Sebelum mendapatkan sebuah pekerjaan ada tahapan yang harus dijalani oleh seorang calon karyawan untuk bisa masuk ke suatu perusahaan. Tahapan yang pertama adalah membuat surat lamaran pekerjaan.

Jika kita merujuk pada definisi surat itu sendiri secara Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kertas yang bertulis dan berfungsi untuk menyampaikan sesuatu kepada penerimanya. Sementara surat lamaran kerja merupakan surat yang dibuat dengan tujuan untuk melamar suatu posisi pekerjaan disebuah perusahaan. Jadi surat ini tidak akan dibuat tanpa adanya lowongan pekerjaan yang dibuka. Berikut 3 besar tempat mencari kerja dari PTN terbaik di Indonesia:

Dalam pembuatan surat lamaran ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena si pelamar ini sesungguhnya sedang bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan pencari kerja, sehingga membuat pengajuan sebaik mungkin adalah pilihan satu-satunya.

Kaidah Bahasa yang Benar

Ketika membuat surat lamaran pekerjaan selalu gunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan EYD. Karena surat ini sifatnya resmi yang ditujukan untuk suatu instansi. Bahasa yang kita gunakan dalam tulisan ini haruslah benar-benar kita perhatikan, jangan sampai kita membuat tulisan dengan bahasa yang kurang formal. Tentu ini menjadi nilai negative bagi diri kita terkait dengan posisi pekerjaan yang ingin kita lamar.

1. Alur Tulisan Teratur

Penulisan surat lamaran kerja haruslah beraturan mulai dari awal hingga akhir dengan susunan yang terstruktur. Terlebih dahulu tuliskanlah pembukaan surat yang baik lalu dilanjutkan dengan perkenalan diri anda bersama dengan biodata diri yang anda tulis. Sampai pada tujuan dari penulisan surat itu sendiri. Dengan alur tulisan yang teratur akan menjadikan pembacanya tertarik untuk membaca surat lamaran anda.

2. Mencantumkan Posisi yang Anda Lamar

Dalam surat lamaran pekerjaan anda harus mencantumkan posisi pekerjaan yang anda lamar. Karena biasanya seorang HRD perusahaan harus memeriksa banyak berkas surat lamaran yang masuk, agar memudahkan mereka mengklasifikasi posisi yang dicari, tentu pencantuman posisi dalam surat menjadi hal yang penting.

3. Cantumkan Kelengkapan Berkas

Selain mencantumkan posisi yang didalam didalam surat lamaran pekerjaan juga dimasukkan data-data kelengkapan berkas apa saja yang anda lampirkan sebagai syarat melamar pekerjaan tersebut.

Selain harus memperhatikan hal-hal diatas dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan anda juga harus memahami 'Pedoman Lengkap Menulis Surat Resmi' sebagai berikut :

  1. Bentuk surat yang dibuat haruslah sesuai dengan isinya.
  2. Dalam penggunaan bahasa didalam surat haruslah yang sopan dan tidak boleh menggunakan bahasa kasar atau bahasa yang dapat menyinggung perasaaan orang lain.
  3. Kalimat yang digunakan dalam surat harus sesuai kaidah bahasa Indonesia yang benar.
  4. Isi surat tidak bertele-tele, menggunakan bahasa yang efektif, efisien dan tetap dalam koridor yang sopan.
  5. Surat disusun dalam bentuk yang menarik dan tersusun sesuai peraturan.
  6. Penggunaan tanda baca dan huruf besar pada tempatnya.
  7. Menarik wujud dan fisiknya.

Format Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran pekerjaan memiliki format yang hampir sama dengan surat lainnya. Adapun format suratnya mencakup:

1. Tanggal Surat

Tentu dalam setiap penulisan surat sangat penting untuk mencantumkan tanggal surat itu dibuat. Tanggal ini berfungsi untuk mengetahui kapan surat itu dibuat.

2. Penerima dan Alamat Surat

Penerima dan alamat surat berada setelah tanggal surat. Dalam penulisan penerima biasakan untuk menggunakan istilah Bapak atau Ibu karena lebih terlihat formal. Untuk alamat surat ada sebagian yang menuliskan lengkap namun ada juga yang menuliskan hanya kota penerima surat.

3. Perihal

Perihal merupakan tujuan mengapa kita membuat surat tersebut. Karena ini merupakan surat lamaran pekerjaan maka kita mencantumkan tujuan tersebut dalam perihal yang dilampirkan.

4. Salam Pembuka

Dalam salam pembuka upayakan untuk menggunakan kalimat yang baik seperti 'Dengan Hormat'. Karena kalimat ini formal dan selalu digunakan dalam pembukaan surat untuk tujuan yang resmi.

5. Isi Surat

Isi surat merupakan penjelasan mengenai mengapa kita harus membuat surat ini. Biasanya didalamnya kita menjelaskan sedikit mengenai diri dan kapasitas kita. Serta diakhiri dengan posisi apa yang kita lamar dan menjelaskan mengapa kita cocok untuk posisi tersebut.

6. Salam Penutup

Setelah selesai dengan isi surat maka anda pun harus menutup surat dengan salam penutup sebagai bagian akhir dari surat lamaran.

7. Tanda Tangan

Bubuhkan tanda tangan anda dalam surat lamaran yang sesuai dengan KTP anda. Perlu diingat, karena ini adalah surat resmi yang akan menunjukkan profesionalitas Anda, hindari penggunaan simbol-simbol yang tidak perlu (baca: alay) dalam tanda tangan.

8. Nama Lengkap

Tuliskan nama lengkap anda dengan jelas beserta gelar pendidikan yang anda miliki. Kalau memungkinkan, pastikan nama lengkap dalam setiap dokumen yang Anda sertakan sama persis.

Berikut ini kami berikan contoh format surat lamaran:

Jakarta, 10 November 2018 ========🡺 Tanggal surat

Yth HRD PT Astra Internasional ========🡺 Penerima dan Alamat surat
Jl Gaya Motor
Jakarta

Hal : Lamaran Pekerjaan ========🡺 Perihal waktu
ngan hormat, ========🡺 Salam Pembuka

Paragraf Pembuka
………………………………………………………………………
Paragraf Isi
………………………………………………………………………
Paragraf Penutup
………………………………………………………………………

Dengan hormat ========🡺 Salam penutup
(Tanda tangan) ========🡺 Tanda tangan
Andi Ahmad Karim==========🡺 Nama Jelas

Adapun untuk contoh asli surat lamaran pekerjaan untuk seorang lulusan fresh graduate adalah sebagai berikut:

Contoh Surat Lamaran Kerja 1

Jakarta, 12 Desember 2018

Yth. HRD PT Inti Nusa Persada
Wisma KEIOI
Jl Jendral Sudirman
Jakarta

Hal : Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari website pencari kerja Jobstreet.com bahwa perusahaan PT Inti Nusa Persada saat ini membuka lowongan untuk posisi sebagai Administrasi Staff. Maka dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan untuk posisi tersebut.

Saat ini saya adalah fresh graduate dari Universitas Indonesia Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Ketika kuliah saya pernah magang di perusahaan PT Heeinz Indonesia untuk posisi yang sama selama kurang lebih tiga bulan. Saya memahami banyak hal mengenai administrasi, dan harapan saya pengalaman tersebut dapat menjadi bekal bagi saya untuk bekerja di perusahaan PT Inti Nusa Persada.

Sebagai syarat kelengkapan administrasi saya juga melampirkan beberapa dokumen yakni:

– Daftar Riwayat Hidup
– FC Ijazah Terakhir
– FC Transkrip Nilai
– FC KTP dan KK
– Pas Foto 4 x 6 (2 Lembar)
– Surat Keterangan Kelakuan Baik

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, semoga saya diberikan kesempatan untuk melalui tahapan selanjutnya dalam seleksi penerimaan karyawan diperusahaan ini.

Hormat Saya,
Ine Febrianti

Contoh surat lamaran kerja 2

Jakarta, 01 Januari 2019

Yth. HR PT Elang Raya
Wisma BNI 46
Jl Jendral Sudirman
Jakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi bahwa di perusahaan PT Elang Raya saat ini membutuhkan karyawan untuk posisi Manager Keuangan dengan pengalaman kerja minimal tiga tahun diposisi yang sama. Maka saya bermaksud untuk melamar pekerjaan untuk mengisi posisi tersebut.

Saat ini saya bekerja diperusahaan PT Bumi Indah Perkasa sebagai Manager Keuangan selama lima tahun terakhir. Saya memulai karir saya sebagai Junior Finance pada tahun 2012 diperusahaan tersebut. Salah satu prestasi kerja saya adalah membuat Project di bidang keuangan sehingga perusahaan dapat bertahan pada masa kritis di tahun 2017. Ketertarikan saya untuk bergabung di PT Elang Raya dikarenakan ada kemiripan bisnis dengan perusahaan saya yang lama, sehingga secara garis besar saya memahami permasalahan yang dihadapi dibagian keuangan.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, semoga saya diberikan kesempatan untuk melalui tahapan selanjutnya dalam seleksi penerimaan karyawan diperusahaan ini.

Hormat Saya,
Anton Zaelani

Bonus: Contoh Cover Letter

Cover letter or job application letter is a letter prepared and sent by someone who wanted to work in an office, company or other agencies.

ITB Career Center

Di bawah ini merupakan contoh cover letter dalam bahasa inggris yang biasa digunakan dalam email atau kata pengantar dalam mengirimkan surat lamaran pekerjaan atau curriculum vitae ke alamat email pembuka lowongan kerja.

Untuk melamar di perusahaan multinasional, biasanya penggunaan cover letter sangat dibutuhkan dan cukup menentukan dibaca atau tidaknya pengajuan lamaran kerja Anda.

Berikut contoh asli dari email cover letter untuk posisi Sales Manager di Tetra Pak dari seorang fresh graduate salah satu PTN terkemuka di Kota Bandung.

Dear,

I was excited to see your opening for Sales Manager in Tetra Pak. Currently, I have worked at LAPI ITB until the end of this year as an researcher. I have graduated on October 2018 from Chemistry Department in FMIPA ITB.

With my undergraduate research background, my expertise in process design and chemical sciences, I believe I could make a valuable contribution to Tetra Pak Indonesia. I also learn about thermodynamics, transport phenomena, and product separation in my college. As indicated on my resume, I have worked as an intern student for 1 month at PT. Astra Agro Lestari to assess kernel and oil losses in CPO production with analytical and material balance approach, I also study about Palm Oil Mill Effluent (POME) treatment which is one of the main issues in palm oil industries at that time.

In addition, I have an ability to utilize some well-known digital platforms and application such as Adobe Photoshop and Ms Office. With that kind of ability, I am sure that I can deliver and visualize the project report or any scientific study in a suitable way. I believe my combination of digital creative business experience and science research study is an excellent match for the Sales Manager position you described. I enthusiastically look forward to putting my knowledge and experience into practice in this project. Thank you very much for your consideration.

Sincerely,
Azka Aldrich

Contoh Cover Letter 2

Berikut contoh email cover letter untuk posisi business intelligence di perusahaan Metraplasa. Pada cover letter ini, sang pelamar juga menunjukkan keahlian spesifiknya yang mungkin dibutuhkan di posisi yang diinginkan nantinya.

Dear Sirs,

I am writing to enquire available Business Intelligence at Metraplasa. I enclose my CV for your information.
 
I have some experiences in online marketing and predictive analytics include utilizing some SEO tools such as Google Analytics, Keyword Tool, Google Apps for Business, etc. I am interested in applying for this vacancy because it would provide me the ideal opportunity to assist your company and to expand my online marketing skills.

I also had some successful SEO project back in the day like ptn-online.com and matasalman.com in particular keywords. So, I believe I could fit into this position with some guidance. I look forward to speaking with you to discuss my interest in working for your company. I appreciate your consideration and thank you for your time.

Sincerely,
Azka Aldrich

Download Surat Lamaran [.doc]

Untuk mendownload contoh dan format surat lamaran kerja terbaru di 2019 ini, kamu dapat mengunduhnya dengan memasukkan alamat email yang valid. File berikut ini tersedia dalam format .doc (editable) sehingga kamu dapat langsung mengubahnya sesuai keperluan. Semoga sukses!

Tanya Jawab Melamar Kerja

Apa hal yang paling penting dalam dokumen lamaran kerja?

Hampir semua dokumen yang diminta dalam lamaran adalah hal yang penting, namun, diantara yang paling krusial adalah pencatuman pengalaman kamu yang paling relevan dengan posisi yang kamu inginkan.

Bagaimana tips trik untuk dilirik oleh interviewer?

Bicara lah apa adanya. Ada baiknya sebelum kamu melamar, pelajari dulu posisi dan perusahaan yang kamu tuju. Pilihlah posisi yang menurut kamu yakin punya keahlian yang lebih dibandingkan dengan pesaingmu dan tuliskan apa yang membuatmu berbeda. Jika ada, sampaikan rencana riil yang bisa kamu lakukan jika diterima di posisi dan perusahaan tersebut.

Riwayat hidup saya panjang, apakah harus ditulis semua?

Tidak, kamu hanya perlu menulis apa-apa yang relevan dengan perkerjaan yang kamu inginkan nantinya.

Apakah pengalaman organisasi berpengaruh besar?

Tidak hanya pengalaman organisasi, dalam dunia karir, semua soft skill dan hard skill kamu sama-sama dibutuhkan. Oleh karenanya, pengalaman menjadi volunteer, magang di perusahaan, serta internship bisa jadi poin plus yang berharga di mata interviewer Anda.

Apa perbedaan cover letter dengan surat lamaran?

Cover letter biasanya dibuat sebagai pengantar dokumen-dokumen resmi yang kamu kirim. Jika surat lamaran, CV, dan syarat lainnya kamu lampirkan sebagai attachment email, maka cover letter adalah body text dari email tersebut.

Nah itulah beberapa tips pembuatan serta contoh surat lamaran yang baik dan benar, semoga berguna bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan. Sukses ya dengan tempat kerja yang kamu inginkan 🙂

  • Ajie

    Lengkap banget penjelasannya mas, gak bosen bacanya kerenn