YouTube bukan hanya sebagai platform video, namun bisa jadi platform kebaikan dan transfer ilmu. Di era modern ini sudah banyak sekali kajian ustaz yang dapat kamu ikuti. Berikut beberapa channel ustadz yang dapat kamu ikuti di YouTube dirangkum oleh tim Ummiabi. selain membuat nilai-nilai spiritual dalam diri menjadi baik, pembahasannya juga ringan, mudah dipahami, dan sarat makna!

1. Ustaz Khalid Basalamah

Ustad Khalid Basalamah

Channel Ustaz Khalid Basalamah bisa dicek di channel Khalid Basalamah Official. Sampai saat ini channel tersebut memiliki satu juta lebih subscribers. Penonton tiap videonya bisa mencapai ribuan hingga ratusan ribu. Ustaz Khalid Basalamah, dilansir dari berbagai sumber, telah menekuni dan mendalami ayat-ayat suci Al-Quran danberbagai hadis. Sampai akhirnya dia menuntut ilmu di Arab Saudi tepatnya di Universitas Madinah.

Setelah merampungkan kuliah S-1 di Universitas Madinah, Ustaz Khalid Basalamah menempuh pendidikan S-2 di Univeristas Muslim Indonesia tepatnya di Makassar, selanjutnya beliau mengambil S-3 di Univeristas Tun Abdul Razak, Malaysia.

Ustaz Khalid Basalamah berdakwah dari masjid ke masjid. Beliau terkenal dengan cara dakwahnya yang tegas. Berbagai macam kitab, dalil, dan hadist yang kuat dijadikan materi ceramah. Walau ada saja yang tidak sependapat, banyak orang yang tercerahkan dengan ceramahnya.

2. Ustaz Adi Hidayat

Kajian Ustad Adi Hidayat

Channel YouTube Ustaz Adi Hidayat yang bernama Adi Hidayat Official lebih banyak memahami sejarah diturunkannya ayat Al-Quran dan membahas ayat tersebut dengan cerdas.

Ustaz Adi Hidayat lahir di Banten, 11 September 1984. Sejak kecil, Ustaz Adi Hidayat dikenal sebagai siswa yang cerdas. Saat SD, beliau masuk ke dalam kelas unggulan dan mendapat peringkat pertama. Ia yang juga sekolah di madrasah setelah pulang sekolah umum pun sering menjadi penceramah cilik di acara wisuda santri. 

Beranjam SMP hingga SMA, beliau melanjutkan pendidikannya di Garut tepatnya di Pondok Pesantren Darul Arqan Muhammadiyah. Ustaz Adi Hidayat selama menempuh pendidikan di pondok banyak mendapat penghargaan baik tingkat pondok maupun provinsi dalam lomba-lomba yang terkait dengan keagamaan. 

Kecintaan akan Alquran membawa Ustaz Adi Hidayat kuliah di Fakultas Dirasat Islamiyyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Berselang dua tahun kuliah, ia memutuskan lanjutkan pendidikan di Kuliyya Dakwah Islamiyyah di Tripoli, Libya hingga menyelesaikan pendidikan pascasarjana di Islamic Call College, Libya.

3. Ustaz Abdul Somad

Kajian Ustadz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad terkenal dengan cara dakwahnya yang tegas dan lugas. Beliau memiliki channel YouTube bernama Ustadz Abdul Somad Official yang hingga kini mempunyai satu juta lebih subscriber.

Ustaz Abdul Somad lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara pada 18 Mei 1977. Ustaz Abdul Somad bersekolah di Madrasah Aliyah Nurul Falah di wilayah Indragiri Hulu dan tamat pada tahun 1996. Setelah menamatkan sekolahnya di MAN, Ustaz Abdul Somad kemudian melanjutkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi.

Beliau melanjutkan kuliah di UIN SISKA Riau. Di kampus ini, Ustaz Abdul Somad hanya mengenyam pendidikannya selama dua tahun saja, hingga tahun 1998 dikarenakan ia mendapat beasiswa dari pemerintah Mesir untuk menempuh pendiikan di Universitas AL-Azhar. Setelah lulus, beliau mengambil studi S-2 dengan beasiswa dari Kerajaan Maroko di Institut Dar Al-Hadis Al-Hassania.

4. Buya Yahya

Kajian Buya Yahya

Buya Yahya mempunyai channel bernama Al-Bahjah TV. Buya Yahya memiliki nama lengkap Yahya Zainul Ma’arif. Buya Yahya lahir di Blitar pada tanggal 10 Agustus 1973, beliau merupakan dai kondang asal Cirebon yang sudah terkenal di mana-mana. Dahulu sebelum terkenal, Buya Yahya merintis majelis taklim dari musholla-musholla yang jamaahnya tidak lebih dari 20 orang, namun beliau tetap istiqomah menjalankan majelis tersebut. Tahun demi tahun berganti, hingga sekarang jamaah yang hadir di tempat beliau bisa sampai ribuan orang.

Buya Yahya membangun Pondok Pesantren dan Lembaga Pengembangan Da’wah dengan nama Al-Bahjah yang berada di lokasi Kabupatan Cirebon, Jawa Barat sebagai pusatnya.

5.Gus Baha

Gus Baha

Gus Baha memiliki channel yang bernama Ngaji Gus Baha Official. Gus Baha memiliki nama lengkap KH Bahauddin Nursalim. Beliau lahir di Sarang, Rembang, Jawa Tengah pada 15 Mei 1977Gus Baha merupakan putra seorang ulama pakar Al-Quran yang bernama KH Nur Salim Al Hafizh dari Narukan, Kragan, Kabupaten Rembang. Gus Baha telah mengkhatamkan Alquran beserta Qiro’ahnya dengan didikan yang ketat dari sang ayah, KH Nur Salim (doa).

Beliau kini menetap di Yogyakarta. Gus Baha menjadi terkenal setelah banyak video pengajiannya tersebar di YouTube maupun Instagram. Dalam dakwahnya telah tampak keilmuannya yang dalam. Beliau biasa berpenampilan santai dalam berceramah. Argumentasinya dalam menjawab masalah umat selalu renyah, santai, cerdas, dan menenangkan.

There are currently no comments.