Media sosial merupakan sebuah kosakata yang sangat populer di zaman sekarang. Diawali dengan Six Degrees yang muncul sebagai pioneer di tahun 1997, siapa sangka bisnis model ini menjadi demam paling tidak 10 tahun setelahnya. Walau istilah sosial media sering kita gunakan untuk platform berbagi seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Apakah arti sebenarnya dari “social media” itu sendiri?

Pengertian Sosial Media

Alih-alih menggunakan definisi yang panjang lebar, ada baiknya kita mendefinisikan term media sosial menjadi lebih mudah dimengerti. Jika kita mengartikan kata “sosial” sebagai adanya interaksi antar manusia serta media sebagai alat komunikasi, maka secara sederhana inilah sebenarnya yang dimaksud dengan media sosial:

Sosial Media

Alat komunikasi berbasis web atau aplikasi yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berinteraksi satu sama lain dengan cara berbagi atau memperoleh informasi yang ada.

Fitur-Fitur umum pada Media Sosial

memulai bisnis media sosial

Berikut fitur-fitur yang pada umumnya terdapat dalam suatu aplikasi media sosial. Untuk membedakan mana social media platform dengan aplikasi berbasis internet lainnya, paling tidak ia memiliki salah satu fitur di bawah ini.

  • Akun pengguna: Tidak ada media sosial yang tidak memungkinkan penggunanya untuk membuat akun sendiri. Jika tidak ada akun pengguna lalu bagaimana setiap orang bisa saling berbagi?
  • Halaman profil: Sebagai ajang komunikasi antar pengguna, maka laman profil khusus milik setiap pengguna adalah hal yang wajib ada.
  • Teman, pengikut, hashtag: Setiap orang dapat menggunakan platform media sosial untuk saling terhubung, baik itu dengan pengguna ataupun topik informasi tertentu.
  • Lini masa: Ketika kita terhubung dengan pengguna lainnya, lini masa memungkinkan kita untuk menerima update terkini. Bahkan hari ini, tidak sedikit platform yang memungkinkan kita menerima update secara real-time (live).
  • Personalisasi: Sosial media populer biasanya memungkinkan setiap pengguna untuk memodifikasi tampilannya se-personal mungkin. Personalisasi ini bisa tercermin dari foto yang digunakan, informasi yang tersedia, serta tampilan yang tidak monoton.
  • Notifikasi: Alur informasi yang biasanya beralih sangat cepat di sosial media memungkinkan kita untuk melewatkan bagian tertentu. Fitur notifikasi berfungsi untuk memastikan kita tidak melewatkan hal-hal yang seharusnya kita dapatkan.
  • Kolom komentar dan reaksi: Adanya feedback membuat interaksi akan lebih hidup. Umpan balik ini bisa sangat beragam, baik berupa tulisan (komentar), likes, re-tweet, love, ataupun bentuk emosi lainnya.

Dampak / Pengaruh dari Sosial Media

“Man behind the gun” itulah ungkapan yang tepat menggambarkan bagaimana seharusnya kita memanfaatkan teknologi yang ada. Walaupun media sosial utamanya merupakan sarana hiburan, faktanya tidak sedikit pula masalah yang dihasilkan. Harus diakui cukup banyak masalah-masalah baru yang ditimbulkan dari tren media sosial yang belum ada sebelumnya. Berikut diantara major issues yang muncul dari penyalahgunaan sosial media.

  • Spam: Ya, adanya sosial media membuat mudah para spammer yang bertebaran di dunia maya untuk membombardir netizen dengan konten spam. Distributor spam tersebut bisa berupa akun yang dikelola oleh orang secara langsung ataupun oleh bot.  Sebagai contoh platform Instagram yang 8% akunnya adalah bot seperti dikutip infografis tentang media sosial ini.
  • Cyberbullying: Dengan mayoritas pengguna generasi muda dan anak-anak, media sosial menjadi sangat rentan untuk menjadi ajang “ikut-ikutan”. Sayangnya, tidak sedikit aksi demam tersebut berujung pada aksi untuk mendiskreditkan seseorang. Hal ini tentu bisa berakibat fatal bagi korban atau target bully yang bisa jadi sasaran dan konsumsi jutaan orang di dunia maya.
  • Berita palsu (HOAX): Jangan heran bila sebagian besar HOAX tersebar lewat sosial media. Hal ini dikarenakan saking mudahnya seseorang untuk menyebar informasi tanpa disertai filter yang memadai. Tingkat kesadaran dalam mengolah informasi juga menjadi faktor penting bagaimana dengan mudahnya seseorang membagikan info yang belum tervalidasi atau bahkan provokatif.

Oke, itulah ulasan mengenai sosial media yang tidak terasa baru 20 tahun ini muncul di peradaban manusia. Melihat perkembangannya yang begitu pesat, tentu media sosial juga punya andil besar dalam cara kita berinteraksi hari ini. Oleh karenanya, kita sebagai pengguna media sosial juga harus bijak dalam memanfaatkannya, kamu setuju?

There are currently no comments.