Bagi kebanyakan orang, kenyamanan dalam berkendara adalah hal yang wajib dipenuhi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengubah kendaraan menjadi lebih nyaman adalah dengan mengganti jok mobil dengan bahan kulit ataupun sintentis.

Nah, pada tulisan ini, kami akan memberikan panduan dasar memodifikasi jok mobil buat para pecinta otomotif khususnya yang ada di Jakarta. Setidaknya ada beberapa pengetahuan dasar yang harus kamu tahu jika ingin mengubah bahan ataupun tampilan joko mobil kamu, berikut cara-caranya.

  1. Menentukan Pakai Sarung Jok atau Jok Kulit Paten

    Secara sederhana, sarung jok hanyalah cover yang dipasang di jok mobil Anda sedangkan jok paten dipasang secara permanen.

    Perbedaan antar keduanya adalah sarung jok biasanya sedikit gombrong dan tidak nge-press di jok mobil sedangkan jok kulit paten akan terpasang ketat seperti bawaan dari pabrik. Umur sarung jok juga tidak lama, paling lama 2 tahun sarung jok akan kendor dan perlu diperkuat kembali. Untuk masalah kebersihan, jok kulit paten juga lebih menjanjikan karena kotoran hanya perlu dibersihkan menggunakan vacuum cleaner.

  2. Menetukan Penggunaan Jok Kulit Asli vs Kulit Sntentis

    Setelah menentukan jenis penggantian jok mobil, bahan jok juga perlu pertimbangan matang-matang. Berikut perbedaan antara jok berbahan synthetic leather dengan genuine leather:

    Harga semi kulit / Synthetic Leather lebih murah, bahkan harga jok dengan synthetic bisa hanya setengah bahkan sepertiga dari harga jok dengan bahan kulit asli.

    Perawatan bahan kulit jok synthetic lebih mudah dan juga tahan air, krn berbahan dasar PVC (Polyvinyl Chloride). Beda dengan kulit asli yang ada sifat menyerap dengan adanya pori-pori kulit, jadi cairan/kotoran lebih sulit dibersihkan dan butuh perawatan secara continue.

    Kulit sintentis tidak ada aroma kulit asli, jadi jangan berharap bisa tercium aroma kulit layaknya anda masuk ke mobil dengan jok berbahan kulit asli.

    Kulit sintentis tidak memberikan kenyamanan layaknya kulit asli. Permukaannya tidak cepat melepas panas, berbeda dengan kulit asli yang dapat segera melepas panas saat A/C mobil dinyalakan atau mobil dipindah ketempat yg teduh.

    Berikut contoh penampilan jok mobil dari bahan kulit asli dari merk yang sudah cukup dikenal saat ini yaitu autoleder.

  3. Kualitas dan Kerapihan Jahitan Mesin

    Motif serta tampilan jok mobil tentu tidak akan lepas dari kualitas jahitannya. Warna benang jahit yang biasanya dibuat kontras dengan warna dasar kulit tentu akan sangat berpengaruh. Olek karenanya, kamu harus memastikan mesin yang digunakan memiliki hasil jahitan yang bagus.

    Salah satu teknologi yang dapat memberikan kualitas jahitan memuaskan adalah mesin jahit double stitch. Keunggulan mesin jahit jenis ini adalah hasil loncatan jahitan yang sejajar hingga terlihat lebih rapih. Contoh dibawah adalah hasil jahitan dasbor kulit menggunakan double stitch.

    jahhitan-kulit-bungkus-dashboard

Oke, itulah ketiga pertimbangan utama yang harus kamu tentukan saat memilih jok mobil yang sesuai. Hal selanjutnya yang penting juga untuk dipertimbangkan adalah harga. Berikut kisaran harga penggantian jok mobil dari salah satu penyedia layanan servis jok mobil di Jakarta.

Harga Paket Jok Mobil

Berikut harga paket jok mobil sudah termasuk ongkos pemasangannya. Beberapa harga di bawah juga ada yang sudah termasuk pemasangan peredam pintu ataupun karpet untuk alas mobil.

Jenis Jok MobilHarga 2 BarisHarga 3 Baris
Sarung Jok MobilRp 800rb-2jtRp 900rb-2.2jt
Jok Paten Kulit AsliRp 4.5jt-6.2jtRp 5.5-7.2jt
Jok Paten Kulit SintetisRp 2.4jt-3.4jtRp 2.7jt-3.7jt

Harga di atas kami dapatkan dari salah satu tempat servis jok berpengalaman di Jakarta yaitu Blitz Jok Mobil. Bagaimana, tertarik memodifikasi jok mobil kamu?

Lokasi Toko: MGK (Mega Glodok Kemayoran) Lantai 5 A21-1 Jl. Angkasa kav B36 gunung sahari selatan Jakarta pusat

CP: 0812 1034 1486 / 087780003571 (Call/WhatsApp/Line)

There are currently no comments.