Percakapan adalah hal yang mendasar untuk membangun sebuah koneksi. Begitu pun dalam bisnis, percakapan menjadi pilar yang menopang hubungan pelanggan dengan dengan penyedia produk atau jasa. 

Melalui percakapan, bisnis dapat mengundang pelanggan untuk membeli produk, atau mempertahankan loyalitas pelanggan untuk terus menggunakan produk

Whatsapp CRM: Strategi pemasaran berbasis percakapan

Whatsapp
Whatsapp

Jika dulu bisnis mengandalkan metode pemasaran dari mulut ke mulut, di era digital ini pemasaran jadi lebih mudah dengan adanya software pesan singkat, seperti WhatsApp CRM.

Bagaimana pengaruh WhatsApp CRM terhadap pemasaran?

Ketika percakapan dikaitkan dengan strategi pemasaran artinya percakapan antara bisnis dengan pelanggan dapat membantu pertumbuhan bisnis. Pertumbuhan bisnis yang dimaksud bisa seperti meningkatkan rates of investment atau mempercepat proses pembelian. 

Strategi ini mengutamakan pendekatan percakapan kepada pelanggan untuk membangun jangkauan koneksi. Strategi percakapan biasanya didukung oleh pesan singkat dengan bahasa yang personal. 

Whatsapp CRM dapat mengirimkan pesan personal kepada konsumen sehingga mempermudah mereka untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan. Selain itu, mengirimkan pesan singkat menggunakan whatsapp CRM dapat mempersingkat proses penjualan yang biasanya bertele-tele.

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menggunakan Whatsapp CRM

Perkembangan digital marketing yang pesat, menuntut perusahaan untuk selalu sigap dan beradaptasi dengan inovasi teknologi, agar bisnis bisa bertahan. Hal ini juga memengaruhi perilaku dan tuntutan konsumen dalam menerima pelayanan. Dengan segala kemudahan era digital, konsumen juga mengharapkan sesuatu yang praktis dan tidak rumit. Dengan begitu pemilik bisnis harus terus memperhatikan perubahan ini agar strategi pemasaran tetap relevan dengan keinginan konsumen. 

Karena hal tersebut, ada dua faktor utama yang perlu diutamakan oleh perusahaan ketika mengimplementasikan WhatsApp CRM, yaitu:

  • Konsistensi dalam kebenaran informasi, seperti informasi produk, atau cara pemakaian produk.
  • Konteks percakapan yang relevan

Kedua faktor diatas dapat memengaruhi cara pandang konsumen terhadap bisnis. 

Coba bayangkan, jika bisnis tidak konsisten dengan informasi mengenai produk yang ditawarkan. Tingkat kepercayaan pelanggan terhadap bisnis akan menurun dan berdampak pada jumlah penjualan. Sehingga agar tetap konsisten, gunakan whatsapp CRM, software yang dapat mengumpulkan dan mengelompokkan informasi menjadi beberapa segmen. Software ini juga dapat membuat template berdasarkan data yang dikumpulkan sehingga informasi tetap aktual dan konsisten.

Selain itu, konsistensi harus diimbangi dengan konteks serta tujuan yang relevan terhadap keinginan konsumen. Sehingga informasi yang telah dikelompokkan sebelumnya dapat menjawab semua pertanyaan pelanggan. 

Optimasi pemasaran dengan whatsapp business otomatis

Automasi whatsapp business dapat dilakukan apabila whatsapp business diintegrasikan dengan CRM. Namun secara fungsi ada dua tipe automasi yang dapat diterapkan dalam whatsapp business.

Automasi pesan singkat untuk pemasaran

Selain dapat mengirimkan pesan secara otomatis, CRM dapat mengumpulkan data pada whatsapp business secara otomatis. Data ini juga bisa dikumpulkan serta dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu. 

Misalnya, dalam iklan produk anda terdapat leads generation yang mengarahkan konsumen untuk menghubungi profil whatsapp bisnis yang tersedia, ketika pelanggan menghubungi anda setelah menekan link tersebut, maka whatsapp CRM akan mencatat dan menyaring database pelanggan berdasarkan preferensi akun media sosial mereka. 

Selain itu, melalui database tersebut, whatsapp CRM juga dapat secara otomatis membuat interaksi yang tepat sasaran dan terkustomisasi berupa lead generation lain yang dapat dikirimkan di waktu tertentu. Hal ini juga bisa meningkatkan conversion rate bisnis.

Automasi alur sistem kerja pada pemasaran

Automasi ini dapat memudahkan anda dalam menyebarkan iklan ke banyak channel hanya dengan satu aplikasi saja. Misalnya, anda ingin menyebarkan iklan produk di tiga platform sekaligus, mungkin akan memusingkan jika harus membuka aplikasi dan mengirimkannya satu persatu. Dengan mengintegrasikan CRM anda dapat menggunakan omnichannel dan mengirimkan iklan ke 3 platform sekaligus.

Merencanakan strategi pemasaran dengan WhatsApp CRM

Di tengah persaingan kompetitif, perusahaan harus inovatif dalam merencanakan dan menyusun strategi pemasaran yang tepat sasaran. Selain itu, menyusun strategi sebelum menggunakan whatsapp CRM dapat menghindari penggunaan yang sia-sia. Maka dari itu untuk merencanakan strategi, cari tahu terlebih dahulu hal yang perlu diperhatikan serta apa saja macamnya.

Hal yang wajib dalam menyusun strategi 

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum menyusun strategi untuk menerapkan whatsapp CRM. 

Pertama, pahami terlebih dulu apa saja yang diperlukan oleh bisnis yang sedang dijalani. Misalnya dengan menentukan target audiens yang diharapkan, mulai dari usia, gender, hingga pekerjaan. 

Misalnya, Anda ingin menjual alat-alat gaming, maka target audiensnya adalah pria dan wanita yang berusia 20-30 tahun yang menyenangi games. Target audiens ini nantinya akan menjadi kompas bagi bisnis dalam mengumpulkan dan menganalisis data konsumen. Serta menentukan strategi pemasaran apa yang akan Anda gunakan menggunakan whatsapp CRM.

Kedua,  memerhatikan fitur whatsapp CRM yang dapat mendukung strategi pemasaran. Whatsapp CRM secara umum memang berfungsi sebagai media yang menghubungkan konsumen dengan pelanggan. Namun, apa saja yang ingin Anda informasikan melalui aplikasi whatsapp? Serta apa yang Anda harapkan ketika konsumen mengunjungi profil whatsapp bisnis anda? Pastikan fitur yang Anda gunakan sesuai dengan tujuan utama bisnis yang sedang Anda jalani.

Yang terakhir, dan yang paling utama, yaitu menetapkan tujuan dari pemasaran. Dengan tujuan pemasaran yang jelas dan menyeluruh maka Anda akan mengerti tugas-tugas apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pemasaran produk. 

Macam-macam strategi pemasaran melalui whatsapp business 

Ketika sudah memahami tiga hal penting yang dibutuhkan dalam pemasaran, Anda bisa memilih strategi pemasaran yang tepat untuk konsumen Anda. 

Berikut dua macam contoh strategi pemasaran yang bisa digunakan melalui whatsapp business:

  • Menyematkan lead generation (click to whatsapp) pada iklan di media sosial.
  • Menawarkan reward loyalty.

Kedua strategi di atas tentunya memiliki tujuan yang berbeda. 

Strategi pertama lebih tepat diterapkan untuk menarik perhatian pelanggan baru yang belum mengenali produk yang Anda pasarkan. Strategi ini dapat dilakukan dengan mengintegrasikan whatsapp business ke beberapa media sosial, sehingga Anda bisa mencari konsumen dari berbagai aplikasi media sosial. 

Sedangkan untuk strategi kedua lebih cocok diterapkan untuk pelanggan yang sudah berulang kali membeli produk dari bisnis anda. Dengan demikian, pelanggan akan merasa lebih dihargai dan diistimewakan, terlebih jika reward yang ditawarkan sesuai dengan preferensinya. 

Mengoptimalkan pemasaran melalui WhatsApp CRM efektif untuk meningkatkan interaksi dan tingkat konversi pelanggan. Dengan memanfaatkan fitur CRM secara bijak, Anda dapat memasarkan produk kepada pelanggan secara efisien. 

Selain itu, mengoptimal pemasaran tidak hanya dapat meningkatkan retensi pelanggan, namun juga memperkuat brand awareness

Dengan implementasi WhatsApp CRM yang tepat, perusahaan dapat meraih keuntungan maksimal dari alat ini, meningkatkan penjualan, dan mencapai keberlanjutan pemasaran yang sukses. Alat ini juga dapat membangun hubungan yang lebih dekat dan memahami preferensi pelanggan.

Author

Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya.