin kita semua penasaran, bagaimana cara portal-portal berita besar bisa begitu mendominasi laman 1 Google?
Nah, pada podcast yang diberi judul kursus SEO gratis kali kedua ini, kami akan mengupas tuntas cara-cara yang dilakukan berdasarkan pengalaman kami di lapangan. Secara singkat, kami membagi ini pembahasan dalam dua kategori, yaitu teknik optimasi SEO umum dan optimasi khusus.
Optimasi umum berarti teknik yang memang sudah umum dilakukan oleh hampir semua portal-portal berita besar. Teknik optimasi umum ini memang sudah banyak diketahui oleh para praktisi dalam dunia Search Marketing. Untuk teknik yang kedua, yaitu optimasi khusus, relatif tidak dilakukan banyak portal berita lainnya, hanya Tr*bun, Gr*d, dan Det*k yang sepantauan kami mengoptimalkan cara ini. Simak ulasan lengkapnya di podcast ini ya.
Ukuran file: 8.5 MB / Durasi: 18m 28s
Backsound: Kimi wa Dare o Mamotte Iru (Flute Version)
Resume Podcast: Cara SEO ala Portal Berita Terpopuler
Cara Optimasi Umum
Mobile friendly – Berdasarkan trend yang dirilis Google beberapa tahun terakhir, kita akan tahu bahwa pencarian lebih banyak dilakukan melalui mobil device dibanding desktop. Oleh karena nya, hampir semua portal berita terpopuler berlomba-lomba untuk mengoptimasi tampilan mobile web mereka.
Salah satu tools yang paling mumpuni untuk meningkatkan performa mobile web adalah dengan melakukan integrasi AMP. Buat kamu yang belum tahu apa itu amp, sederhananya berikut definisi AMP melalui laman web resminya.
The AMP Project is an open-source initiative aiming to make the web better for all. The project enables the creation of websites and ads that are consistently fast, beautiful and high-performing across devices and distribution platforms.
— ampproject.org
Jika kamu memiliki web berbasis WordPress dan ingin terintegrasi dengan teknologi AMP, kamu bisa gunakan free plugin yang dapat diunduh di ampforwp.com.

Aktual – Kalau kamu perhatikan, hampir semua portal berita pasti akan berlomba-lomba untuk jadi yang pertama dalam mengulas satu trend/momentum tertentu. Sekalipun informasi tersebut bukanlah berita yang cocok dengan “niche” portal berita tersebut.
Hal ini dikarenakan, mesin pencari Google sudah cukup cerdas untuk mengetahui info mana yang paling orosinil berdasarkan kronologi peredaran informasi. Contohnya saat harga BBM naik, kamu akan dapat portal berita yang ada di urutan atas adalah yang paling awal meliput informasi tersebut.
Judul clickbait – Keunggulan lainnya yang harus dimiliki sebuah portal berita adalah copywriter yang mumupuni dan punya pengalaman sehingga bisa membuat judul yang memancing perhatian pengunjung. Dengan adanya judul yang menarik, kolom hasil pencarian mereka di Google akan memiliki jumlah klik lebih banyak sehingga CTR nya besar (click Trough Rate).
Penting: Salah satu kunci keberhasilan SEO adalah adanya referral link yang berkualitas. Ingin laman website kamu mendapatkan backlink relevan dari top ranked domain? Simak selengkapnya disini:
Angka CTR yang besar ini dapat menjadi salah satu indikator bagi mesin pencari bahwa artikel yang muncul tersebut sesuai dengan kata kunci pencarian. Oleh karena itu, rating halaman dari portal berita dengan judul yang appealing itu lama-kelamaan bisa berada di paling atas hasil pencarian.
Selain itu, pemilihan judul yang tepat juga dapat mempertahankan pengujung untuk terus menjelajahi setiap artikel di website portal berita. Hal ini akan menghasilkan angka bounce rate yang rendah serta session duration yang tinggi yang tentu menjadi indikator berkualitasnya sebuah informasi.
Oke, itu kira-kira ketiga hal terkait optimasi umum yang biasa dilakukan di banyak portal berita. Untuk cara-cara optimasi SEO whitehat khusus, kamu dapat menyimaknya langsung lewat podcast kami di atas. Untuk men-download audio kursus SEO di atas, kamu dapat mengunduhnya dengan membagikan tautan artikel ini terlebih dahulu pada kolom berikut.
Terimaksih atas proadcashnya…. Sangat membantu sekali terutama dalam teknik SEO khsus whiteheat pada redirect. Kalau di terapkan pada Subdomain blogspot kira2 bagaimana ya
sama saja mas, untuk subdomain wordpress yang pernah kami uji, hasilnya bagus.
Terimakasih Banyak Atas Materinya Akan langsung saya Praktikan Mantab
Mas… saya mau tanya yang Backlink/repost…
Apa itu nanti tdk dianggap spam mas? Karna copypaste?
Kalau secara logika sih memang tdk masalah & bagus krn di repost dan disertakan pula linknya.. spt “artikel ini sudah tayang di tribunnews berjudul ………..”
Mhn pencerahannya mas?
Ini rilis panduan resmi dari Google nya mas.
Kalau artikel seperti di tribun yang ada kata2 “artikel ini sudah tayang” termasuk syndicated content dan bukan copy paste mas. untuk membedakan antara keduanya memang cukup tricky karena Google punya algoritma sendiri untuk membedakan kedua hal tersebut. Lebih lanjutnya mudah-mudahan bisa saya bahas di tulisan berikut nya tentang update SEO terbaru dari Google ini.
Ternyata ada web pengganti panduanim yang membahas tentang SEO Secara mendalam.. terimakasih, terus berkarya dan berbagai gan..
terima kasih atas feedback nya mas, masih jauh lah kalau dibanding panduanim sepertinya 😀
Bener banget tuh klikbet sangat berpengaruh jadi bikin penasaran pembacanya.
Ternyata masih banyak yang harus saya pelajari tentang seo
Lagi bingung mas, Artikel anjlok semua..
dengan adanya Google brain sekarang, hanya tulisan yang bermuatan saja mas yang benar2 bisa tampil. mungkin bisa diubah lagi struktur judul dan isi artikelnya jangan seragam semua.
Makasih banyak gan Ilmunya..
Semoga lebih mantap kedepannya
Udah kesana kesini cari artikel seo 2019 ehhh ketemu juga ….
Apakah podcastnya sudah ditarik? Krn sudah tidak bisa sy play.
silakan, sudah bisa diakses kembali podcastnya ya.
terima kasih tutorial nya kak.
saya mau tanya,, kalau buat judul click bait apakah bisa ndongkrak post supaya halaman pertama??
soalnya saya masih kesulitan untuk melakukan click bait ini,,
kemudian saya lihat kebanyakan situs yang pageone dengan konten click bait itu web berita seperti tribun, lintas6, detik dll.
terus misal kita pakai click bait untuk konten tutorial kira2 bagaimana ya?
tidak secara langsung, kalau untuk personal blog sepertinya kurang rekomen. kalau web-web besar biasanya untuk meningkatkan CTR karena pengunjungnya sangat banyak, jadi sebisa mungkin mempertahankan visitor utk berlama2 di web mereka.
Saya ada pertanyaan untuk sindikasi. Terkait repost yang dilakukan oleh Tribunnews, mereka tidak mengubah satu kalimat pun dari Grid. Apakah teknik ini baik untuk situs yang tidak sebesar mereka?
menurut saya pribadi, web-web besar yang sudah masuk prioritas Gnews tidak begitu masalah ketika menerapkan sindikasi. Berita dari press release pun rata2 tidak banyak berubah isinya yang dipost di berbagai media.
Namun untuk web dengan jumlah traffic dan konten tdk begitu banyak sepertinya hal ini bs menjadi masalah karena rawan indikasi duplikat konten.
Gila aja tribun, hampir smua keyword dikuasai ma website yang satu ini. Nah, parahnya kalau kita yang dengan traffic rendah mau pakai trik itu mlah ngak nongol2. Haha
Gila emang trib*un, hampir semua keyword dikuasai
Artikel ini sangat bermanfaat sekali buat saya.
Terima kasih.
Keren parah, ini web desainnya benar nyaman dimata⚡ perfectos