Meningkatknya minat masyarakat dalam mengonsumsi konten digital membuat menjamurnya bisnis digital berbasis konten seperti YouTube, TikTok, bahkan WhatsApp sebagai aplikasi social sharing. Tren ini tentu membuat sebagian besar masyarakat mau tidak mau ikut dalam kontestasi pembuatan konten baik itu dalam bentuk visual, audio, maupun video.

Salah satu tools penting yang dapat membantu dalam membuat konten digital ini adalah program text to speech yang dapat mengubah tulisan menjadi suara robot. Dalam tulisan sebelumnya, Karinov telah memberikan tips cara mendownload suara Google Translate yang memiliki cara kerja persis seperti aplikasi TTS yang akan diulas disini.

Hanya saja, untuk mengunduh suara dari Google Translate tidaklah mudah. Oleh karenanya, Anda bisa mencoba aplikasi pihak ketiga berbasis text-to-speech yang dapat melakukan pekerjaan ini dengan lebih simpel serta pilihan kustomasi yang cukup mumpuni.

Aplikasi Voicemaker Text To Speech Indonesia
Aplikasi Voicemaker Text To Speech Indonesia

Sekilas Tentang Voice Maker

Voice Maker merupakan salah satu website konversi teks ke suara yang sangat terkenal di Indonesia. Teknologi yang mereka gunakan sangat modern dengan mengandalkan Machine Learning (ML) dan AI. 

Lihat juga: Kirim Voice Note Sound of Text di WA

Cara Menggunakan Voice Maker

Teknologi Voice Maker amat sangat membantu terutama bagi Anda yang hobi membuat video tanpa harus berbicara di depan kamera. Cara menggunakan Voice Maker juga sangat mudah, Anda dapat menggunakan fitur-fiturnya menggunakan panduan berikut ini:

  1. Buka web VoiceMaker.in

    Langkah pertama, silakan buka situs voicemaker.in lewat browser favorit kamu baik di ponsel Android, iPhone, maupun laptop atau PC.

    Voice Maker Beta

  2. Siapkan teks yang akan diubah ke dalam bentuk suara

    Pada kolom putih yang tersedia, copy-paste atau salin-tempel tulisan yang sudah Anda siapkan untuk diubah ke dalam format audio. Untuk pengguna VoiceMaker tanpa akun login, kamu hanya dapat mengkonversi 250 karakter dan untuk akun tipe gratis bisa hingga 400 karakter.
    Akun Voice Maker Gratis

  3. Atur bahasa serta tipe engine text-to-speech sesuai keinginan

    Tahap selanjutnya adalah memberikan sentuhan tertentu agar suara yang dihasilkan sesuai dengan yang kamu harapkan. Dengan VoiceMaker, kamu dapat mengatur mode SSML serta pengaturan kecepatan, penekanan, bahkan efek suara yang dapat kamu atur di bagian bawah dan atas kolom teks yang tersedia.

    Pengaturan Atribut Suara Tts Engine

  4. Konversi suara dan download audio dalam format MP3

    Setelah pengaturan suara selesai, selanjutnya yang perlu kamu lakukan hanyalah menekan tombol Convert to Speech berwarna kuning yang terdapt dibawah kolom. Tekan tombol Play pada audio player yang muncul untuk mendengar suara hasil konversi, jika suara sudah sesuai harapan, kamu dapat langsung mengunduh audio tersebut dalam format MP3 menggunakan tombol DOWNLOAD MP3 yang berwarna biru.

    Tombol Play, Convert, Dan Download

Tidak sulit bukan menggunakan Voice Maker untuk membuat suara robot dengan teknologi artificial intelligence dan machine learning dari teks yang kamu miliki. Selain itu, pilihan bahasa yang tersedia dalam aplikasi ini cukup banyak, berikut daftar bahasa yang didukung oleh VoiceMaker.

Pilihan bahasa: English, German, Dutch, French, Italian, Japanese, Polish, Portuguese, Russian, Turkish, Hindi, Vietnamese, Korean, Indonesian, Arabic, Mandarin Chinese.

Harga dan Kebijakan Layanan

Anda yang memiliki kebutuhan konversi teks ke suara sangat besar kami anjurkan memilih berlangganan Voice Maker. Penawaran harga yang mereka tawarkan relatif terjangkau dan ditawarkan per paket layanan.

Paket Basic

Paket pertama adalah paket basic yang memungkinkan Anda mengkonversi sekitar 3000 karakter. Pelanggan paket basic juga dimanjakan dengan berbagai fitur termasuk file history, 30+ bahasa hingga cloud save. Harga paket ini sekitar $5 per bulannya. 

Lihat pula: Text to Speech Suara Pria

Paket Premium

Dedicated Support Voicemaker
Dedicated Support Voicemaker

Jika cukup beruntung Anda akan mendapatkan penawaran paket premium dengan harga diskon dari $10 menjadi $8 per bulan. Fitur dan fasilitas yang ditawarkan pada paket premium jauh lebih besar dari paket basic. Paket ini pula menyediakan dukungan untuk penggunaan suara pada video YouTube terlebih dengan tersedianya suara AI3 dan AI4, jadi paket ini cocok buat kamu yang mau belajar jadi content creator berbasis video.

Audiobook dan Podcast 

Paket penawaran terakhir ini dijual $50 dengan potongan harga 50% menjadi $ 25 per tahun. Dalam paket ini pelanggan akan menerima paket 1 juta karakter, fitur SSML, 70+ suara AI dan sebagainya. 

Sebagai salah satu situs konversi teks ke suara terbaik, Voice Maker memiliki sejumlah ketentuan layanan yang wajib pengguna sepakati. Pertama adalah usia. Pengguna Voice Maker diwajibkan telah berusia 16 tahun. 

Pengguna yang ingin menggunakan Voice Maker demi kepentingan lebih termasuk download konten diharuskan untuk melakukan registrasi. Itulah beberapa informasi menarik yang bisa kami bagikan mengenai Voice Maker. Informasi lengkap mengenai ketentuan layanan atau kebijakan pengguna bisa Anda temukan di VoiceMaker.in.

  • Saurabh Kulkarni

    Saurabh KulkarniSaurabh Kulkarni

    Reply

    Thank you so much! You saved my life.

  • Putri

    PutriPutri

    Reply

    Aya telepon tisi Cici ageh angkat ageh angkat ageh angkat ageh angkat