Nada dering telepon biasanya sudah disetting secara default oleh handphone ketika pertama kali kamu membeli. Namun, jika kamu kurang suka atau bosan dengan nada tersebut kamu bisa menggantinya lho, cara ganti nada dering telepon di hp android juga mudah.

Tidak membutuhkan bantuan aplikasi apapun dan hanya perlu melakukan beberapa langkah. Di pembahasan kali ini kita memiliki 3 cara mengganti nada dering telepon di hp.

Cara Ganti Nada Dering Telepon di HP Android

Perlu kamu ingat cara ini hanya untuk nada dering jika ada panggilan telepon saja. Untuk nada dering SMS atau nada dering WA sudah beda lagi. Langsung saja simak beberapa cara berikut.

#1 Ganti Nada Dering Telepon Hp Biasa

Untuk cara yang pertama merupakan cara yang pada umumnya orang lakukan. Apapun merek hp kamu berapapun serinya maka caranya akan sama, sehingga cara ini bisa diikuti siapapun, hanya saja mungkin berbeda di nama menunya saja.

  1. Pertama buka menu Pengaturan seperti gambar berikut.
  2. Lalu nanti muncul banyak opsi menu, scroll ke bawah dan klik pada Suara & Getaran.
Cara Ganti Nada Dering Telepon di HP Android
Pilih Pengaturan – Klik Suara Dan Getaran
  1. Kemudian nanti muncul beberapa setting nada dering, untuk mengganti nada dering telepon maka kamu bisa pilih antara SIM 1 Nada Dering atau SIM 2 Nada Dering, tergantung kamu menggunakan yang mana. Sedangkan jika SIM 1 dan SIM 2 Nada Dering Pesan jelas digunakan untuk mengganti notif pesan.
  2. Setelah itu nanti akan ada beberapa opsi nada dering telepon yang bisa kamu pilih, contohnya di sini kami memilih Keriangan.
  3. Jika sudah memilih kembali ke halaman sebelumnya, apabila berhasil maka tampilan pada SIM 1 Nada Dering sudah berubah menjadi Keriangan.
Cara Ganti Nada Dering Telepon di HP Android
Pilih SIM 1 – Pilih Nada Dering – Nada Dering – Berhasil Diganti

Sampai sini kamu sudah berhasil mengganti nada dering telepon SIM 1 dengan nada yang berbeda.

#2 Ganti Nada Dering Hp Android Super Keren

Jika sebelumnya kamu hanya bisa memilih nada dering yang disediakan oleh handphone saja, kali ini kamu akan melakukan cara ganti nada dering telepon di hp android secara custom.

Hanya saja sekarang kita membutuhkan bantuan pihak lain untuk download nada dering. Ada beberapa situs yang bisa kamu gunakan, diantaranya seperti.

  • Zedge
  • Phoneky
  • Mobiles24 dan masih banyak lagi

Kamu bisa memilihnya salah satu, tapi di contoh kali ini kita akan menggunakan situs Zedge. Berikut langkah download nada dering custom.

  • Kunjungi link berikut https://www.zedge.net/ringtones.
  • Lalu nanti muncul halaman seperti di bawah, kamu bisa memilih nada dering telepon manapun.
  • Setelah kamu pilih, klik pada nada dering tersebut dan pilih Download.
  • Selanjutnya nanti muncul halaman tunggu selama 10 detik, tunggu hingga selesai maka nada dering akan otomatis terunduh.
Cara Ganti Nada Dering Telepon di HP Android
Pilihan Nada Dering Akan Tampil – Klik Download – Tunggu Hingga Selesai

Cara lain selain menginstall aplikais Zedge, kamu juga bisa membuat notifikasi wa sendiri di artikel kami sebelumnya.

Nah, sampai sini kamu sudah berhasil mengunduh nada dering dalam format mp3, sekarang saatnya untuk mengganti nada dering tersebut di hp android kamu. Ikuti langkah – langkahnya seperti berikut.

  1. Buka menu Pengaturan di handphone kamu.
  2. Lalu pilih Suara & Getaran seperti gambar di bawah.
Cara Ganti Nada Dering Telepon di HP Android
Pilih Pengaturan – Klik Suara Dan Getaran
  1. Kemudian, pilih SIM mana yang akan kamu ganti nada deringnya. Contohnya di sini yaitu SIM 1 Nada Dering.
  2. Selanjutnya nanti muncul berbagai pilihan nada, namun di sini kita akan menggantinya custom sehingga klik Pilih dari file. 
  3. Jika sudah maka muncul file audio, suara dan nada dering yang sudah kamu unduh. Misalnya nada dering save_me_jelly_roll dan klik pada nada tersebut.
Cara Ganti Nada Dering Telepon di HP Android
Pilih SIM 1 – Klik Pilih Dari File – Cari Nada Dering
  1. Setelah di klik, maka otomatis file tersebut akan terpilih.
  2. Lalu klik ke halaman sebelumnya lagi maka SIM 1 Nada Dering sudah berganti menjadi nada dering yang kamu pilih sebelumnya.
  3. Selesai, berarti sampai sini nada dering telepon custom sudah berhasil diganti.
Cara Ganti Nada Dering Telepon di HP Android
Nada Dering Custom Berhasil Diganti

#3 Ganti Nada Dering untuk Kontak Tertentu

Mungkin kamu ingin memberikan nada dering yang berbeda untuk kontak – kontak tertentu, tenang saja hal itu bisa dilakukan dengan mudah.

Jika dua cara sebelumnya dilakukan untuk mengganti nada dering seluruh kontak, maka kali ini kamu bisa  menggantinya hanya untuk nomor tertentu saja.

Sehingga ketika ada telepon dari nomor tersebut, nada dering yang muncul bukan seperti biasanya, melainkan tergantung yang akan kamu pilih nanti. Langsung saja ikuti langkah cara ganti nada dering telepon di hp android untuk kontak tertentu.

  1. Buka menu Telepon > Kontak.
  2. Setelah itu pilih kontak yang nada deringnya ingin kamu bedakan.
Cara Ganti Nada Dering Telepon di HP Android
Pilih Menu Telepon – Pilih Kontak
  1. Jika sudah masuk ke kontak tersebut, scroll ke bawah hingga menemukan menu Nada Dering dan klik pada bagian tersebut.
  2. Setelah itu nanti muncul beberapa opsi nada dering, dan pilih sesuai keinginan.
  3. Kemudian jika berhasil maka di bagian Nada Dering, nadanya akan terganti dan beda dari sebelumnya lalu klik Simpan di pojok kanan atas.
Cara Ganti Nada Dering Telepon di HP Android
Pilih Menu Nada Dering – Klik Nada Yang Dipilih – Simpan
  1. Jika langkah sebelumnya kamu memilih berdasarkan nada yang ada di hp, sekarang kamu bisa memilih file custom. Caranya klik Pilih dari file.
  2. Lalu cari nada dering yang kamu inginkan.
  3. Setelah itu nada dering otomatis akan berganti seperti gambar di bawah, jika sudah klik Simpan agar hasil edit nada deringnya tersimpan.
Cara Ganti Nada Dering Telepon di HP Android
Klik Pilih Dari File – Pilih Nada Dering – Nada Dering Terganti – Klik Simpan

Nah, itulah cara ganti nada dering telepon di hp android untuk kontak tertentu. Kamu bisa mencobanya dengan cara meminta untuk di telepon dari nomor tersebut, dan lihat apakah nada dering yang muncul sama atau tidak.

Demikianlah 3 cara ganti nada dering di hp android dari Karinov.co.id baik dengan cara biasa, dengan nada dering custom, maupun hanya kontak tertentu saja. Selain itu kamu juga bisa mengganti nada dering sound of text sebut nama, menarik sekali kan? Selamat mencoba.

Author

Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya.