Buat kamu pecinta mode kekinian, tentu tidak ingin ketinggalan dengan tren memasang suara Google Translate pada WhatsApp ataupun TikTok. Berhubung metode lama untuk mengunduh suara Google Translate cukup sulit dan sudah tidak dapt digunakan (cari file tts di Network browser), maka Karinov kali ini kan memberikan metode terbaru yang bisa kalian gunakan.

Kelebihan suara Google Translate

Sebenarnya, untuk mendapatkan file suara mp3 dari sebuah teks, kamu tidak perlu repot-repot menggunakan Google Translate, kamu bisa saja memanfaatkan web apps seperti Sound of Text ataupun Botika Speech to Text khusus untuk suara bahasa Indonesia. Namun, salah satu kekurangan dari menggunakan aplikasi TTS selain Google Translate adalah kamu tidak dapat mengunduh suara dalam bahasa daerah seperti sound of text bahasa jawa atau sunda.

Oleh karenanya, ada baiknya cara download suara dari Google Translate ini kamu gunakan jika ingin mengubah tulisan ke dalam bahasa daerah tersebut.

Lihat pula: Text to Speech Suara Pria

Cara Download Suara Google MP3

Buat kamu yang belum tahu, caara paling mudah untuk mengunduh suara Google Translate adalah menggunakan aplikasi yang disediakan oleh Voiceoftext.com. Kamu cukup mengunjungi halaman-halaman dibawah ini, memasukkan tulisan, lalu klik tombol Convert dan setelahnya kamu dapat menekan icon tombol download untuk mendapatkan suara Google dalam format MP3.

Download Suara Google Bahasa Jawa
Download Suara Google Bahasa Jawa dengan Voiceoftext

Cara Lain Download Suara Google Translate

Sebenarnya, cara alternatif ini dapat kamu gunakan baik di laptop maupun hp, asal kamu memiliki aplikasi browser maka sudah cukup untuk mempraktekkan metode berikut.

Lihat juga: Cara Mudah Mengubah Suara menjadi Teks [Gratis]

Pilih Bahasa Jawa Di Google Translate
Pilih Bahasa Jawa Di Google Translate
  1. Pertama-tama, buka Google Translate dan ketikkan teks bahasa Jawa atau Sunda sesuai suara yang ingin dihasilkan.
  2. Terjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan, pastikan hasil terjemahan adalah bahasa daerah yang kamu inginkan, jika tidak ada dalam daftar pilihan, ketikkan Javanese untuk bahasa Jawa dan Sundanese untuk bahasa Sunda.
  3. Setelahnya, klik icon speaker yang ada di bagian bawah kolom Google Translate untuk mendengar suara yang dibuat oleh Google. Jika dirasa sesuai, silakan lanjut ke tahap 4.
Aplikasi Online Voice Recorder
Aplikasi Online Voice Recorder
  1. Sampai disini, kamu hanya bisa mendengar suara Google. untuk mendapatkannya dalam format mp3, kamu harus merekam suara tersebut menggunakan tools lainnya seperti online-voice-recorder.com. Buka aplikasi perekam suara favorit kamu atau buka tools rekomendasi kami diatas.
  2. Sebelum ke tahap berikutnya, pastikan noise atau kondisi sekelilingmu sepi dan tidak ribut agar kualitas suara Google yang dihasilkan tetap bagus.
  3. Tekan icon Speaker untuk merekam suara secara online atau menggunakan aplikasi yang kamu miliki.
  4. Kembali ke tab sebelumnya dan putar suara Google Translate seperti pada tahap 3
  5. Jika suara sudah berhenti, klik tombol stop pada aplikasi recording dan suara Google dalam format mp3 sudah bisa kamu download dengan mengklik tombol Simpan.
Klik Tombol Simpan Untuk Download Suara Mp3
Klik Tombol Simpan Untuk Download Suara Mp3

Bagaimana, mudah saja bukan menerapkan cara terbaru untuk mengunduh suara Google dalam format mp3? Dengan cara ini, kamu dapat mengkreasikan suara Google Translate dengan suara latar lainnya yang diinginkan.

Implementasi Google Voice

Dengan cara yang sangat mudah ini, kamu dapat menggunakan suara Google dalam bahasa Sunda atau Jawa sebagai ringtone notif WhatsApp ataupun konten berbasis audio seperti TikTok atau Instagram. Berikut contoh notif wa masuk menggunakan suara Google dalam bahasa Sunda:

Suara Google Bahasa Sunda MP3

Untuk mengunduh Google voice diatas, kamu dapat mengunduhnya lewat tautan berikut ini: aya_pesen.mp3. File tersebut bisa langsung kamu download dan jadikan notifikasi pesan masuk di WhatsApp atau aplikasi lainnya sesuai keinginanmu. Selamat mencoba sobat Karinov!

Author

Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya.