Membuat kartu nama di era digital saat ini sudah bukan lagi sesuatu yang sulit. Lewat bantuan beragam online platform termasuk di Karinov.co.id, kamu sudah bisa mendesain contoh kartu nama yang elegan serta profesional.

Dengan beragam pilihan template namecard yang kami sediakan, tentu Anda tidak harus pusing lagi dengan desain serta readability-nya. Beberapa koleksi mulai dari yang elegan, simpel, serta paduan warna terang juga bisa Anda dapatkan dengan cuma-cuma.

Penasaran? Silakan pilih kartu nama yang menurut kamu paling sesuai dan langsung edit sendiri sesuai step-step yang sudah kami jelaskan.

Download Template Kartu Nama

Lewat artikel ini, Karinov akan memberikan kamu contoh desain kartu nama keren yang dapat diedit langsung menggunakan Google Slides. Tanpa berlama-lama, berikut 4 contoh desain kartu nama yang bisa kamu download secara gratis.

Simple Orange

Template kartu nama

Kartu nama dengan layout yang cukup simpel dan warna belakang putih membuat tulisan serta detail identitas dapat terlihat jelas. Di bagian belakang karu ini, kamu juga bisa menambahkan QR code untuk memudahkan orang dalam menyimpan kartu nama Anda secara digital.

Eye Candy

namecard_eyecandy-min
Desain kartu nama PPT

Ingin terlihat lebih feminin? Desain kartu nama dengan corak dominan berwarna pink ini bisa jadi alternatif buat para ladies. Desain background hexagonal di bagian atas juga melengkapi kesan kartu nama yang elegan.

Dark Mode

Kartu nama mode gelap
Kartu nama mode gelap

Paduan warna mode gelap yang akhir-kahir ini menjadi selera kebanyakan kaum milenial kini bisa kamu adopsi dalam bentuk kartu nama. Jika bosan dengan tampilan serta desain name card yang terlalu polos, kartu nama DarkMode ini bisa kamu coba.

Clean White

Kartu nama desain mainstream
Kartu nama desain mainstream

Tidak semua orang menyukai desain yang rumit dan kaya akan warna. Dengan model business card bertema simpel nan elegan ini, kamu bisa lebih percaya diri jika bertemu atau saling bertukar kartu nama. Dengan desain name card yang kompak, kamu juga bisa lebih leluasa menampilkan logo perusahaan serta tagline di bagian belakang kartu.

[PENTING]: Kami tidak akan meng-approve request access atas file kartu nama ini, karena itu artinya mengubah isi file master yang akan diakses oleh orang banyak. Gunakan fitur Make a Copy agar Anda dapat membuat salinan file namecard di akun Google Drive masing-masing. Caranya dapat dilihat pada step ketiga dibawah ini.

Cara Menggunakan Template

Lama pengerjaan 30 minutes.

Jika sudah menentukan desain dan template kartu mana yang akan kamu gunakan, langkah selanjutnya adalah mengedit sesuai profil dan posisi Anda di perusahaan. Berikut langkah-langkah sederhana mengedit dan menyesesuaikan contoh namecard diatas via aplikasi Google Slide:

  1. Buka file PPT

    Klik tombol download namecard pada template kartu nama pilihan Anda.

    tombol download-min

  2. Masuk aplikasi Google Slides

    Setelahnya, akan terbuka halaman Google Drive. Klik tombol Open with Google Slides di bagian atas yang akan memungkinkan Anda untuk mengedit, mengunduh, maupun mencetak kartu nama tersebut dalam format PDF.

    opengoogle slides-min

  3. Salin soft copy kartu nama ke akun Google Drive Anda

    Sebelum bisa mengedit kartu nama ini, Anda harus menyalin soft copy file ini ke dalam Gogole Drive masing-masing. Caranya adalah; pastikan Anda dalam keadaan login akun Google, klik File → Make a Copy → Entire presentation. Maka akan terbuka tab baru dimana file tersebut sudah menjadi milik Anda dan bersifat editable.

    salin file kartu nama

  4. Edit detail kartu nama

    Setelahnya, yang perlu Anda lakukan di tahap ini hanyalah mengubah semua detil kontak baik data pribadi seperti nama lengkap, posisi, serta nomor telepon. Jangan lupa pula untuk menyesuaikan profil perusahaan di kolom yang sudah disediakan mulai dari nama usaha, logo, serta tagline perusahaan.

    Edit details kartu nama

  5. Download kartu nama

    Setelah semua data diri dan perusahaan sudah disesuaikan, Anda dapat langsung mengunduh soft copy dari cetakan kartu nama tersebut dalam format PDF. Cukup klik menu File → Pilih Download → Klik pada pilihan PDF Document.

    download kartu nama pdf

  6. Cetak kartu nama

    Selanjutnya, hasil kartu nama dalam format PDF yang telah disimpan tadi tinggal dicetak di tempat printing favorit kamu. Jika Anda ingin mencetaknya sendiri, jangan lupa sesuaikan dengan ukuran kartu nama standar yaitu 3.5 inch x 2 inch.

Download Template Namecard

Buat kamu yang ingin mengunduh langsung keempat file diatas dalam format PPT (editable), kamu bisa download menggunakan tombol yang muncul setelah Anda share artikel ini. Penting juga untuk Anda tahu, perbedaan warna basis pada Ms Word dan Google Slides kadang bisa membuat warna namecard yang tampil di Microsoft Power Point bisa berbeda dengan versi aslinya.

Oleh karenanya, walaupun template kartu nama ini ada dalam format pptx (editable), metode penggunaan Google Slides seperti di atas tetap lebih direkomendasikan.

Download Background Kartu Nama

Karinov Namecard Background
Karinov Namecard Background

Buat kamu yang sedang mencari background untuk kartu nama, kami juga menyediakan template dalam bentuk background keempat namecard di atas. Untuk satu kartu nama, Anda perlu mengunduh dua background untuk sisi depan (front) dan sisi belakang (back) kartu. Berikut tautan download untuk keempat desain kartu nama di atas.

Gambar tersebut tersedia dalam format PNG dan memiliki resolusi tinggi di atas ukuran kartu nama pada umumnya. Hal ini dimaksudkan agar desain kartu nama tidak pecah saat background tersebut digunakan. Untuk referensi penempatan tulisan, logo, maupun detail kontak lainnya, kamu dapat melihat hasil final keempat kartu nama di atas melalui slider di bawah ini.

Informasi dalam Kartu Nama

Standar informasi yang disisipkan pada kartu nama hampir sama di setiap instansi. Karena tujuan utama pembuatannya adalah memberikan informasi konta yang jelas untuk orang lain di luar lingkaran perusahaan.

Tapi belakangan ini, kartu nama juga kadang dibuat lebih detail tidak hanya mencantumkan identitas pemilik kartu tapi juga branding kit perusahaan. Itulah mengapa, selain detil tulisan, desain kartu nama perlu disesuaikan juga dengan karakter brand bisnis yang bersangkutan. Berikut daftar lengkap informasi apa saja yang baiknya dicantumkan dalam sebuah kartu nama profesional:

Nama dan Jabatan 

Sebelum membuat kartu nama, Anda wajib memahami terlebih dahulu apa fungsi dan peranan dari benda tersebut. Karena sejauh ini, banyak orang yang punya kartu nama tapi tidak mampu menggunakannya secara optimal.

Dalam dunia bisnis, kartu nama digunakan untuk memperkenalkan diri. Biasanya diberikan langsung saat seseorang bertemu dengan klien baru. Otomatis informasi pertama yang harus ada pada kartu nama adalah identitas juga jabatan Anda di perusahaan. Jabatan perlu dicantumkan untuk memberikan sekilas informasi pada orang lain tentang bidang pekerjaan yang Anda kuasai. 

Detail Kontak

Membuat kartu nama bisnis dan mencantumkan nomor telepon bisnis adalah salah satu tujuan utama. Itu artinya, Anda terbuka dan menerima dihubungi oleh orang lain untuk urusan bisnis. Ini juga menandakan seberapa profesional Anda sebagai seorang pebisnis. 

Ketika menambahkan nomor telepon bisnis, pastikan jika nomor telepon yang tertulis valid. Ada baiknya apabila nomor kontak bisnis yang tertera dipegang oleh tim customer service sehingga setiap panggilan masuk akan terdokumentasikan dengan baik.

desain kartu nama karinov
Desain ideal kartu nama perusahaan 2020

Identitas Perusahaan

Khusus untuk bagian contact details perusahaan, informasi yang Anda cantumkan akan bergantung pada jenis usaha yang dijalankan. Sebagai contoh apabila bergerak dalam bisnis ekspor-impor, maka nama serta kode negara (+62 – Indonesia) penting untuk dicantumkan. Begitupula apabila perusahaan Anda sudah masuk pasar modal publik, maka singkatan perusahaan (Tbk.) baik juga untuk ditulis di akhir nama perusahaan.

Untuk usaha kecil (UKM) atau yang bergerak di sektor industri kreatif, jangan lupa untuk ikut menuliskan alamat website perusahaan. Harapannya, penerima kartu nama Anda dapat melihat lebih jauh portofolio perusahaan Anda dari media online yang Anda miliki. Terakhir, brand identity seperti logo dan tagline dari perusahaan Anda juga bisa Anda masukkan dalam sebuah kartu nama bisnis.

Akun Media Sosial

Terakhir, informasi pendukung yang bisa disisipkan adalah informasi sosial media. Menambakan informasi ini tidak lagi dipandang berlebihan terutama jika perusahaan Anda aktif secara online atau bahkan memiliki agensi yang mengelola setiap akun media sosial perusahaan. 

Penutup

Dengan membuat kartu nama yang baik, Anda telah membangun citra pertama bagi calon pelanggan, klien maupun mitra yang menerima kartu nama Anda. Sebagus apapun desain kartu nama, tanpa diiringi dengan tulisan identitas dan kontak yang jelas, maka esensi dari kartu nama juga akan hilang. Intinya, pastikan kartu nama profesional Anda dapat menunjukkan keseriusan dalam membangun komunikasi bisnis yang baik.

  • Andi

    AndiAndi

    Reply

    Informasinya sangat berguna.