Nada dering WhatsApp tidak harus selalu sama dengan nada dering default yang Anda pilih. Anda bisa menggantinya agar menjadi lebih menarik dengan menggunakan nada dering buatan Anda sendiri. Cukup siapkan kalimat yang akan Anda jadikan sebagai sebuah nada dering WhatsApp.

Kunjungi situs web yang fungsinya mengubah teks atau kalimat yang tadi sudah Anda ciptakan agar menjadi sebuah file audio atau suara. Nantinya, teks Anda akan diubah menjadi file audio dengan suara wanita seperti suara Google. Nah, yang unik adalah Anda bisa memilih bahasa apapun.

Aplikasi Sound of Text WA

Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk menciptakan suara wanita Google, sehingga bisa Anda pakai sebagai nada dering atau ringtone WhatsApp. Ada juga situs web yang bisa dipakai langsung tanpa perlu mendownload aplikasi pembuat ringtone apapun.

Sound Of Text Suara Wanita
Sound of Text Suara Wanita

Di antara banyak pilihan situs web yang menawarkan pembuatan ringtone dengan suara wanita Google, berikut ini adalah yang paling bagus dan menawarkan berbagai pilihan bahasa:

Sound of Text

Situs web pertama beralamatkan di https://soundoftext.com. Situs web ini punya tampilan yang sangat sederhana dan enak untuk dipandang karena didominasi dengan warna hijau dan putih. Untuk menciptakan file audio, ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Di halaman beranda Sound of Text tersedia kolom berjudul Text Kosong yang bisa Anda isi dengan teks. Isikan teks yang ingin Anda ubah menjadi file audio dengan suara wanita Google di kolom Text tersebut.
  • Setelah itu, klik dropdown di menu Voice yang ada di bawah kolom Text untuk memilih bahasa suara.
  • Setelah memilih bahasa, klik tombol Submit yang ada di bawah kolom Voice.
  • File audio akan ditampilkan di bawah tombol Submit, yaitu di bagian Sounds. Klik tombol Play untuk mendengarkan suara yang dihasilkan. Klik tombol Download untuk menyimpan file audio tersebut ke penyimpanan internal.

Sayangnya, tidak semua bahasa yang ada di situs ini menyediakan suara wanita. Ada beberapa bahasa yang menggunakan suara pria, seperti misalnya bahasa Korea.

Botika Text to Speech

Situs berikutnya adalah https://botika.online/TextToSpeech/. Situs web ini khusus menyediakan file audio dengan suara wanita Google dalam 2 pilihan, yaitu wanita dewasa yang mempunyai nada bicara profesional dan wanita yang lebih muda dengan nada bicara yang lebih cepat.

Sayangnya, situs web ini hanya mendukung penggunaan bahasa Indonesia saja. Kalau Anda memasukkan teks dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lain, file audio yang dihasilkan tetap menggunakan cara membaca bahasa Indonesia.

Voicemaker

Untuk Anda yang butuh alat pembuat ringtone khusus yang lebih kompleks, coba kunjungi https://voicemaker.in. Situs ini tampak sederhana tapi sebenarnya sangat rumit. Setelah memasukkan teks sejumlah maksimal 250 karakter di kolom yang tersedia, ada berbagai pengaturan tersedia.

AI EngineFitur untuk mengatur gaya suara yang diucapkan, apakah standar seperti Google Maps biasa atau Neural yang lebih alami.
Language and RegionsFitur untuk memilih bahasa. Pilihan bahasa yang disediakan lebih banyak dari pilihan yang ditawarkan oleh Sound of Text.
VoicesAnda bisa memilih jenis suara, misalnya anak-anak, wanita, atau pria dewasa. Setiap suara mempunyai namanya sendiri. 
Audio SettingsMengatur format audio dan sample rate. Tersedia format MP3, OGG, dan WAV.
Voice SettingsMengatur volume suara serta kecepatan suara.
Voice EffectsAnda bisa mengatur emosi pengucapan suara, seperti sedih, marah, senang, serius, dan lain sebagainya.
Pengaturan text to speech wanita dan pria tingkat lanjut

Voice of Text

Voice of Text yang bisa dikunjungi di www.voiceoftext.com menyediakan 6 pilihan bahasa untuk membuat ringtone dengan suara ala Google. Cara menggunakan situs ini juga sangat mudah dan praktis.

Lewat halaman utamanya, kamu dapat mengubah teks bahasa Inggris menjadi suara natural buatan dengan kecepatan dan pitch yang bisa diatur secara kustom. Berikut diantara pilihan bahasa sound of text untuk wa yang bisa kamu gunakan:

Salah satu yang membuat aplikasi voiceoftext.com ini berbeda adalah tersedianya aplikasi Android yang dapat kamu unduh secara gratis di laman sound of text wa apk berikut ini.

Freetts

Tidak seperti beberapa situs pembuat ringtone kustom gratis sebelumnya, https://freetts.com mengizinkan penggunanya untuk membuat ringtone yang lebih panjang. Karakter yang bisa Anda masukkan ke kolom yang tersedia bisa mencapai 5.000 karakter.

Pilihan bahasanya juga sangat bervariasi, lengkap dengan pilihan suara pria maupun wanita. Proses konversi teks menjadi suara dan proses download file mp3 di Freetts juga terbilang cepat dan mudah untuk dilakukan.

Karena sudah mengetahui situs maupun aplikasi yang bisa membuat sound of text khusus wanita, sekarang Anda bisa membuat suara-suara keren untuk digunakan sebagai nada dering atau hanya untuk hiburan saja.

Buat Nada Dering WA Suara Google Mp3

Tahapan selanjutnya yang tidak kalah penting ialah memasang suara Google dalam format mp3 tadi menjadi nada dering notifikasi whatsapp. Caranya adalah dengan mengikuti beberapa tahapan dibawah ini.

#1 Cara Buat Nada Dering Android

  1. Simpan file mp3 suara Google tadi di dalam memori ponsel kalian.
  2. Pindahkan atau copy-paste file mp3 ke dalam folder Notifications yang ada di root folder (tampilan file paling awal) menggunakan aplikasi File Explorer/File Manager untuk hp Android.
Folder Notifikasi Mp3
Folder Notifikasi Mp3

#2 Cara Alternatif Menambah Nada Dering

  1. Cara lainnya, kamu bisa menambahkan file mp3 suara Google sebagai pilihan nada dering dengan cara masuk ke pengaturan Android (Settings), ketikkan Ringtone di kolom search paling atas, lalu klik icon plus (+) untuk menambahkan file mp3 kamu dalam daftar nada dering.
Menambahkan Ringtone Di Android
Menambahkan Ringtone Di Android

Cara Ganti Nada Dering di WhatsApp

  1. Jika sudah berhasil, silakan ubah nada dering WhatsApp default dengan cara buka aplikasi WA, klik icon titik tiga di pojok atas untuk masuk ke menu pengaturan.
  2. Selanjutnya klik menu Notifications, pilih Notification Tone dan tinggal klik pada nama mp3 suara Golgle yang telah kamu tambahkan di tahal sebelumnya.
  3. Voila, silakan berkirim pesan di aplikasi WhatsApp dan nikmati nada dering buatan sendiri yang dibuat dengan suara Google.
Ganti Nada Dering Wa Suara Google
Ganti Nada Dering Wa Suara Google

Agar lebih menarik, tidak ada salahnya juga kamu mencoba menggunakan suara sound of text wa wanita diatas untuk jadi suara dalam konten video TikTok, YouTube, serta Instagram yang baru-baru ini merilis fitur IG Reels. Penasaran bagaimana hasil nada dering WA suara Google buatan kamu sendiri? Silakan mencoba dan semoga berhasil ya guys!

Author

Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya.